Musim Mudik 2016, Inilah Tips Sehat Selama Diperjalanan

Musim Mudik 2016, Inilah Tips Sehat Selama Diperjalanan.- Mudik Adalah kegiatan rutin pulang kampung yang dilakukan umat muslim setiap tahun. Hal ini dilakukan oleh perantauan. Mereka yang ingin merayakan hari raya idul fitri bersama keluarga di kampung dan untuk bersilaturahim sanak saudara.

Dengan alasan tersebut, mereka rela berbondong-bondong untuk pulang kampung. Ada yang menggunakan mobil, sepeda motor dan alat transportasi lainnya. Beberapa masalah yang dialami oleh pemudik dalam perjalanana antara lain: kemacetan, kelelahan, Khususnya bagi yang menggunakan motor atau mobil.

Beberapa masalah kesehatan yang terjadi pada musim mudik 2016

Dalam perjalanan pulang kampung, para pemudik dituntun memiliki stamina yang baik dan daya tahan tubuh yang kuat. Ini karena selama perjalanan yang ditempuh cukup  jauh, sehingga banyak menguras tenaga. Jika kesehatan kurang diperhatikan maka masalah kesehatan akan terjadi seperti kelelahan dan lain sebagainya.

Musim mudik

Loading...

Faktor kelelahan dan kantuk menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan. Begitu juga pada musim mudik yang dulu sampai sekarang. Kecelakaan yang terjadi karena kelelahan dan mengantuk Tentu ini tidak ingin Anda alami, bukan? trus bagaimana cara menjaga stamina selama musim mudik.

Baca juga: Inilah Cara Menambah Stamina Dengan Buah

Tips sehat musim mudik selama diperjalanan.

Ada beberapa langkah-langkah yang wajib Anda lakukan dan perlu diperhatikan di perjalanan antara lain:

1.Banyak minum air putih

Perjalanan jauh dan cuaca panas menyebabkan berkurangnya cairan dalam tubuh. ditambah rasa letih dan lelah selama di perjalanan. Dalam hal ini pemudik sangat dianjurkan banyak mengkonsumsi air putih.

Ini bertujuan untuk mengganti cairan dalam tubuh sehingga kembali segar dan tenaga pun normal kembali. Jika Anda kurang memperhatikan minum Anda selama mudik maka menjadi pemicu dehidrasi dan kelelahan.

2. Istirahat

Selain banyak minum air putih, Istirahat juga sangat penting. Dengan istirahat akan mengembalikan stamina dan konsentrasi. Usahakan beristirahat sejenak 10 sampai 15 menit, setiap 2 jam perjalanan.

Jangan memaksakan untuk tetap berjalan dengan alasan biar cepat sampai tujuan. Kelalaian ini akan membahayakan keselamatan. parahnya lagi nyawa jadi taruhan Anda. Sebaiknya lakukan istirahat, sempatkan waktu demi keselamatan Anda.

3. Banyak makan buah

Makan buah seperti jeruk, apel akan membawa efek baik. Dengan makan jeruk maka meningkatkan kekebalan tubuh Anda, sehingga tubuh Anda tidak mudah drop. Apel juga bagus dikonsumsi untuk efek mengenyangkan dan menahan rasa lapar Anda.

Baca juga: Khasiat Apel Pada Kesehatan Manusia

Perlu Anda hindari perut yang terlalu kenyang selama mengendarai motor atau mobil. Nah dengan makan 1 buah apel bermanfaat perut terjaga dari rasa lapar.

Kekenyangan selama perjalanan akan menjadikan rasa kantuk dan konsentrasi berkurang. Jangan sampai ini terjadi karena akan berbahaya di perjalanan Anda. makan secukupnya perbanyak minum air putih dan buah sebagai solusinya.

Kelelahan dan kantuk menjadi penyebab kecelakaan pada musim mudik

Ini lah faktor utama dan sering menjadi penyebab kecelakaan di perjalanan musim mudik.  Kelelahan dan kantuk bisa Anda hindari dengan makan yang secukupnya. Jangan terlalu kenyang yang akan menyebabkan kantuk.

Kurangnya istirahat menyebabkan pemudik kelelahan maka hal yang  dibutuhkan adalah cukup istirahat dan banyak minum air putih. ini akan meningkatkan kemblali tenaga yang berkurang.

Kesehatan badan adalah utama dan wajib Anda perhatikan, sedikit saja Anda lengah maka nyawa Anda dipertaruhkan, selain itu jangan ngebut, jangan paksakan berjalan dan jangan tergesa gesa selama diperjalanan.

Demikian tips selama musim mudik yang baik untuk keselamatan Anda sampai tempat tujuan. Semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *