obat nafsu makan anak tradisional

5 Obat Nafsu Makan Anak Tradisional yang Manjur dan Cara Membuatnya

Obat nafsu makan anak tradisional yang manjur dan cara membuatnya. Ada banyak cara untuk meningkatkan nafsu makan anak yang susah atau sulit makan. Diantaranya dengan minum cairan lemon, makan cemilan kacang-kacangan dan mengkonsumsi buah pepaya. Selain itu, menambah nafsu makan anak bisa dengan memberinya ramuan tradisional penambah nafsu makan dari bahan alami. Disamping obat tradisional tersebut aman dan ampuh mengatasi sulit makan anak, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah.

Loading...

Untuk Cara membuat sendiri obat nafsu makan anak tradisional di rumah maka penting untuk menyiapkan bahan-bahannya. Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat penambah nafsu makan anak yang bagus diantaranya jahe. Tanaman jahe merupakan bahan alami yang berguna untuk menambah nafsu makan anak balita termasuk umur 1 tahun sampai  4 tahun. Nah, biar lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat obat nafsu makan anak tradisional. Simak bahasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Membuat Obat Nafsu Makan Anak Tradisional Sendiri di Rumah

obat nafsu makan anak tradisional

Anak yang tak mau makan akan membuat orang tua khususnya bunda menjadi khawatir dan bingung. Memang dengan anak susah makan akan berakibat pada kurang baiknya asupan nutrisi dan gizi untuk perkembangannya. Jika hal itu berlangsung lama maka akan mengganggu tumbuh kembang fisik dan kecerdasannya. Oleh karena itu penting mengupayakan anak doyan makan kembali dengan menambah nafsu makan seperti memberinya jamu cekok untuk anak susah makan atau obat nafsu makan di apotik. Bahkan Anda juga bisa meminumkan obat nafsu makan anak tradisional buatan sendiri, Berikut ini cara membuatnya:

1. Daun Enceng-Enceng

Loading...

Untuk obat penambah nafsu makan anak yang bagus pertama yaitu ramuan daun enceng-enceng. Daun ini memiliki manfaat yang baik untuk mengatasi susah makan pada anak yang disebabkan oleh gangguan pencernaan atau infeksi. Dengan rutin meminumnya maka akan langsung mengembalikan anak lahap makan kembali. Berikut ini cara membuat obat nafsu makan anak tradisional dengan daun enceng-enceng, yaitu:

  • Siapkan 25 sampai 30 lembar daun enceng-enceng yang segar
  • Cuci bersih dan biarkan sebentar agar sedikit hilang airnya
  • Tumbuk halus dengan menambahkan air kemudian peras dan saring
  • Masukkan ke dalam gelas kemudian minum dua kali sehari secara teratur.
  • Selain itu bisa dengan anak memakannya secara langsung seperti makan kemangi untuk lalapan.

Baca juga: Ramuan Tradisional Untuk Menambah Nafsu Makan Anak dan Orang Dewasa

2. Lempuyang

Lempuyang merupakan tanaman yang banyak manfaat untuk kesehatan. Banyak jamu tradisional yang menggunakannya untuk menjaga kesehatan tubuh. Lempuyang juga termasuk obat tradisional penambah nafsu makan anak umur 1 tahun sampai 3 tahun atau balita. Nah, berikut ini cara membuat obat nafsu makan anak tradisional dengan lempuyang, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas jari lempuyang hingga lembut dan tambahkan air secukupnya
  • Aduk-aduk dan peras untuk ambil airnya
  • Tambahkan Air asam setengah gelas yang ditambah gula merah dan garam secukupnya.
  • Minumkan secara rutin sekali sehari dengan ukuran gelas kecil atau 50 ml

3. Daun Pepaya

Ternyata tidak hanya buahnya saja yang bisa membantu mengatasi susah makan pada anak. Dengan memanfaatkan daun pepaya juga bisa membuatnya menjadi obat nafsu makan anak paling ampuh. Untuk bikin jamu tradisional penambah nafsu makan dengan daun pepaya penting menyiapkan bahan utamanya yaitu daun pepaya yang masih segar. Nah, berikut ini cara membuat obat nafsu makan anak tradisional dengan daun pepaya, yaitu:

  • Sediakan satu genggam daun pepaya yang segar (baru petik) kemudian cuci dengan air hingga bersih
  • Tumbuk daun pepaya dengan menambahkan sedikit air
  • Peras dan saring airnya dan tambahkan 1 sendok makan madu
  • Minumkan pada anak secara teratur dua kali sehari dengan dosis setengah gelas untuk sekali minum.

4. Biji Mahoni

Obat nafsu makan anak tradisional yang ampuh dan manjur berikutnya yaitu ramuan biji mahoni. Biji mahoni dipercaya mampu mengatasi sulit makan pada anak dan menambah nafsu makan dengan cepat secara alami. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, berikut ini cara membuat obat penambah nafsu makan anak yang bagus dengan biji mahoni, yaitu:

  • Siapkan setengah sendok biji mahoni
  • Seduh dengan setengah gelas air panas
  • Campurkan satu sendok makan madu asli
  • Minumkan pada anak yang sulit makan 3 kali sehari dengan dosis 1 sendok makan secara teratur.

5. Air Jahe

Jahe memang terkenal manfaatnya dalam menambah nafsu makan anak usia 1 tahun sampai 4 tahun dan bahkan untuk orang dewasa. Manfaat jahe untuk anak yaitu meningkatkan nafsu makan yang disebabkan oleh mual. Berikut ini cara membuat obat nafsu makan anak tradisional dengan jahe, yaitu:

  • Tumbuk kasar 1 ruas jahe kemudian rebus 2 gelas air hingga mendidih jadi 1 gelas
  • Angkat dan tambahkan 1 sendok teh perasan lemon dan 1 sendok makan madu
  • Minumkan pada anak sekali sehari pada pagi hari dengan dosis setengah gelas untuk sekali minum.

Demikianlah ulasan tentang obat nafsu makan anak tradisional yang paling ampuh dan cara membuatnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Ragam Buah Penambah Nafsu Makan Pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *