Obat Panas Dalam Alami Paling Ampuh Dan Cepat Manjur

Obat panas dalam alami ampuh dan cepat manjur.  Hampir semua orang pernah mengalami masalah panas dalam. Menurut medis panas dalam bukan termasuk kategori penyakit. Namun panas dalam merupakan akibat atau gejala yang menandakan bahwa seseorang tersebut menderita suatu penyakit yaitu sariawan dan radang tenggorokan. Pada umumnya panas dalam ini, disebabkan oleh penurunan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh yang menurun. Penurunan sistem kekebalan tubuh salah satu penyebabnya adalah tubuh kurang asupan vitamin C.

Loading...

Masalah panas dalam bisa menyerang siapa saja, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Biasanya orang yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan akan cenderung akan lebih mudah terserang panas dalam dibandingkan orang yang sering beraktivitas di rumah. Penyembuhan panas dalam dengan obat alami sangat dianjurkan apalagi untuk anak-anak dari mulai bayi hingga dewasa. Anak umur 2 tahun sama cara mengobatinya dengan anak umur satu tahun, begitu juga obat panas dalam anak umur 4 tahun dosisnya atau takarannya lebih tinggi dari obat panas dalam untuk anak 2 tahun. hanya dibedakan pemberian dosisnya saja. Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas penyebab dan gejala serta cara mengobati panas dalam secara alami.

Penyebab Panas Dalam

Ada banyak penyebab panas dalam, ada pun penyebab panas dalam adalah sebagai berikut:

  • Kurangnya Asupan vitamin C, serat dan cairan dalam tubuh.
  • Banyak mengkonsumsi makanan panas dan berlemak atau berminyak seperti gorengan.
  • Faktor cuaca dan lingkungan, terutama saat musim panas atau musim hujan.
  • Mengalami Stres.
  • Adanya ketidakstabilan hormon dalam tubuh.
  • Daya tahan tubuh yang menurun.

Untuk mencegah terjadinya panas dalam, ada baiknya Anda untuk menghindari penyebab yang bisa dihindari. Untuk penyebab karena musim ada baiknya Anda untuk meningkatkan asupan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Loading...

Gejala Panas Dalam

Tanda atau gejala panas dalam bisa dirasakan oleh penderitannya. Berikut ini adalah tanda yang bisa dilihat pada seseorang yang terkena panas dalam, antara lain, sariawan, batuk-batuk, tenggorokan panas dan bau mulut.

Selain itu, ada beberapa gejala yang sering dialami oleh seseorang yang terkena panas dalam, yaitu:

  • Terjadinya gangguan pada sistem pencernaan, seperti sembelit, dan wasir.
  • Adanya gangguan pada tenggorokan, yaitu peradangan, gatal dan kering.
  • Sering haus dan ingin minum terus, bahkan tersebut bisa menyebabkan dehidrasi berat.
  • Badan mengalami panas, bahkan pada kasus tertentu panasnya tinggi.
  • Munculnya masalah sakit pada tenggorokan saat menelan makanan.

Lalu bagaimana cara mengatasi panas dalam ini?.

obat panas dalam

Secara umum untuk mengobati panas dalam sangat mudah ada beberapa cara mengobati panas dalam tenggorokan yang bisa Anda coba. Pengobatan panas dalam menyesuaikan penyebabnya. Misalnya panas dalam yang disebabkan oleh radang tenggorokan maka yang harus Anda obati terlebih dahulu radang tenggorokannya terlebih dahulu.

Jika panas dalam disebabkan oleh penyakit dalam, maka dokter akan memberikan obat untuk gejala panas dalamnya saja, bukan untuk mengobati penyebab panas dalamnya. Sehingga dimungkinkan panas dalam akan kambuh lagi. Obat terbaik untuk panas dalam adalah pola hidup yang sehat, seperti banyak minum air putih, mengkonsumsi buah-buahan dan istirahat yang cukup.

Sebenarnya cara mengobati panas dalam tenggorokan sangat mudah. Biasanya sakit panas dalam ini dirasakan pasas pada tenggorokannya dan mengalami mulut kering. Anda tak perlu membeli obat panas dalam di apotik atau melakukan perawatan medis dengan biaya yang mahal. Beberapa obat alami panas dalam bisa Anda coba. Dan berikut cara menyembuhkan panas dalam.

Obat Panas Dalam Alami paling Ampuh

Telur Ayam kampung

Untuk mengatasi panas dalam, Anda bisa menggunakan telur ayam kampung yang dicampur madu. Anda juga bisa menggunakan kunyit agar hasilnya maksimal. Caranya sangat mudah, Rebus telur ayam kampung tersebut, setelah itu campur dengan madu dan kunyit. Aduk hingga rata dan minum langsung.

Garam

Campuran garam dan air hangat bisa mengobati panas dalam. Caranya, gunakan campuran garam dengan air hangat tersebut untuk berkumur. Manfaat garam mampu mengurangi rasa sakit pada tenggorokan yang disebabkan oleh iritasi penyebab panas dalam. Garam juga memiliki sifat antibakteri, sehingga membunuh bakteri di tenggorokan. Selain itu, garam juga bisa membantu mengatasi bau mulut.

Akar Alang-Alang

Obat untuk panas dalam lainnya adalah akar alang-alang dengan menambahkan madu. Cara membuatnya, ambil akar alang-alang, cuci sampai bersih, kemudian dijemur sampai kering. Kemudian tumbuk akar alang-alang yang sudah kering hingga halus. Setelah itu, seduh dengan menggunakan air panas dan tambahkan madu. Aduk hingga rata dan minum selagi hangat,

Cuka Sari Apel

Baca juga: Cara Mengatasi Panas Dalam Secara Tradisional Alami dan Cepat

Cuka sari apel atau cuka apel sangat banyak manfaatnya, diantaranya sangat bagus untuk kecantikan dan kesehatan. Cuka apel juga bagus untuk mengobati panas dalam, caranya cukup dengan menggunakan cuka apel untuk berkumur. Hal ini bisa membunuh bakteri pada tenggorokan dan menyembuhkan panas dalam.

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda bisa Anda gunakan untuk mengatasi panas dalam alami. Dengan menambahkan madu dalam penyajiannya. Untuk membuat obat tradisional yang satu ini, sangat mudah. Caranya, siapkan air kelapa muda secukupnya dan tambahkan madu sebanyak 2 sampai 3 sendok makan. Campurkan kedua bahan tersebut kemudian minum. Lakukan secara teratur sampai panas dalam sembuh.

Daun Alang-Alang

Tidak hanya akarnya saja, ternyata daun alang-alang juga bisa digunakan sebagai obat alami panas dalam. Caranya rebus daun alang-alang, lalu campur dengan gula batu. Saring dan minum dua kali sehari.

Lemon

Buah lemon merupakan sumber vitamin C yang cukup tinggi, oleh sebab itu lemon sangat bagus untuk mengobati panas dalam. Cara menyembuhkan panas dalam menggunakan lemon harus ditambahkan madu. Caranya sangat mudah, Peras lemon dengan ukuran 3 sendok perasan lemon lalu tambahkan 6 sendok makan madu. Minum ramuan ini 2 kali sehari. Anda bisa meminumnya sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Untuk lebih lengkapnya buah obat panas dalam yang ampuh baca klik disini

Rambut Jagung

Obat panas dalam dan sariawan alami dan ampuh selanjutnya adalah rambut jagung. Mungkin terdengar aneh bagi Anda, Namun rambut jagung sangat efektif untuk mengobati panas dalam. Tak hanya panas dalamnya yang sembuh, tapi mulut dan tenggorokan pun akan lebih sehat.

Cara menyembuhkan panas dalam dengan rambut jagung yaitu, Rebus segenggam rambut jagung muda dengan air sebanyak tiga gelas hingga tersisa menjadi satu gelas. Agar tidak eneg saat meminumnya, Anda bisa menambahkan madu atau gula batu. Setelah tercampur rata, saring dan minum airnya tersebut secara rutin satu kali sehari sampai panas dalam hilang.

Kacang Hijau

Kacang hijau adalah jenis polongan yang memiliki serat yang tinggi. Kandungan seratnya tidak hanya untuk obat sakit dalam dan sariawan alami. Namun bisa bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Cara membuat obat panas dalam dengan kacang hijau, yaitu dengan menyiapkan 2 genggam kacang hijau. Kemudian rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga sisa 1 gelas, lalu tambahkan jahe dan gula batu. Kemudian saring, dan minum rebusan tersebut secara rutin 1 kali sehari hingga sembuh panas dalamnya.

Kencur

Obat alami panas dalam dan sariawan  berikutnya adalah kencur. Kencur memiliki kandungan mineral alami yang bisa membantu menurunkan panas dalam. Bahkan tidak hanya itu, manfaat kencur juga bisa mengobati batuk berdahak dan kering.

Cara membuat ramuan panas dalam dengan kencur mudah, yaitu siapkan 2 sampai 3 jari kencur. Kemudian kupas, cuci dan parut hingga halus. Peras kencur hingga menghasilkan air yang berwarna kuning. campurkan beberapa air secukupnya. Kemudian konsumsi  rutin 1 kali sehari sampai sembuh panas dalamnya.

Buah Obat Panas Dalam Yang Ampuh

Jeruk

Jeruk mengandung flavonoid dan fitonutrien yang sangat berguna untuk kesehatan. Jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang bisa membantu untuk mengobati panas dalam. Dengan Anda mengkonsumsi jeruk maka panas dalam bisa hilang. Konsumsi secara rutin selama mengalami  panas dalam.

Pisang

Selain jeruk, Pisang merupakan buah obat panas dalam alami yang ampuh yang menyembuhkan dengan cepat. Kandungan yang kaya akan nutrisi dan gizi dalam buah pisang dapat bermanfaat untuk menyembuhkan panas dalam alami. Konsumsi pisang secara langsung atau membuat menjadi jus dulu, kemudian minum akan membantu mengobati panas dalam.

Jambu Monyet

Jambu monyet adalah buah yang banyak mengandung vitamin C, lima kali lipat lebih banyak dibandingkan pada buah jeruk. Sehingga jambu monyet merupakan buah untuk panas dalam alami paling ampuh dibandingkan dengan jeruk.

Jambu Biji

Selain jambu monyet, jambu biji juga merupakan buah yang banyak mengandung vitamin c. Hal ini bisa bermanfaat untuk meredakan panas dalam. Anda bisa membuatnya menjadi jus, kemudian rutin diminum 2 kali sehari.

Tips Cara Mencegah Panas Dalam

Memperhatikan Makan

Selain memperhatikan makanan dengan menjauhi makanan yang bersifat panas. Anda juga harus memperhatikan jam makan. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan asam lambung, maka sangat perlu memperhatikan makan. Jika telat makan maka asam lambung bisa naik ke daerah dada dan hal ini bisa menyebabkan panas dalam.

Olahraga

lakukan olahraga secara rutin. Hal ini mampu mencegah Anda mengalami panas dalam. Dengan olahraga tubuh akan menjadi fit dan daya tahan tubuh meningkat, maka secara otomatis mampu mencegah terjadinya panas dalam. Dan mencegah penyakit-penyakit yang lain.

Demikianlah obat panas dalam ampuh dan cepat manjur, yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Panas Dalam Pada Ibu Hamil dan Cara Mengobatinya Secara Alami

 

Loading...

Leave a Comment