3 Obat Jamur Kulit Tradisional yang Bagus dan Ampuh Untuk Infeksi Gatal

Obat jamur kulit tradisional yang bagus dan ampuh untuk infeksi gatal pada kulit. Jamur kulit bisa menyerang pada kulit wanita dan pria, keberadaan jamur pada kulit menimbulkan rasa gatal yang sangat yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Infeksi jamur kulit yang umum dialami banyak orang antara lain panu, kadar dan kurap yang bisa terjadi pada semua bagian tubuh. Namun yang paling sering timbul jamur adalah bagian kulit yang tertutup dan lembab seperti area selakangan, area sekitar mr.p dan miss v. Penyebab timbulnya jamur kulit ini adalah kurang menjaga kebersihan tubuh dan daya tahan tubuh yang menurun. Jamur pada kulit ini akan mudah menyebar dan makin parah maka perlu penanganan yang cepat dan tepat.

Loading...

Ada beberapa obat jamur kulit tradisional yang bagus untuk pengobatan seperti obat salep jamur kulit yang banyak dijual di apotik. Namun jika Anda lebih memilih cara alami dan tradisional maka pilihan obat alami jamur kulit dari tumbuhan bisa Anda manfaatkan. Tumbuahan herbal yang berkhasiat untuk mengobati jamur kulit antara lain, sisik naga, lengkuas dan sambiloto. Nah, untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat obat jamur kulit tradisional yang ampuh maka dibawah ini ulasan lengkapnya.

Obat Jamur Kulit Tradisional dan Cara Membuatnya

obat jamur kulit tradisional

Memanfaatkan tanaman atau tumbuhan herbal di sekitar kita bisa menjadi pilihan pengobatan infeksi jamur pada kulit. Dengan meramunya sendiri maka bisa dijadikan obat jamur kulit tradisional yang ampuh. Langsung saja, begini cara mengobati jamur kulit yang membandel secara tradisional, yaitu:

1. Ramuan Sisik Naga

Loading...

Daun sisik naga merupakan tumbuhan yang menempel di ranting-ranting pohon, jenis tanaman parasit ini tergolong jenis pakis. Daun sisik naga banyak mengandung senyawa aktif yang bersifat anti jamur dan anti bakteri. Cara membuat obat jamur kulit tradisional dengan sisik naga sangat mudah adalah sebagai berikut:

  • Blender atau tumbuk segenggam daun sisik naga hingga menjadi halus.
  • Ambil daun sisik naga yang sudah lembut tersebut kemudian tempelkan pada kulit yang terinfeksi jamur  seperti panu, kadas dan kurap.
  • Lakukan secara rutin 1 kali sehari, untuk infeksi jamur kulit yang sudah lama dan parah lakukan dua kali sehari secara teratur.

Baca juga: Cara Menghilangkan Panu Secara Alami, Aman dan Mujarab

Obat jamur kulit tradisional dari sisik naga tersebut bisa disimpan dalam waktu yang lama dan bisa Anda stok di rumah untuk memudahkan penggunaan. Berikut cara membuat obat jamur kulit dari sisik naga untuk stok di rumah, adalah:

  • Blender atau tumbuk 1 mangkuk kecil sisik naga, sampai airnya keluar.
  • Sisik naga yang sudah halus kemudian disimpan dalam toples yang kedap udara.
  • Penuhi dengan alkohol 70%  sampai menutupi tumbukan sisik naga.
  • Diamkan selama satu minggu dan gunakan untuk menggosok kulit yang terinfeksi jamur.
  • Semakin lama menyimpannya, semakin ampuh khasiatnya.

2. Ramuan lengkuas

Selain memanfaatkan tumbuhan sisik naga, obat jamur kulit tradisional selanjutnya yaitu dengan lengkuas. Lengkuas merupakan tanaman herbal yang banyak memiliki khasiat untuk kulit yaitu mengobati infeksi jamur yang parah.  Cara mengobati jamur kulit dengan lengkuas sangat mudah dilakukan. Anda cukup mengiris lengkuas tipis dan tempelkan pada kulit yang terinfeksi gatal jamur.

3. Ramuan sambiloto,

Sambiloto memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit. Manfaat sambiloto juga berguna mengobati jamur kulit yang membandel. Dengan minum ramuan tradisional sambiloto secara teratur mampu menyembuhkan  infeksi jamur kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Berikut cara membuat obat jamur kulit tradisional dari sambiloto, yaitu:

  • Sediakan, 5 daun sambiloto, 1 ruas jari kunyit yang dikupas dan iris, dan 1 ruas jari lengkuas yang dikupas dan iris
  • Rebus semua bahan dengan 2 gelas air sehingga menjadi 1 gelas air.
  • Minum secara teratur 1 kali sehari hingga sembuh.

Disamping penggunaan obat jamur kulit tradisional tadi, berikut ada beberapa tips untuk mempercepat penyembuhan jamur kulit, antara lain:

  • Jamur sangat suka hidup ditempat yang lembab. Oleh karena itu, cegah kelembaban bagian tubuh yang terinfeksi dengan mengganti pakaian berkala. Selain itu, seprei, bantal dan handuk harus diperhatikan kebersihannya.
  • Infeksi jamur sangat mudah menular, oleh karena itu, hindari pemakaian baju, seprei dan bantal yang sama dengan penderita.

Demikianlah beberapa obat jamur kulit tradisional yang bagus dan ampuh menyembuhkan. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: 4 Manfaat Air Belerang untuk Kulit dan Wajah

Loading...

1 thought on “3 Obat Jamur Kulit Tradisional yang Bagus dan Ampuh Untuk Infeksi Gatal”

  1. Mengobati dengan lengkuas biasanya ditempelkan pada kulit yang terinfeksi selama berapa menit ?? mohon infonya

Leave a Comment