4 Obat Diare Tradisional Untuk Dewasa dan Anak Paling Ampuh

Obat diare tradisional untuk dewasa dan anak paling ampuh. Diare atau mencret merupakan gangguan pada sistem pencernaan yang dapat menyerang orang dewasa dan anak-anak. Masalah diare juga bisa menyerang wanita menyusui dan ibu hamil. Pengertian penyakit diare adalah penyakit yang timbul karena reaksi imunitas tubuh terhadap infeksi, Saat ada benda asing atau alergen yang masuk ke salam saluran pencernaan. Biasanya Penyebab diare paling banyak disebabkan oleh oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh, sementara tubuh tidak mempunyai toleransi terhadap makanan tersebut.

Loading...

Pengobatan diare bisa dilakukan dengan minum obat mencret apotik dan obat diare generik yang diresepkan oleh dokter. Selain itu, penyembuhan  diare bisa dengan minum obat diare tradisional untuk dewasa dan anak-anak. Obat tradisional untu diare tersebut dipercaya oleh masyarakat sebagai obat diare yang manjur dan telah dibuktikan khasiatnya. Untuk lebih jelasnya tentang obat diare tradisional untuk dewasa dan anak yang paling manjur, sebaiknya simak ulasan dibawah ini.

Obat Diare Tradisional dan Cara Membuatnya

obat diare tradisional

Gejala diare atau mencret ini ditandai dengan terjadi kontraksi terus menerus dan pengeluaran atau sekresi tubuh menjadi encer. Jika hal ini berlebihan dan berlangsung lama, maka tubuh akan banyak kehilangan cairan yang menyebabkan dehidrasi. Oleh karena itu pengobatan diare harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Salah satu pengobatan diare yang mujarab yaitu dengan ramuan tradisional dari tumbuhan dan tanaman herbal. Berikut adalah jenis obat diare tradisional untuk dewasa dan anak-anak dan cara membuatnya, yaitu:

1. Buah sawo

Loading...

Sawo merupakan salah satu jenis buah yang bisa digunakan sebagai obat diare yang manjur. Dengan mengolahnya menjadi ramuan tradisional maka bisa membantu menyembuhkan diare secara alami dan cepat. Ramuan sawo terbukti ampuh menjadi obat mencret dewasa sekaligus obat diare alami untuk anak. Aturan pakai untuk anak-anak menggunakan dosis setengahnya dari orang dewasa. Berikut cara membuat obat diare tradisional dengan buah sawo dan cara minumnya, yaitu:

  • Cuci bersih 1 buah sawo muda. parut lalu peras dan saring.
  • Bisa ditambahkan sedikit air yang matang.
  • Minum ramuan sawo 2 kali sehari selama diare. Untuk cara menyembuhkan diare pada anak-anak maka gunakan setengahnya dari dosis orang dewasa.

2. Manggis

Obat diare tradisional paling ampuh berikutnya yaitu buah manggis. Buah manggis bisa dijadikan sebagai obat mencret dewasa dan anak-anak dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional dan kemudian diminum secara teratur. Berikut ini cara membuat obat diare manjur untuk dewasa dan anak dengan buah manggis, yaitu:

  • Siapkan Kulit dari dua buah manggis yang sudah masak, 3 gelas air dan madu secukupnya.
  • Cuci dan potong-potong kulit manggis, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  • Setelah dingin, saring dan tambahkan madu secukupnya. Minum dua kali sehari setengah gelas untuk dewasa dan seperempat gelas untuk anak-anak.

Baca juga: 3 Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Untuk Balita yang Manjur dan Aman

3. Daun Salam

Daun salam memiliki khasiat menyembuhkan diare paling ampuh dan cepat. Namun daun salam ini hanya dapat digunakan sebagai obat diare alami untuk anak dan dewasa yang ringan. Berikut ini cara membuat obat diare tradisional dengan daun salam dan aturan minumnya, yaitu:

  • Siapkan 15 lembar daun salam, dan 1 sendok teh garam.
  • Rebus daun salam dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas.
  • Ssaring dan tambahkan garam. minum dua kali sehari.
  • Daun salam sebagai obat diare alami untuk anak juga dengan meminumnya setengah dosis dari orang dewasa.

4. Daun Jambu Biji

Jambu biji termasuk salah satu obat diare manjur untuk dewasa dan anak-anak. Dengan membuatnya secara tradisional maka akan membantu penyembuhan diare yang sedang dialami secara cepat. Pada gejala diare ringan cara mengobatinya bisa dengan memakannya langsung dengan menambahkan garam secukupnya. Berikut adalah cara membuat obat diare tradisional dengan daun jambu, yaitu:

  • Siapkan 1 genggam daun jambu biji segar, 1 gelas air putih, dan 1 sendok teh garam.
  • Blender semua bahan.kemudian saring.
  • Minum dua sampai tiga kali sehari dengan setengah gelas dan untuk anak anak separuh dari dosis orang dewasa.

Sebagai tambahan cara menyembuhkan diare pada orang dewasa dan anak-anak selain menggunakan obat diare tradisional, sebaiknya Anda ikuti tips penyembuahan berikut ini, yaitu

  • Penting bagi penderita diare untuk menjaga asupan cairan. Tidak hanya dalam bentuk air putih saja tetapi juga air kelapa muda, minuman isotonik dan jus segar.
  • Jika diare terjadi dalam tiga hari terus menerus, sebaiknya periksakan ke doter.
  • Penderita mencret yang mengalami buang air besar bercampur darah dan lendir, sangat dianjurkan untuk ke dokter secepatnya untuk mengetahui penyebabnya.
  • Sebaiknya minum teh tawar atau minuman lidah buaya, ganti nasi putih dengan nasi merah. Jauhi makanan yang sulit untuk dicerna seperti, daging dan makanan berlemak.

Demikianlah Obat diare tradisional untuk dewasa dan anak-anak paling manjur dan cara membuatnya di rumah. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat !!

Baca juga: 3 Obat Susah Buang Air Besar Tradisional Untuk Balita yang paling Ampuh

Loading...

1 thought on “4 Obat Diare Tradisional Untuk Dewasa dan Anak Paling Ampuh”

  1. bener tu kemarin waktu ayahku diare uda berobat kedokter terus dokter menganjurkan coba minum rebusan kulit manggis alhasil sekarang ayah sudah sembuh. terimakasih ya ilmunya sangat membantu.

Leave a Comment