Obat Panas Dalam Anak Alami yang Ampuh Menyembuhkan

Obat panas dalam anak. Apakah anak Anda mengalami panas dalam?, jangan panik dan khawatir. Anda hanya perlu tahu penyebabnya dan memberikan obat panas dalam pada si kecil. Jika anak Anda masih kecil bayi batita (bawah 3 tahun) atau balita (bawah 5 tahun), maka sebaiknya menggunakan obat panas dalam yang alami yang tidak berisiko dan efek samping. Penyebab panas dalam anak umumnya disebabkan oleh kekurangan vitamin C, kurang mengkonsumsi makanan serat, makanan berlemak, kondisi cuaca dan lingkungan, stres, dan daya tahan tubuh anak menurun.

Loading...

Selain penyebab panas dalam, sebaiknya Anda sebagai orangtua juga harus mengetahui gejala-gejala panas dalam anak. Diantara gejala yang ditimbulkan karena panas dalam, yaitu:

  • Gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir
  • Gangguan pada mulut anak, seperti bibir pecah-pecah, sariawan dan bau mulut yang tak sedap.
  • Gangguan pada tenggorokan, seperti batuk, tenggorokan kering dan sakit dan terasa sakit untuk menelan.
  • Selalu ingin minum dan sering merasa haus.
  • Tubuh mengalami suhu panas tinggi, terkadang hilang dan timbul kembali dalam beberapa hari.
  • Radang pada rongga tenggorokan
  • Tubuh lemas
  • Selera makan berkurang karena disebabkan sariawan.
  • Ngiler terus atau mulut mengeluarkan lendir bening
  • Rewel/nangis terus karena disebabkan rasa sakit pada tenggorokan karena radang dan juga sariawan.

Baca juga: Panas Dalam Pada Ibu Hamil dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Obat Panas Dalam Anak Secara Alami

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda adalah obat panas dalam anak yang alami dan ampuh untuk menyembuhkannya. Cara ini cukup mudah, yaitu dengan meminumkannya segelas air kelapa muda kepada anak,  pemberiannya dengan bertahap. Manfaat air kelapa muda ini sebagai mineral alami yang sangat baik untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh dan menyeimbangkan elektrolit yang berfungsi mengatur panas dalam tubuh anak. Air kelapa akan mudah diberikan pada anak Anda karena rasanya yang enak. Maka minumkan air kelapa ini sebagai obat panas dalam pada anak Anda.

Loading...
obat panas dalam anak
Obat Panas Dalam Anak Alami yang Ampuh Menyembuhkan

Susu/Asi

Cara mengobati panas dalam anak yaitu dengan minum segelas susu. Ini dikhususkan untuk anak yang sudah berumur 2 tahun ke atas (sudah tidak minum ASI). Susu ini dicampur dengan satu sendok makan madu. Minuman ini berkhasiat menurunkan panas dalamnya. Jangan memberikan susu dingin dalam kulkas, cukup dengan menyeduh segelas susu dengan air panas dan diamkan hingga dingin. Setelah dingin campurkan satu sendok madu kemudian aduk dan minumkan. Untuk obat panas dalam bayi sebaiknya dengan memperbanyak asupan ASI dari si ibu.

Obat Panas Dalam Anak yang Disertai Sariawan dan Bibir Pecah-Pecah

Biasanya saat anak mengalami panas dalam, si anak juga mengalami sariawan dan bibir pecah-pecah. Nah, Jika anak Anda mengalami panas dalam yang disertai dengan sariawan dan bibir pecah-pecah maka obat panas dalam berikut ini akan ampuh mengatasinya, yaitu:

Lo Han Kuo Infusion

Ini adalah jenis obat panas dalam ampuh khas cina yang sudah lama diakui kemanjurannya untuk menyembuhkan panas dalam anak ataupun orang dewasa. Lo han Kuo adalah ramuan obat yang terbuat  biji pala yang aman untuk dikonsumsi. Dalam setiap 1 dus berisi 12 bungkus yang setiap bungkus berisi 3 ramuan. Untuk dosis anak-anak umur 1 tahun sampai 5 tahun berikan setengah dari ramuan tersebut untuk sekali minum, jadi 1 ramuan digunakan untuk 2 kali minum. Obat panas dalam ini berwarna seperti teh jika diseduh dengan air panas dan manis.

Baca juga: Obat Panas Dalam Alami Paling Ampuh Dan Cepat Manjur

GOM

Gom merupakan obat medis yang ampuh menyembuhkan panas dalam anak yang disertai sariawan. Cairan ini berupa bening dan manis. Obat ini aman jika ditelan saat digunakan. Cukup teteskan pada area bibir yang sariawan saat si anak sedang tidur. Hal ini dilakukan untuk menghindari anak yang tidak suka dengan pemakaian obat tetes.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan obat herbal yang banyak kegunaannya. Dan minyak kelapa juga bisa untuk mengatasi panas dalam anak yang disertai sariawan dan bibir pecah pecah. Cara mengobati panas dalam anak dengan air kelapa cukup mudah yaitu dengan meneteskan minyak kelapa pada bibir yang terkena sariawan dan pecah-pecah. Selain menggunakan air kelapa, Anda juga bisa menyembuhkan panas dalam pada anak dengan menggunakan air kapulaga.

Obat Panas Dalam Anak dengan Jus Buah

Mengobati panas dalam anak bisa dengan menggunakan manfaat buah-buahan. Dengan Anda membuatnya menjadi jus yang enak. Dengan menggunakan jus buah untuk cara mengobati panas dalam anak yang enak tentu akan lebih disukai karena rasanya yang segar. Berikut ini adalah jus buah yang bisa digunakan sebagai cara mengobati panas dalam anak yang ampuh dan alami:

1. Jus Semangka

Jus semangka juga bisa sebagai obat panas dalam anak yang ampuh. Hal ini karena pada semangka banyak mengandung mineral sehingga mencegah dehidrasi, mencukupi asupan mineral dan menurunkan panas atau demam. Minumkan jus semangka pada anak 1 gelas secara bertahap. Dengan memberinya secara teratur maka panas dalam akan berangsur-angsur sembuh.

2. Jus Buah Persik

Buah persik juga merupakan buah yang bisa dijadikan obat panas dalam anak yang mujarab. Manfaat jus persik ini dapat membantu menghidrasi tubuh dan kulit. Karena pada buah persik mengandung banyak vitamin A dan vitamin B2 yang baik untuk menyembuhkan panas dalam.

3. Jus Apricot

Selain buah semangka dan buah persik, buah yang bisa dijadikan obat panas dalam pada anak adalah buah Aprikot. Cara mengobati panas dalam anak yaitu sama, dengan dibuat untuk jus. Manfaat jus aprikot selain bisa menyembuhkan panas dalam anak dengan cepat dan alami, juga bisa melegakan tenggorokan, dan rasanya juga enak.

Tips Mengobati Panas Dalam Anak

Untuk lebih mempercepat pengobatan panas dalam anak-anak, sebaiknya perlu anda tahu beberapa tips berikut ini:

  • Minumkan air putih yang cukup.
  • Konsumsi sayuran yang banyak mengandung serat dan makan buah yang banyak  mengandung vitamin C seperti jeruk, pisang, mangga dan lainnya.
  • Mengkonsumsi obat panas dalam alami seperti air kelapa muda, ramuan kacang hijau dan sup jagung.
  • Hindari makanan gorengan atau makanan yang banyak mengandung lemak.
  • Lakukan pengompresan dengan air hangat dan jangan memakaikan selimut hangat dan tebal pada anak. Jika panas dalam disertai dengan batuk, maka berikan obat panas dalam yang disertai dengan batuk, yaitu campurkan satu sendok teh jeruk nipis dengan 2 sendok teh kecap atau bisa juga madu. Minumkan 3 sampai 4 kali sehari. Ramuan obat panas dalam ini untuk anak berumur diatas satu tahun.
  • Perbanyak makan. Maksudnya dengan memberikan makan sering, saat panas dalam anak susah makan maka berikanlah sedikit namun sering. berikan makanan seperti bubur dan hindari makanan yang berlemak dan pedas.

Demikianlah pembahasan tentang obat panas dalam anak yang ampuh Semoga informasi ini bermanfaat dan memberi pengetahuan tentang pengobatan panas dalam pada anak. Salam sehat!!

Baca juga: Bawang Merah Untuk Batuk Pada Anak dan Orang Dewasa

Loading...

Leave a Comment