3 Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Untuk Balita yang Manjur dan Aman

Obat tradisional susah buang air besar untuk balita yang manjur dan aman. Sembelit atau sulit BAB bisa terjadi pada bayi dan anak-anak balita. Umumnya penyebab susah BAB pada anak kecil bisa dikarenakan akibat susu formula. Selain itu, pola makan yang kurang baik seperti mengkonsumsi makanan padat dan kurang asupan serat dan karena dehidrasi. Jika saat ini anak Anda mengalami sembelit maka tak perlu khawatir ternyata ada cara mengatasi susah buang air besar pada anak balita secara alami yaitu dengan menggunakan obat tradisional yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah.

Loading...

Ada banyak obat tradisional susah buang air besar untuk balita yang bisa Anda buat sendiri dengan memanfaatkan bahan tanaman herbal alami. Diantara bahan-bahan alami tersebut antara lain, pisang, lidah buaya, gula merah, minyak jarak dan masih banyak lainnya. Nah, untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat obat tradisional susah buang air besar untuk balita yang ampuh?. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Macam-Macam Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Untuk Balita dan Cara Membuatnya

obat tradisional susah buang air besar untuk balita

Bahan alami yang digunakan untuk obat tradisional susah BAB pada balita sangat mudah ditemukan, begitu juga cara membuatnya. Berikut adalah beberapa resep cara membuat obat tradisional susah buang air besar pada balita, antara lain:

1. Lidah Buaya

Loading...

Lidah buaya merupakan bahan alami yang ampuh untuk mengobati susah buang air besar pada balita. Seperti diketahui bahwa lidah buaya memiliki manfaat memperlancar gerakan usus besar dalam proses BAB. Selain itu khasiat lidah buaya dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dengan antibakteri yang dimiliki sehingga akan membersihkan kotoran dan racun pada usus. Cara membuat obat tradisional susah buang air besar untuk balita dengan lidah buaya sangat mudah, yaitu:

  • Sediakan 1batang lidah buaya kemudian cuci dengan air dan iris kecil-kecil.
  • Masukkan potongan lidah buaya tersebut dan seduh dengan air mendidih sebanyak 1 gelas dan tambahkan madu.
  • Aduk hingga tercampur rata dan minumkan pada anak selagi hangat.
  • Minum setengah dengan perlahan untuk sekali minum.
  • Anda juga bisa mencampurkan dua sendok gel lidah buaya dengan air hangat untuk diminumkan pada anak yang sedang sembelit.

Baca juga: 4 Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Yang Ampuh dan Alami

2. Pepaya

Pepaya adalah jenis buah-buahan yang memiliki manfaat untuk melancarkan BAB dan mengatasi susah buang air besar pada orang dewasa termasuk juga anak-anak. Cara mengatasi susah buang air besar pada anak dengan buah pepaya sangat mudah yaitu dengan membuatnya menjadi jus kemudian diminumkan 2 kali sehari pagi dan sore. Berikut ini cara membuat obat tradisional susah buang air besar untuk balita dengan pepaya, yaitu:

  • Siapkan potongan sedang buah pepaya kemudian kerok dagingnya.
  • Bisa juga dengan memblendernya langsung hingga lembut.
  • Tambahkan air gula merah secukupnya dan aduk hingga tercampur rata.
  • Minumkan secara teratur sehari 2 kali selama sembelit berlangsung.

3. Gula Merah

Gula merah adalah obat tradisional susah buang air besar untuk balita yang ampuh. Bahan alami ini dibuat minuman kemudian diminum secara teratur maka sembelit yang terjadi pada anak balita akan segera teratasi. Berikut adalah cara membuat ramuan tradisional gula merah untuk sembelit pada balita, yaitu:

  • Siapkan gula merah secukupnya kemudian¬† lumatkan dengan dicampur air panas.
  • Aduk hingga tercampur rata dan biarkan hingga hangat kemudian minumkan 3 kali sehari selama anak mengalami sulit BAB.

Sebagai informasi tambahan tentang obat tradisional susah buang air besar pada balita, berikut ini beberapa tips pengobatan susah buang air besar untuk anak dengan bahan alami, yaitu:

  • Gunakan minyak kelapa sebagai pelumas alami yang dioleskan pada anus anak.
  • Minum air putih yang cukup yang bisa bermanfaat untuk mendorong tinja melewati usus.
  • Berikan air hangat ditambah air lemon untuk membantu sistem pencernaan.
  • Makan pisang, pisang mengandung serat dan pektin yang dapat mengatasi sembelit.
  • Makan buah yang banyak mengandung serat dan sorbitol seperti jeruk dan apel.
  • Minumkan campuran minyak jarak ke dalam susu formula, siapkan 1 sendok teh minyak jarak dan campurkan pada susu formula dan minumkan pada anak yang sedang sembelit.

Demikianlah beberapa obat tradisional susah buang air besar untuk balita dan cara membuatnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat untuk Anda semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Susah Buang Air Besar Pada Anak Bayi dan Balita yang Aman

Loading...

1 thought on “3 Obat Tradisional Susah Buang Air Besar Untuk Balita yang Manjur dan Aman”

Leave a Comment