5 Obat Alami Luka Bakar yang Ampuh Untuk Anak dan Dewasa

Obat alami luka bakar yang ampuh untuk anak dan dewasa. Terluka karena panas atau luka bakar bisa terjadi pada siapa saja, entah itu anak kecil yang menyentuh benda panas atau ibu rumah tangga yang terciprat minyak goreng saat memasak. Begitu pula luka bakar yang terjadi karena tersenggol knalpot. Selama ini pertolongan luka bakar dilakukan dengan mengoleskan odol atau es batu yang sebenarnya hal itu tidak dianjurkan. Penggunaan pasta gigi dan es batu pada luka bakar akan membuat iritasi pada luka semakin parah. Lantas bahan alami apa yang sebaiknya digunakan untuk luka bakar ringan pada anak dan orang dewasa?.

Loading...

Ada beberapa obat alami luka bakar pada anak dan dewasa yang terkenal ampuh. Namun obat alami tersebut hanya digunakan untuk tingkat luka bakar yang ringan bukan tingkatan yang parah. Untuk luka bakar yang parah maka disarankan untuk melakukan pengobatan luka tersebut ke dokter. Nah, jika Anda atau anak Anda mengalami luka bakar ringan, kumpulan obat alami luka bakar dibawah ini bisa mengobatinya secara alami.

Kumpulan Obat Alami Luka Bakar dan Cara Pemakaiannya

Untuk luka bakar ringan pada anak dan dewasa bisa dilakukan dengan penggunaan obat apotik salah satunya dengan mengoleskan obat luka bakar bioplacenton. Dengan obat tersebut luka bakar akan cepat kering dan tidak menimbulkan bekas luka (tidak berbekas). Selain itu cara mengobati luka bakar pada anak dan orang dewasa bisa dilakukan dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan disekitar Anda. Berikut adalah obat alami luka bakar pada anak dan dewasa yang ampuh, yaitu:

1. Putih Telur

Putih telur memiliki khasiat luar biasa untuk mengobati luka bakar. Dengan mengoleskan putih telur tersebut pada luka bakar ringan akan cepat mengeringkannya dan mengempeskan gelembung akibat melepuh. Obat alami luka bakar dengan menggunakan putih telur juga efektif menghilangkan bekas luka bakar sehingga tidak berbekas nantinya. Berikut ini cara mengobati luka bakar dengan putih telur, yaitu:

Loading...
  • Sediakan 1 butir telur ayam dan pisahkan putih telur dengan kuning telur.
  • Bersihkan luka bakar terlebih dahulu dengan air mengalir.
  • Oleskan putih telur pada kulit yang mengalami luka bakar.
  • Diamkan putih telur tersebut selama 60 menit hingga kering dan mengeras.
  • Bilas dengan menggunakan air yang mengalir dan ulangi pemakainnya jika masih terasa panas pada hari itu juga.

Baca juga: 5 Cara Mengobati Luka Bakar Tradisional yang Ampuh Secara Alami dan Cepat

2. Kentang

Kentang merupakan salah satu obat alami luka bakar untuk anak dan dewasa yang terkenal ampuh. Penggunaan kentang untuk luka bakar ringan bisa membantu panas dan nyeri pada kulit yang terluka. Selain itu, bisa mengatasi kulit yang melepuh menjadi kempes hingga terasa dingin. Cara mengobati luka bakar dengan menggunakan kentang sangat mudah, yaitu:

  • Siapkan 1 buah kentang kupas kemudian cuci hingga bersih.
  • Potong menjadi beberapa bagian kemudian oleskan pada kulit yang terluka.
  • Selain itu bisa juga dengan melembutkannya dengan diblender kemudian tempelkan pada kulit yang mengalami luka bakar.
  • Diamkan 30 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih.
  • Ulangi pemakaiannya jika dirasa masih terasa panas dan nyeri dalam hari itu juga.

3. Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki khasiat banyak untuk kulit salah satunya bisa dijadikan obat alami luka bakar yang aman untuk anak-anak dan dewasa. Dengan kandungan antibiotiknya madu dapat membunuh mikroorganisme dan bakteri di area luka bakar sehingga akan mencegah rasa gatal saat luka bakar itu kering sehingga tidak akan menimbulkan bekas luka bakar nantinya. Disamping itu, mengoleskan madu pada kulit yang mengalami luka bakar bisa dengan cepat menggantikan sel kulit baru pada sel-sel kulit yang rusak. Anda cukup mengoles madu pada luka bakar secara rutin hingga sembuh. Namun ingat jangan menggunakan perban karena bisa membuat luka menjadi berair dan lengket.

4. Cuka

Kandungan asam asetat pada cuka bisa berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan pada kulit yang mengalami luka bakar. Oleh sebab itu, cuka termasuk obat alami luka bakar yang efektif untuk anak dan orang dewasa. Anda cukup mengoleskan cuka dengan menggunakan bantuan kapas. Oleskan secara merata pada kulit yang terluka dengan pelan saja.

5. Kunyit

Kunyit merupakan bahan herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kulit dan salah satu manfaatnya yaitu bisa dijadikan untuk obat alami luka bakar. Penggunaan kunyit untuk luka bakar bisa menghilangkan nyeri dan panas yang dirasakan sekaligus membuat luka tersebut cepat kering. Berikut ini cara mengobati luka bakar pada anak dan orang dewasa dengan kunyit, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas kunyit kemudian cuci dan parut hingga lembut.
  • Bersihkan terlebih dahulu kulit yang mengalami luka bakar hingga bersih dan keringkan dengan handuk lembut.
  • Ambul kunyit yang sudah lembut kemudian tambahkan madu lalu aduk agar tercampur rata.
  • Oleskan merata pada kulit yang terluka bakar dan lakukan berulang hingga sembuh.

Demikianlah beberapa obat alami luka bakar untuk anak dan dewasa yang ampuh serta cara penggunaanya. Semoga info tadi bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Obat Tradisional Untuk Luka Bakar Melepuh yang Paling Ampuh dan Alami

Loading...

Leave a Comment