10 Obat Tradisional Kolesterol Paling Ampuh dan Cara Membuatnya

Obat tradisional kolesterol paling ampuh dan cara membuatnya. Kondisi kolesterol tinggi dalam tubuh bisa menjadi penyebab penyakit-penyakit ganas dan mematikan seperti kanker, penyakit jantung dan lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk mengontrol kadar kolesterol jahat tersebut agar tetap normal dan stabil. Saat kolesterol Jahat (LDL/Low Density Lipoprotein) meningkat di dalam tubuh maka sangat penting untuk menurunkannya. Nah, jika selama ini Anda memiliki masalah dengan kolesterol tinggi maka ada solusi alami yang dapat membantu menurunkannya yaitu dengan obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat buatan sendiri.

Loading...

Ada banyak tanaman herbal yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Dengan meramunya maka bisa menjadi obat tradisional kolesterol yang mujarab. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat obat tradisional kolesterol yang ampuh dan cepat serta cara pemakaiannya maka simak selengkapnya dibawah ini.

Ragam Obat Tradisional Kolesterol Ampuh dan Cara Membuatnya

Memang saat ini sudah banyak tersedia obat-obat kolesterol di apotik yang bisa dibeli dengan mudah. Namun jika Anda ingin memilih cara yang alami dan terhindar dari efek samping maka obat kolesterol alami untuk melawan kolesterol jahat adalah solusi paling tepat. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah dengan memanfaatkan tanaman herbal seperti kumis kucing, daun salam dan lainnya. Setelah itu, Anda ramu sendiri hingga menjad obat kolesterol yang ampuh. Untuk itu, berikut ini ada macam-macam obat tradisional kolesterol ampuh dan cara membuatnya, antara lain:

1. Daun Salam

Daun salam memang selama ini dikenal sebagai daun obat kolesterol yang mujarab dan cepat. Khasiat daun salam dapat membantu mengontrol kolesterol tinggi menjadi normal kembali dengan cepat. Daun salam ini untuk mendapatkan manfaatnya maka dibuat menjadi obat tradisional kolesterol kemudian meminumnya secara teratur. Berikut ini cara membuatnya:

Loading...
  • Siapkan 10 lembar daun salam yang masih muda dan segar, lalu cuci bersih.
  • Rebus dengan air 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas.
  • Angkat dan biarkan panas menurun, dan minum obat alami asam urat tersebut dalam keadaan hangat 2 kali sehari.

Baca juga: 7 Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Paling Ampuh

2. Jahe Merah

Obat tradisional kolesterol yang ampuh selanjutnya yaitu dibuat dari jahe merah. Jahe merah ini tidak hanya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi saja, namun dapat mengatasi asam urat juga. Dengan minum obat alami dari jahe merah secara teratur maka kolesterol dan asam urat dapat diatasi. Berikut ini cara membuat obat herbal kolesterol dan asam urat, yaitu:

  • Siapkan 1 ruas jahe merah kemudian kupas dan tumbuk kasar.
  • Rebus hingga mendidih kemudian angkat saring kemudian ambil airnya untuk diminum.
  • Air rebusan jahe merah atau wedang jahe mampu mengurangi timbunan purin pada sendi dan sekaligus menurunkan kadar kolesterol sehingga membantu menyembuhkan peradangan pada persendian.

3. Kumis Kucing

Tanaman herbal yang dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh yaitu kumis kucing. Dengan membuatnya menjadi obat tradisional kolesterol buatan sendiri kemudian minum 2 kali sehari maka kolesterol akan kembali normal. Hal ini dikarenakan pada daun kumis kucing banyak mengandung garam, kalium dan bersifat diuretik. Dengan kandungannya tersebut kumis kucing dapat membantu mengatasi kolesterol tinggi dan menurunkan asam urat. Berikut adalah cara membuat obat herbal kolesterol dan asam urat dan aturan minumnya, yaitu:

  • Cuci bersih 10 lembar daun kumis kucing segar.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.
  • Setelah dingin, saring dan Anda minum. Dosis, minum sekali pada pagi dan malam.

4. Daun Sidaguri

Daun sidaguri termasuk salah satu daun obat kolesterol yang ampuh. Seperti daun salam, untuk menjadikan obat tradisional koleterol maka daun sidaguri diramu dengan merebusnya. Setelah itu, minum secara teratur setiap hari saat kolesterol tinggi. Daun sidaguri juga bisa dimanfaatkan sebagai penurun kadar kolesterol alami hal ini dikarenakan memiliki kandungan zat alkoloid yang baik dalam mengatasi kolesterol dan asam urat. Berikut ini cara membuat obat herbal kolesterol dan asam urat dan aturan minumnya, yaitu:

  • Rebus segenggam daun sidaguri dengan bijinya hingga mendidih.
  • Diamkan agar dingin dan saring ambil airnya.
  • Minum secara teratur setiap hari selama asam urat dan kolesterol mengganggu.

Baca juga: 4 Resep Tradisional Menurunkan Kolesterol Tinggi yang Ampuh

5. Akar Manis

Akar manis memiliki kandungan zat-zat yang dapat mengontrol kolesterol sehingga penderita terbantu agar kadar kolesterolnya tetap stabil dan normal. Zat kandungan pada akar manis tersebut seperti flavonoid, biotin, asam ferulic, triterpenoid dan asam amino. Dengan kandungannya itu maka daun akar manis dapat dibuat menjadi obat tradisional kolesterol yang ampuh. Berikut adalah cara membuat dan aturan pakainya, yaitu:

  • Siapkan 10 gram akar manis kemudian cuci hingga bersih.
  • Rebus akar manis tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  • Diamkan agar menjadi dingin kemudian saring dan minum 2 kali sehari secara teratur pagi dan malam hari.

6. Seledri

Selama ini seledri digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan menumbuhkan kembali. Namun ternyata seledri bisa kita manfaatkan juga sebagai obat tradisional kolesterol. Kandungan dalam seledri seperti tirosin, minyak atsiri, glutamin dan patinya mampu menjadi penurun kolesterol tinggi dengan cepat. Berikut adalah cara membuat seledri untuk kolesterol dan cara minumnya, yaitu:

  • Siapkan 30 gram akar seledri segar kemudian cuci dengan air hingga bersih.
  • Rebus dengan 2 gelas air bersih hingga mendidih atau tinggal tersisa setengahnya.
  • Angkat dan diamkan hingga menjadi dingin.
  • Saring dan ambil airnya kemudian minum 2 kali sehari pagi dan malam.

7. Kacang Tanah

Kacang tanah juga bisa diolah menjadi obat tradisional kolesterol yang ampuh dan dengan cepat menurunkan kadarnya. Untuk obat kolesterol kacang tanah direbus dengan kulitnya kemudian diminum secara teratur saat kondisi kolesterol naik hingga stabil kembali. Berikut ini cara menurunkan kolesterol tinggi dengan kacang tanah, yaitu:

  • Cuci bersih 1 gelas kacang tanah dengan kulitnya, masukkan ke dalam panci, tambahkan 1,5 liter air.
  • Rebus hingga tersisa sepertiga dari air tersebut.
  • Setelah dingin, minum airnya seperti minum teh.
  • Minum secara rutin setiap hari selama 2-3 minggu, kemudian dikurangi sampai 1-2 kali seminggu.

8. Kunyit

Selain jahe merah, tanaman herbal yang bisa dijadikan obat tradisional menurunkan kolesterol dengan cepat adalah kunyit. Dengan merebus kunyit kemudian dibuat menjadi minuman penderita kolesterol maka kadar kolesterol tinggi yang dialami akan berangsur-angsur normal kembali. Berikut ini cara membuat obat tradisional kolesterol dan cara meminumnya:

  • Siapkan 10 gram rimpang kunyit segar lalu cuci bersih, kemudian potong atau diiris tipis-tipis.
  • Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas dan diamkan agar menjadi dingin.
  • Saring dan diminum sekaligus, minum 3 kali sehari, selama 12 minggu.

9. Bawang Putih

Bawang putih yang kita kenal sebagai bumbu dapur ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan dan menjaga kesehatan. Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan yaitu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Anda bisa membuatnya sendiri obat tradisional kolesterol dengan bawang putih dengan mudah. Berikut caranya:

  • Siapkan 1-2 siung bawang putih dan bersihkan dengan air.
  • Rebus bawang putih hingga mendidih dan tumbuk hingga halus kemudian buat menjadi bulatan kecil untuk dimakan .
  • Makan bawang putih yang direbus tersebut 2 kali sehari untuk mengkonsumsinya yaitu pagi dan malam.

10. Temulawak

Temulawak termasuk bahan alami dan herbal yang bisa dimanfaatkan menjadi obat tradisional menurunkan kolesterol dengan cepat. Seperti bahan alami lainnya, temulawak diproses untuk dijadikan minuman kemudian diminum secara teratur. Berikut ini cara membuat obat tradisional kolesterol dengan menggunakan temulawak, yaitu:

  • Siapkan 3 jari rimpang temulawak segar kemudian cuci sampai bersih.
  • Kupas temulawak kemudian diparut.
  • Tambahkan setengah gelas air panas dan biarkan mengendap.
  • Diamkan beberapa menit setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum.
  • Minum setiap hari secara teratur maka kolesterol akan kembali stabil.

Itulah tadi beberapa macam obat tradisional kolesterol tinggi dan cara membuatnya sendiri di rumah. Semoga info tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua khususnya bagi penderita kolesterol. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 13 Cara Mengatasi Kolesterol Tinggi Secara Alami dengan Cepat

 

Loading...

1 thought on “10 Obat Tradisional Kolesterol Paling Ampuh dan Cara Membuatnya”

Leave a Comment