5 Obat Sariawan Tradisional yang Cepat Menyembuhkan Secara Alami

Obat sariawan tradisional yang cepat menyembukan secara alami. Sariawan merupakan luka yang dangkal yang biasanya terjadi di lidah, di pinggir bibir, dinding gusi dan bagian dalam mulut lainnya. Penyebab sering mengalami sariawan bisa disebabkan oleh panas dalam, kurang menjaga kebersihan mulut, stres, perokok berat dan lainnya. Jika saat ini Anda mengalami, jangan khawatir ternyata ada obat sariawan alami yang paling ampuh yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

Loading...

Cara mudah mengobati sariawan yang biasa dilakukan orang pada umumnya yaitu dengan menggunakan obat sariawan di apotik. Namun jika Anda lebih memilih cara alami dan aman maka pilihan membuat sendiri obat sariawan tradisional bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Untuk lebih jelasnya tentang obat sariawan alami yang paling ampuh, simak baik baik ulasannya di bawah ini.

Obat Sariawan Tradisional Paling Ampuh dan Cara Meramunya

obat sariawan tradisional

Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah menjadi obat untuk sariawan di dalam mulut. Dan bahan yang bisa dibuat menjadi obat sariawan tradisional antara lain, biji ketumbar, baking soda, madu, buttermilk dan masih banyak lainnya. Agar tidak pensaran lagi berikut cara membuat obat tradisional sariawan dan pemakaiannya, yaitu:

1. Daun ketumbar

Loading...

Daun ketumbar merupakan bahan alami yang bisa dibuat menjadi obat sariawan tradisional yang mujarab. Cara mengobati sariawan dengan daun ketumbar yaitu dengan menyiapkan daun ketumbar yang sudah dibersihkan ke dalam air mendidih. Kemudian  digunakan untuk berkumur.

Baca juga: 4 Jus untuk Mengobati Sariawan yang Ampuh dan Cara Membuatnya

2. Biji Fenugreek (Klabet)

Obat sariawan tradisional selanjutnya yaitu dengan membuat rebusan daun fenugreek. Seperti daun ketumbar ramuan ini tidak untuk diminum melainkan dijadikan obat kumur untuk sariawan. Berikut ini cara membuat obat kumur untuk sariawan dengan biji fenugreek. Rebus beberapa biji fenugreek hingga mendidih. Diamkan beberapa menit agar menjadi hangat atau dingin. Saring dan berkumurlah dengan air tersebut.

3. Baking Soda

Baking soda atau soda kue ternyata memiliki manfaat untuk mengobati sariawan dengan cepat. Sifatnya yang alkali dapat menyeimbangkan kadar asam , membunuh bakteri dan mengurangi peradangan yang terjadi saat sariawan. Tidak hanya itu dengan baking soda bisa membantu Anda dalam membunuh bakteri dan kuman penyebab bau mulut. Berikut ini adalah cara membuat obat sariawan tradisional dengan baking soda dan cara pemakaiannya, yaitu:

  • Siapkan 1 sendok teh baking soda yang dicampur dalam 1/2 cangkir air.
  • Aduk agar campuran baking soda dan air tercampur rata.
  • Masukkan ramuan baking soda tersebut ke dalam mulut dan kemudian meludahkannya. Ulangi dua kali dalam sehari.

4. Madu

Madu merupakan bahan herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Salah satunya madu bisa dimanfaatkan menjadi obat sariawan tradisional yang ampuh. Bahkan sebagian masyarakat menyebut madu sebagai obat sariawan paling ampuh sedunia. Cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih dengan madu sangat mudah. Caranya, dengan mengoleskan madu pada sariawan tersebut. Berulang-ulang agar sariawan cepat disembuhkan.

5. Daun Selasih

Daun selasih atau tulsi dan ada yang menyebutnya dengan tulasi adalah obat sariawan yang ampuh. Dengan mengunyahnya akan bermanfaat mengobati sariawan dan panas dalam. Cara mengobati sariawan dengan daun selasih yaitu dengan mengunyah bersama segelas air yang dilakukan  3 sampai 4 kali dalam sehari. Selain bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat dan tidak perih, daun selasih ini berguna juga untuk mencegah kambuhnya sariawan.

Demikianlah ulasan tentang macam-macam obat sariawan tradisional yang ampuh menyembuhkan dan cara membuatnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Makanan dan Buah Obat Sariawan yang Ampuh dan Cepat Menyembuhkan

Loading...

Leave a Comment