6 Obat Tradisional Batuk Pilek yang Paling Ampuh dan Aman

6 Obat tradisional batuk pilek yang paling ampuh dan aman. Batuk pilek merupakan masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan masyarakat. Banyak orang rentan terkena batuk dan pilek saat keadaan cuaca yang tak stabil seperti saat sekarang ini. Penyebab batuk pilek yang banyak dikeluhkan banyak orang yaitu yang disebabkan oleh virus. Virus ini menyerang pada saluran pernapasan seperti hidung, tenggorokan yang kemudian dapat menimbulkan infeksi ringan. Nah, saat batuk pilek menyerang maka sebaiknya harus diatasi dengan cepat agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Dan salah satu cara penyembuhan yang efektif tanpa efek samping adalah dengan memakai obat alami.

Loading...

Ada beberapa tanaman herbal yang mudah didapatkan disekitar kita yang bisa diolah menjadi obat tradisional batuk pilek. Dengan meramunya sendiri di rumah, Anda dapat membuat alternatif pengobatan yang mudah dan murah. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat obat tradisional batuk pilek yang ampuh dan aman untuk dewasa dan anak-anak. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Obat Tradisional Batuk Pilek – Cara Membuat dan Aturan Pakainya

obat tradisional batuk pilek paling ampuh

Seperti yang telah disampaikan diatas tadi, ada banyak bahan alami yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat tradisional batuk pilek ampuh. Bahan-bahan alami tersebut tidak hanya efektif mengobati namun ada manfaat lain yaitu menjaga tubuh agar tetap fit sepanjang hari. Agar tidak menjadi penasaran bahan alami apa saja yang mampu dimanfaatkan untuk obat batuk pilek dan bagaimana cara membuatnya. Yuk, baca pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Jahe

Loading...

Jahe merupakan bahan alami yang bagus untuk dijadikan obat tradisional batuk dan pilek untuk dewasa dan anak-anak. Hal ini dikarenakan pada jahe memiliki kandungan minyak atsiri yang mampu menjaga kesehatan tenggorokan. Selain itu, mengkonsumsi jahe juga dapat menjaga kebugaran tubuh agar tetap fit dan sehat. Ada pun jenis jahe yang bagus untuk dibuat obat batuk pilek yaitu jahe merah karena kandungan minyak atsirinya lebih banyak dibanding jenis jahe lainnya.

Baca juga: 3 Cara Mengobati Flu dengan Cepat Secara Alami Menggunakan Ramuan Herbal

Menyembuhkan batuk pilek dengan jahe ini dilakukan dengan membuatnya menjadi wedang jahe. Kemudian, diminum secara teratur selama mengalami batuk dan pilek. Cara membuat obat tradisional batuk pilek dengan jahe cukup mudah. Pertama siapkan 1 ruas jahe merah kemudian tumbuk. Rebus dengan 1 gelas air hingga mendidih. Diamkan hingga menjadi hangat dan minum malam dan siang hari sehari 2 kali.

2. Kencur

Obat tradisional batuk pilek yang ampuh lainnya yaitu dengan menggunakan bahan kencur. Seperti halnya cara menggunakan jahe, kencur untuk obat batuk pilek terlebih dahulu ditumbuk. Rebus dengan 1 gelas air kemudian diamkan agar menjadi hangat. Tambahkan madu dan jeruk nipis masing-masing sebanyak 1 sendok teh dan minum 2 kali sehari siang dan malam.

3. Madu

Madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Salah satu manfaat madu yang terkenal ampuh yaitu dapat membantu meredakan batuk pilek pada anak-anak dan dewasa. Nah, jika Anak Anda tidak sulit minum sirup obat batuk maka madu bisa menjadi alternatif terbaik untuk obat tradisional batuk pilek.

Yang Anda lakukan untuk mengatasi batuk pilek dengan madu ini yaitu dengan meminumkan 1 sendok makan madu pada anak setiap beberapa jam sekali. Manfaat madu untuk batuk pilek anak adalah membantu meredakan batuk dan flunya. Selain itu dapat meringankan iritasi ringan yang terjadi pada tenggorokan anak akibat batuk terus menerus.

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis selama ini banyak dikenal masyarakat sebagai bahan alami yang ampuh membantu mengatasi jerawat, memutihkan kulit dan pelangsing alami. Namun selain manfaat tersebut, Ada manfaat lain yang tak kalah mujarabnya yaitu dapat membantu mengatasi batuk dan pilek untuk dewasa dan anak. Untuk mengatasi masalah batuk dan pilek untuk anak dan dewasa Anda cukup menambahkan kecap kemudian diminum selama menderita batuk yang disertai pilek. Berikut ini cara membuat obat tradisional batuk pilek untuk anak-anak dan dewasa dengan jeruk nipis.

  • Siapkan setengah jeruk nipis yang telah dibelah kemudian peras untuk diambil airnya.
  • Campurkan 1 sendok makan kecap manis kemudian aduk hingga tercampur rata.
  • Minum secara teratur setiap hari setelah makan hingga sembuh.

5. Asam Jawa

Asam jawa yang dicampur dengan gula merah ternyata bisa menjadi obat tradisional batuk pilek yang ampuh. Minum obat alami ini aman untuk dewasa dan anak-anak. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat campuran asam jawa dan gula merah tidak hanya bagus untuk batuk dan pilek saja. Bahkan manfaatnya juga bisa membantu mengatasi asma yang kambuh. Cara menyembuhkan batuk pilek dengan asam jawa dan gula merah sangat mudah. Caranya rebus secukupnya asam jawa dan potongan sedang gula jawa dalam rebusan 1 setengah gelas air putih. Biarkan hingga mendidih dan diamkan hingga menjadi hangat. Minum ramuan asam jawa dan gula merah sehari 3 kali setelah makan.

6. Kunyit

Kunyit termasuk salah satu jenis tanaman rempah-rempah yang bagus untuk diramu menjadi obat tradisional batuk pilek ampuh. Sepeti halnya kencur dan jahe, minum ramuan kunyit dapat membantu meredakan batuk baik batuk berdahak dan batuk kering. Cara menyembuhkan batuk pilek dengan kunyit yaitu dengan merebusnya terlebih dahulu. Angkat dan diamkan hingga hangat kemudian saring. Ambil airnya dan tambahkan 1 sendok madu lalu aduk dan minum. Anda juga bisa menambahkan kecap apabila madu tidak tersedia.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Batuk Berdahak dan Kering Secara Alami dan Cepat

Demikianlah beberapa obat tradisional batuk pilek yang ampuh dan cara membuatnya sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat, selamat mencoba dan salam sehat!!

 

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *