9 Obat Tradisional Asam Urat yang Ampuh dan Cara Membuatnya

Obat tradisional asam urat yang ampuh dan cara membuatnya. Penyakit asam urat memang menyiksa penderitanya. Seperti yang diketahui bahwa gejala asam urat tinggi akan ditandai dengan gejala seperti rematik, kolesterol, pengapuran dan arthritis pada persedian lutut, kaki, tangan dan jari tangan. Bahkan biasanya kadar asam urat yang tinggi akan disertai pula dengan masalah kesehatan lain seperti gangguan kolesterol dan pengapuran. Untuk mengatasi asam urat tersebut, Ada banyak tanaman obat asam urat yang bisa dibuat menjadi ramuan herbal untuk penyembuhannya.

Loading...

Obat tradisional asam urat yang mujarab bisa dibuat dengan mudah di rumah dan bahan-bahannya pun tidak sulit untuk di dapatkan. Ada beberapa tanaman herbal yang bisa dibuat menjadi obat tradisional penurun asam urat seperti daun salam, kumis kucing, seledri, sambiloto dan lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa saja obat tradisional asam urat dan bagaimana cara membuatnya?. simak lebih lanjut berikut ini.

Kumpulan Obat Tradisional Asam Urat dan Cara Membuatnya

obat tradisional asam urat

Cara mengobati asam urat bisa dilakukan dengan mudah seperti mengkonsumsi obat asam urat di apotik. Namun, biasanya proses penyembuhannya butuh waktu yang panjang dan terus menerus meminumnya. Tentu hal itu akan menimbulkan efek samping, apalagi pada jenis obat asam urat di apotik banyak yang mengandung bahan kimia. Nah, jika Anda ingin mencoba cara yang lebih aman maka bisa dengan memilih cara alami dengan meminum obat tradisional asam urat yang bisa Anda buat sendiri. Berikut ini adalah macam macam obat alami asam urat dan cara membuatnya, antara lain:

1. Kumis kucing

Loading...

Salah satu jenis tanaman obat asam urat yang ampuh yaitu kumis kucing. Tanaman tersebut bisa dibuat menjadi ramuan obat tradisional asam urat yang manjur. Kumis kucing memiliki kandungan garam kalium yang berguna sebagai diuretik yang bisa menyingkirkan kandungan asam urat berlebih pada tubuh melalui proses buang air kecil atau urin. Berikut ini cara membuat obat tradisional asam urat dengan kumis kucing dan cara mengobatinya, yaitu

  • Cuci bersih 100 lembar daun kumis kucing segar.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.
  • Setelah dingin, saring dan Anda minum. Dosis, minum sekali pada pagi hari.

Baca juga: Bahaya Asam Urat Tinggi dan Cara Mengobatinya Secara Tradisional

2. Daun salam

Tanaman obat asam urat yang ampuh selanjutnya yaitu daun salam, tanaman herbal ini memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan seperti flavonoid, senyawa minyak atsiri, dan lainnya yang bisa membantu menyembuhkan asam urat. Selain itu, kandungan zat tanin yang ada pada daun salam bisa berfungsi sebagai solusi untuk asam urat dan kolesterol tinggi di dalam tubuh. Seperti diketahui bahwa Asam urat selalu berkaitan dengan masalah kolesterol dan bisa berujung pada komplikasi. Berikut ini cara membuat obat tradisional asam urat dan kolesterol dengan daun salam dan cara mengobatinya, yaitu:

  • Siapkan 10 lembar daun salam dan 400 cc air.
  • Rebus daun salam dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc (satu gelas) air, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • Minum obat asam urat dan kolesterol tersebut 2 kali sehari secara teratur maka asam urat dan kolesterol tinggi akan teratasi.

3. Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman herbal yang berasal dari India. Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan berbagai nama, sebagai papaitan , kayu mas dan beberapa sebutan lain. Kandungan yang ada pada tanaman ini adalah kalsium, natrium, kalium, dan masih banyak lagi. Sambiloto sangat baik untuk obat tradisional penurun asam urat. Berikut ini cara membuat obat tradisional asam urat dengan sambiloto dan cara mengobatinya, yaitu:

  • Siapkan Siapkan segenggam sambiloto dan 400 cc air.
  • Rebus sambiloto dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc (satu gelas) air, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • Minum obat asam urat tersebut 2 kali sehari secara teratur maka asam urat akan sembuh.

4. Tanaman anting anting

Obat tradisional asam urat yang ampuh selanjutnya yaitu dengan menggunakan tanaman anting-anting. Tanaman tersebut sering disebut juga dengan nama akar kucingan atau juga rumput kokosan. Cara membuat obat tradisional asam urat dengan tanaman anting anting yaitu Dengan cara direbus dengan bahan herbal  seperti  kumis kucing, sambiloto dan daun salam. Kemudian diminum secara rutin sekali dalam sehari selama mengalami asam urat.

Baca juga: 10 Makanan Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasi Penyakitnya

5. Jahe Merah

Jahe merah merupakan tanaman obat asam urat. Tanaman herbal yang satu ini bisa dibuat menjadi  obat tradisional penurun asam urat. Berikut ini cara membuat obat tradisional asam urat dengan jahe merah dan cara mengobatinya, yaitu:

  • Siapkan 200 gram ubi jalar merah, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 1 butir pala, 1 ruas ibu jari kayu manis, 15 gram jahe merah, 10 butir merica, dan gula merah secukupnya.
  • Rebus semua bahan di atas dengan satu setengah liter air hingga tersisa setengah liter.
  • Minum 2 kali sehari secara teratur dengan dibarengi makan ubi jalar merah tersebut.

6. Biji seledri

Biji seledri ternyata bisa diramu menjadi obat tradisional penurun asam urat yang ampuh. Dengan merebus kemudian meminumnya secara teratur maka akan menyembuhkan asam urat dengan alami dan cepat. Nah, berikut ini cara membuat obat tradisional asam urat dengan biji seledri dab cara mengobatinya, yaitu:

  • Rebus 1 sendok biji seledri dengan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 1 gelas.
  • Minum selagi hangat, lakukan 2 sampai 3 kali sehari, tergantung berat atau tidak asam uratnya.

7. Tempuyung

Tanaman tempuyung memiliki khasiat untuk menurunkan kadar asam urat di tubuh. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional dan meminumnya secara teratur maka asam urat mampu disembuhkan. Berikut ini cara membuat obat tradisional asam urat dengan tempuyung dan cara mengobatinya, yaitu:

  • Cuci bersih 30 gram tanaman tempuyung segar.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas.
  • Minum obat tradisional penurun asam urat ini setelah dingin 2 kali sehari selama asam urat kambuh.

8. Daun suruhan

Salah satu jenis tanaman obat tradisional asam urat yang ampuh berikutnya yaitu daun suruhan. Dengan dibuat menjadi ramuan herbal akan mengobati asam urat dan mengatasi rasa nyeri sendi dengan cepat. Berikut ini cara membuat obat obat tradisional penurun asam urat dengan daun suruhan dan cara mengobatinya, yaitu:

  • Cuci 30 gram daun suruhan segar.
  • Tumbuk halus lalu Anda peras.
  • Minum obat tradisional asam urat tersebut 1 kali sehari maka asam urat akan sembuh.

Baca juga: 6 Cara Diet bagi Penderita Asam Urat yang Benar dan Menu Makanannya

9. Pare

Rasa pahit pada pare ternyata bisa bermanfaat mengatasi asam urat secara alami dan cepat. Buah pare yang diramu secara tradisional akan menghilangkan rasa sakit yang ditimbulkan saat asam urat menyerang. Berikut ini cara membuat obat tradisional asam urat dengan pare dan cara mengobatinya, yaitu:

  • Belah 1 buah pare segar. Buang bijinya.
  • Cuci bersih dan potong-potong, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih hingga tersisa satu gelas.
  • Dinginkan dan saring, kemudian minum obat tradisional penurun asam urat ini sekaligus, satu kali sehari.

Demikianlah pembahasan tentang macam-macam obat tradisional asam urat dan cara membuatnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya bagi Anda yang sedang menderita asam urat. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Loading...

Leave a Comment