obat panu tradisional

Obat Panu Tradisional dengan Daun Sirih dan Cara Membuatnya

Obat panu tradisional dengan daun sirih dan cara membuatnya. Panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur yang dapat menyerang orang dewasa pria dan wanita serta anak-anak. Penyakit yang disebabkan jamur yang bernama candida albicans ini sangat cepat penyebarannya yang ditandai bulatan-bulatan warna putih. Penderita panu biasanya akan merasakan gatal yang membuat tidak nyaman terutama saat berkeringat atau keadaan lembab. Memiliki panu di kulit tubuh akan membuat seseorang menjadi malu dan berkurangnya rasa percaya diri. Namun jika saat ini Anda memiliki panu di area tubuh maka ada cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkannya secara alami yaitu dengan memanfaatkan daun sirih.

Loading...

Daun sirih terkenal sejak lama dapat dibuat menjadi obat panu tradisional yang ampuh. Dengan memakai daun sirih yang sudah diramu sedemikian rupa secara rutin maka membuat panu akan hilang dengan mudah. Nah, jika Anda berminat untuk mencoba membuat obat panu tradisional dengan daun sirih tersebut maka simak ulasan lengkapnya disini.

Cara Membuat Obat Panu Tradisional dengan Daun sirih Sendiri di Rumah

Tidak sulit untuk meramu daun sirih menjadi obat panu, Anda hanya membutuhkan beberapa menit saja untuk membuatnya. Tak hanya cara membuatnya saja yang perlu Anda ketahui namun cara pemakaiannya yang benar juga harus tahu. Hal itu berguna untuk memaksimalkan khasiatnya agar panu hilang dalam waktu yang singkat. Baiklah, berikut ini bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat obat panu tradisional sendiri di rumah yang ampuh, yaitu:

Baca juga: Cara Menghilangkan Panu Secara Alami, Aman dan Mujarab

Bahan pertama obat panu tradisional yaitu daun pare dan daun sirih. Ditambah lagi dengan kapur sirih. Mungkin sebagian dari Anda belum tahu apa itu kapur sirih dan bingung harus beli dimana kapur sirih tersebut. Kapur sirih cukup dikenal di masyarakat pedesaan yang masih melakukan budaya nyirih, napuran atau di jawa disebut nginang. Saat ini kapur sirih sering digunakan untuk bahan pelengkap memasak seperti untuk campuran gorengan agar lebih krispi atau garing. Jadi, untuk membeli kapur sirih ini telah banyak tersedia di pasaran.

Loading...

Oke, cukup jelas ya tentang kapur sirih. Selanjutnya langsung saja kita bahas lebih detail tentang bagaimana membuat obat panu tradisional dengan daun sirih dan cara pemakaiannya yang benar.

  • Ambil daun pare beberapa lembar kemudian daun sirih secukupnya.
  • Cuci dengan air hingga bersih lalu tumbuk sampai benar-benar halus.
  • Campurkan 1 sendok teh kapur sirih kemudian tumbuk kembali dengan tambahan air sedikit saja.
  • Oleskan pada kulit yang memiliki panu seperti punggung, perut, dan bagian lainnya.
  • Diamkan beberapa saat dan bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.
  • Lakukan perawatan ini secara rutin 2 hari sekali sampai sembuh.

Perlu diperhatikan juga untuk pemakaian obat panu tradisional dengan daun sirih yaitu jangan terlalu banyak menggunakan kapur sirih. Selain itu, pemakaiannya jangan terlalu sering karena bisa menyebabkan efek samping. Efek samping yang bisa ditimbulkan pada kulit jika memakai kapur sirih yang terlalu banyak dan juga sering yaitu efek panas. Panas yang terjadi dapat menimbulkan kulit terbakar dan juga iritasi kulit.

Itulah tadi bahasan tentang cara membuat obat panu tradisional dengan daun sirih yag ampuh di rumah. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 4 Cara Mengobati Jamur Kulit yang Membandel Secara Alami dan Tradisional

Loading...

Agus Eka Prakasiwi Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *