Obat Nyeri Sendi Alami dan Tradisional Paling Manjur

Obat nyeri sendi generik telah banyak beredar dan dijual di apotek dan toko-toko obat. Selain itu, banyak juga obat-obat tradisional yang mengaku sebagai obat nyeri sendi paling ampuh. Memang untuk efeknya seketika bisa meringankan nyeri. Namun ketika efek obat tersebut habis maka sakit sendi muncul kembali. Selain itu ada efek samping yang ditimbulkan dari obat sakit sendi tersebut, seperti nyeri ulu hati, maag, BAB berdarah dan efek ketagihan.

Loading...

Apa itu nyeri sendi?. Nyeri sendi adalah terjadinya rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang, yang menyebabkan pergerakan menjadi sakit dan susah. Nyeri sendi bisa berlangsung singkat atau lama tergantung dari tingkat keparahannya. Dari mulai yang ringan, sedang dan parah. Nyeri pada persendian dapat disebabkan oleh penyakit atau cidera yang dapat merusak sendi yang menimbulkan peradangan. Hal ini sangat menyakitkan dan sangat mengganggu aktifitas penderitanya.

Oleh karena itu, butuh cara mengatasi penyakit nyeri sendi tersebut. Pada kesempatan ini, waras sehat akan membahas penyebab, gejala dan cara mengobatinya dengan menggunakan obat nyeri sendi alami dan tradisional. Dengan obat ini, sakit sendi bisa diatasi tanpa khawatir dengan efek sampingnya, karena menggunakan cara alami dan berbahan herbal. Namun kita bahas cara penyembuhan sakit sendi, tidak ada salahnya Anda mengetahui penyebab dan gejala nyeri sendi.

Penyebab nyeri sendi. Banyak penyakit yang bisa menyebabkan nyeri sendi, yaitu osteoarthritis (OA), rheumatoid arthritis (RA), bursitis, strain, asam urat, keseleo dan cidera lainnya. Dengan mengetahui penyebabnya akan sangat membantu dalam mengobati nyeri sendi dengan cepat dan tuntas. Pada kasus nyeri sendi ini bisa terjadi pada pada lutut, bahu dan jari tangan.  Selain itu, penyebab yang paling umum  nyeri ini biasanya dialami seseorang yang sudah semakin tua maka nyeri sendi akan sering dialaminya.

Obat Nyeri Sendi Alami Yang manjur

Pengobatan nyeri sendi bisa dilakukan dengan melihat tingkatan keparahannya. Jika ringan, Anda bisa mengatasinya sendiri di rumah. Bagaimana cara mengobati nyeri sendi di rumah, yaitu:

Loading...
obat nyeri sendi
Obat Nyeri Sendi Alami dan Tradisional Paling Manjur

Istirahat. Beristirahatlah yang cukup dengan begitu Anda mengistirahatkan sendi yang sakit. Jangan paksakan untuk melakukan gerak atau bergerak, apalagi mengangkat beban yang berat. Misalnya, jika Anda mengalami sakit sendi pada lutut maka jangan dipaksakan untuk berjalan cepat atau berlari dan berjalan yang jauh.

Kompres.Untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada sendi, Anda dapat mengompresnya. Mengompres bagian sendi yang sakit dengan menggunakan kantong es selama 15 sampai 20 menit.

Mengurangi Berat Badan. Nyeri sendi juga bisa disebabkan karena sendi tidak mampu menyangga atau menopang berat tubuh. Sehingga sendi menjadi luka dan bengkak, Maka untuk menyembuhkannya dengan cara menurunkan berat badan. Untuk pencegahan rasa sakit bertambah parah, maka hindari atau kurangi aktivitas fisik atau melibatkan sendi yang sakit untuk bergerak.

Baca juga: Cara Minum Kopi Hijau Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan (Diet)

Minum Obat Nyeri Sendi Alami. Jika nyeri sendi yang dirasakan tak kunjung hilang maka langkah selanjutnya menggunakan obat alami nyeri sendi dengan menggunakan tanaman herbal yang bermanfaat untuk mengatasi inflamasi atau peradangan.  Bahan herbal yang membantu menghilangkan sakit sendi seperti daun dewa, madu dan jahe. Rebus 5 daun dewa dan 1 ruas jahe yang dipotong kecil kecil, saring dan diamkan. Tuang pada gelas dan campur dengan 1 sendok makan madu. Minum 2 kali sehari pagi dan malam hingga sembuh.

Jenis Makanan Obat Nyeri Sendi

Nyeri sendi juga bisa diobati dengan mengonsumsi makanan. Makanan yang bisa membantu Anda atasi nyeri sendi adalah sebagai berikut:

1. Minyak Ikan

Makanan obat nyeri sendi yaitu ikan. Minyak ikan yang mengandung omega 3 bisa bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada sendi. Untuk jenis ikan ini antara lain ikan salmon, tuna dan makarel yang banyak mengandung omega 3-nya. Agar mendapatkan manfaatnya, Anda harus memasak jenis ikan tersebut dengan cara memasak yang sehat. Cara memasak yang benar dan sehat yaitu dengan merebus, dikukus atau dipanggang. Rutinkan mengonsumsinya dengan teratur.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau juga merupakan obat nyeri sendi alami. Yang termasuk sayuran hijau ini antara lain, seperti bayam, kangkung, brokoli yang banyak mengandung vitamin E. Peran vitamin E bagi tubuh yaitu dapat melindungi tubuh dari senyawa kimia yang menyebabkan peradangan (Inflamasi). Jadi, jika Anda mengalami nyeri sendi, jangan lupa menjadikan sayuran tersebut menjadi menu harian Anda selain juga ikan.

3. Cabai

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Tanaman yang harganya sedang melambung ini ternyata mempunyai khasiat untuk mengurangi rasa nyeri pada sendi. Alasan mengapa cabai bisa jadi obat nyeri sendi yang ampuh. Hal ini karena pada cabai mengandung vitamin yang memiliki fungsi untuk mengurangi nyeri karena peradangan sendi.

4. Tomat

Selain cabai, Tomat merupakan obat nyeri sendi yang manjur, karena tomat mengandung banyak lycopene yang dapat mengurangi nyeri sendi, karena dapat meredakan peradangan dalam tubuh. Perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin menjadikan tomat untuk obat sakit sendi, yaitu dengan memasaknya karena kandungan likopen tinggi terdapat pada tomat yang dimasak dibandingkan dengan yang mentah.

Untuk menggunakan makanan-makanan tersebut sebagai obat nyeri sendi, Anda dapat mengonsumsinya dengan mengombinasikan dengan bahan lain. Contohnya ikan salmon kukus dengan sambal tomat, atau sayur bayam yang dicampur dengan tomat dan cabai.

Obat Tradisional Nyeri Sendi

Setelah kita membahas jenis makanan obat untuk nyeri sendi yang ampuh, maka berikut ini adalah ramuan obat untuk nyeri sendi. bagaimana cara membuat obat tradisional nyeri sendi ini, caranya cukup mudah untuk Anda lakukan di rumah. Dengan obat alami sendiri ini, dipercaya rasa nyeri akan hilang dalam waktu yang cepat yaitu dalam waktu satu jam saja.

Penasaran?. Yuk, langsung saja kita buat ramuannya. Pertama Anda siapkan bahan-bahannya, yaitu dua sendok teh minyak jarak dan satu sendok makan garam. Selanjutnya campurkan kedua bahan tersebut setelah tercampur rata, oleskan pada sendi yang terasa nyeri. Ramuan ini bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke daerah yang mengalami sakit, sehingga rasa sakit atau nyeri akan terkurangi. Selain itu, manfaat ramuan minyak jarak dan garam bisa membantu menyembuhkan peradangan dan pembengkakan.

Selain sebagai obat nyeri sendi yang cepat, Ramuan minyak jarak dan garam bisa dimanfaatkan untuk minyak pijat, dengan Anda menambahkan takarannya. Untuk memijat, oleskan ramuan minyak jarak ini pada daerah yang sakit dan pijat selama kurang lebih 10 menit dan Anda dapat membilasnya dengan air yang bersih. Memijat dengan minyak jarak akan menyembuhkan sakit atau nyeri yang terjadi karena cidera seperti keseleo, terkilir dan lainnya. Tidak digunakan pada nyeri sendi yang disebabkan oleh asam urat dan sejenisnya.

Demikianlah pembahasan tentang Obat nyeri sendi alami dan tradisional, semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: 12 Manfaat Seledri Untuk Pengobatan Masalah Kesehatan

 

Loading...

Leave a Comment