Bahaya Mudah Marah Rawan Terkena Penyakit Jantung dan Cepat Menjadi Tua

Bahaya mudah marah rawan terkena penyakit jantung dan cepat menjadi tua. Setiap orang memiliki tingkat emosi yang berbeda-beda. Tergantung bagaimana individu mampu mengendalikan amarah di dalam dirinya. Perlu Anda ketahui bahaya risikonya orang yang sering marah dan tersinggung adalah berpeluang besar mengalami serangan penyakit jantung dibandingkan orang yang bisa mengontrol emosinya. Adakalanya marah itu perlu karena merupakan sifat umum manusia tapi jangan sampai sedikit-sedikit marah dan tersinggungan.

Loading...

Bahaya mudah marah dan tersinggung menyebabkan penyakit jantung. Ada beberapa alasan yang memperkuat bahwa penyakit jantung dan serangan jantung berkaitan dengan sifat pemarah dan tersinggungan. Nah, untuk lebih jelasnya tentang bahaya mudah marah dan tersinggungan pada kesehatan khususnya pada jantung kita. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Dampak Bahaya Mudah Marah Bagi Kesehatan

bahaya mudah marah

Sesekali marah untuk urusan yang benar kadang perlu namun jika keseringan juga tidak bagus untuk kesehatan. Tidak ada keuntungan bagi orang yang sering marah dan mudah tersinggung, yang ada malah mudah terkena penyakit dan cepat mengalami stres. Sebenarnya apa saja bahaya mudah marah bagi kesehatan, berikut beberapa risiko bahaya dan alasannya, yaitu:

1. Mudah Terkena Penyakit Jantung

Loading...

Seperti yang telah diungkapkan diatas tadi bahwa diantara bahaya mudah marah dan sering tersinggung akan mudah mengalami serangan jantung dan memicu risiko penyakit jantung. Alasan yang menguatkan pernyataan tersebut adalah adanya rasa ketidakpuasan yang ditanggapi dengan mudah marah dan tersinggung maka mudah pula terkena penyakit jantung.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Stres dan Beban Pikiran Secara Alami dan Mudah

Bahaya mudah marah yang berakibat pada penyakit jantung ini adalah fakta. Dan inilah alasannya yang memperkuat pernyataan tersebut. Orang yang cepat marah dan tersinggungan akan membuat hipotalamus yang mengeluarkan hormon stres baik yang adrenalin maupun yang non adrenalin. Hormon tersebut memicu peningkatan pada denyut jantung dan meningkatkan tekanan darah.

Kondisi denyut jantung yang tinggi dan tensi darah naik mengakibatkan penebalan dinding arteri dan pembentukan bekuan dalam pembuluh darah sehingga menjadi keras di pembuluh darah arteri. Pembuluh darah terutama di arteri leher yang mengalami penebalan akan menyempit sehingga akan menyebakan berbagai masalah jantung dan pembuluh darah. Nah, saat itulah bahaya mudah marah dan sering tersinggung akan dialami dalam waktu singkat atau waktu yang panjang tergantung berapa sering Anda marah.

2. Cepat Tua

Bahaya mudah marah dan tersinggungan juga bisa membuat orang cepat tua dari umur sebenarnya. Pernyataan ini juga fakta, dan alasan inilah yang akan membuktikan kebenaran tentang bahaya tersebut. Orang yang cepat marah akan mengalami penebalan arteri yang terjadi biasanya disertai dengan proses penuaan dini. Menurut penelitian yang dilakukan di Us national Institute of Aging orang yang memmiliki sifat cepat pemarah akan mudah mengalami penuaan dini saat mereka di usia yang muda.

Peningkatan risiko bahaya mudah marah dan sering tersinggung yang dialami cukup signifikan yaitu mencapai 40% lebih berisiko cepat tua dibandingkan dengan orang yang mempunyai sifat menyenangkan dan mampu mengotrol marahnya. Penebalan arteri yang disebabkan mudah marah dan cepat tersinggung dialami juga oleh wanita. Jadi, wanita pemarah juga berisiko mengalami penuaan dini juga.

Baca juga: Waspadai Bahaya Stres Berlebihan Bagi Kesehatan dan Mendatangkan Penyakit

Tips Mencegah Bahaya Mudah Marah dan Cepat Tersinggung

Menghindari bahaya dan dampak buruh seorang yang pemarah yaitu dengan menahan emosi agar tidak meluap-luap. Caranya, dengan mengontrol emosi dan jadilah seseorang yang menyenangkan dengan penuh senyum. Jika mudah tersinggung saat mengalami stres maka cobalah untuk berbagi dengan orang terdekat tentang masalah yang sedang dialami. Cobalah sesekali menyempatkan waktu untuk refreshing ke tempat-tempat yang Anda suka.

Cara agar terhindar dari bahaya mudah marah dan cepat tersinggung lainnya yaitu dengan menurunkan tingat ketegangan emosi. Cara yang ampuh salah satunya yaitu denganjalan-jalan untuk makan bersama keluarga. Luangkan waktu untuk keluarga menjadi salah satu cara untuk menekan rasa cepat marah dan mengurangi stres.

Demikian tentang bahasan tentang Bahaya mudah marah dan cara mengatasinya. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Stres dan Beban Pikiran Secara Alami dan Mudah

Loading...

Leave a Comment