Olahraga Selama Kehamilan Yang Benar dan Baik Untuk Ibu Hamil

Olahraga selama kehamilan yang benar dan baik untuk ibu hamil . Berolahraga selama kehamilan dapat membantu Anda untuk mempersiapkan kelahiran dengan memperkuat otot dan membentuk daya tahan. Selain itu manfaat olahraga selama kehamilan akan membantu lebih cepat untuk mengembalikan bentuk badan semula setelah melahirkan.

Loading...

Sangat penting untuk melakukan olahraga pada kehamilan, dengan olahraga yang tidak membahayakan untuk Anda dan janin Anda. Sebaiknya Anda menghindari olahraga yang dapat membuat Anda mudah terpeleset atau jatuh.

Banyak rumahsakit atau klub yang menyediakan olahraga yang sesuai dengan ibu hamil. Yang terpenting olahraga selama kehamilan, adalah untuk ibu hamil menjadi lebih baik dan sehat, bukan untuk mendapatkan nilai tertentu seperti dalam berkompetisi.

olahraga selama kehamilan
Olahraga Selama Kehamilan Yang Benar dan Baik Untuk Ibu Hamil

Tips Olahraga Selama Kehamilan Untuk Ibu Hamil

Mulailah dengan perlahan dengan melakukan olahraga berjalan selama 20 menit, tiga kali seminggu, bagaimanapun jangan lupa untuk memberikan perhatian pada tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh Anda.

Inilah beberapa petunjuk untuk melakukan olahraga pada kehamilan:

Loading...
  • Diskusikan dulu dengan dokter Anda, olahraga apa yang Anda ingin lakukan.
  • Lakukan pemanasan sebelum olahraga dan penenangan atau pendinginan setelahnya.
  • Kurangi waktu olahraga yang biasa Anda lakukan menjadi 3 kali dalam seminggu sekitar 15 sampai 20 menit.
  • Dengarkan sinyal yang diberikan oleh tubuh Anda. Karena detak jantung Anda selama hamil meningkat sekitar 20 persen. Jika Anda merasa lelah maka beristirahatlah, ingat Anda sedang hamil, jadi jangan memaksakan diri Anda.
  • Minumlah yang cukup untuk menolong pengaturan suhu tubuh dan mengurangi resiko dehidrasi.
  • Konsentrasikan pada otot-otot yang akan Anda gunakan pada persalinan, seperti kaki, perut, dan panggul.
  • Jalan kaki adalah satu olahraga untuk ibu hamil yang aman.
  • Gunakan BH yang mendukung dan sepatu yang sesuai untuk Anda, yang membuat Anda nyaman dan juga aman.
  • Olahraga untuk ibu hamil yang juga dianjurkan adalah berenang, senam aerobik yang ringan, sepeda yang tidak bergerak, dan sekarang ini pada ANC dibeberapa rumahsakit, biasanya menyediakan senam ibu hamil.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan olahraga untuk ibu hamil. Dengan olahraga akan memperbaiki Mood ibu hamil, dan lebih merasa nyaman ketika tidur. Tidak hanya itu Manfaat olahraga untuk ibu hamil, diantaranya mengurangi pegal dan sakit pada pinggang serta akan membantu mempermudah saat persalinannya nanti.  Dengan olahraga, ibu hamil akan memiliki daya tahan dan mempunyai otot yang terlatih. Olahraga juga akan mengembalikan kondisi ibu hamil setelah melahirkan.

Manfaat utama olahraga ibu hamil akan memperbaiki kinerja jantung, menjaga berat badan, menjaga kebugaran tubuh. Ada beberapa jenis olahraga yang sangat baik dilakukan oleh ibu hamil. Dan Berikut adalah jenis jenis olahraga selama kehamilan.

Jenis Olahraga Selama Kehamilan

Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan jenis olahtaga yang terbaik untuk ibu hamil. Dengan jalan kaki akan melancarkan sirkulasi darah dan menjaga ibu hamil tetap selalu fit. Melakukan jalan kaki adalah jenis olahraga yang mudah karena tidak membutuhkan alat dan bisa dilakukan dimana saja. Olahraga ini juga baik dilakukan oleh ibu hamil sampai akhir masa kehamilannya.

Jalan kaki yang dilakukan selama 30 menit perhari sangat bagus untuk kesehatan kehamilan. Untuk menghindari dehidrasi, usahakan membawa air minum saat jalan kaki dan jangan melakukannya pada saat terik matahari.

Berenang

Berenang juga merupakan salah satu jenis olahraga ibu hamil yang terbaik. Dengan berenang ibu hamil bisa melatih otot-otot besar pada kaki dan tangan. Berenang juga bermanfaat bagi kinerja jantung menjadi lebih baik, dan mudah menurunkan berat badan saat kelebihan serta menghindarkan ibu hamil mengalami dehidrasi.

Baca juga: Tips Ibu hamil Muda Agar Tetap Sehat

Namun untuk menghindari dehidrasi selama berena, ibu hamil disarankan minum satu gelas air setiap 15 menit sekali, dan saat selesai berenang. lakukan renang selama 30 menit dalam sehari dengan gaya dada yang baik untuk ibu hamil. Hal ini karena gaya dada tidak membutuhkan banyak gerakan putaran dan membutuhkan tenaga yang lebih.

Senam hamil

Jenis olahraga yang paling sesuai untuk ibu hamil adalah senam hamil yang disesuaikan dengan banyaknya perubahan fisik, seperti pada organ genital, perut yang kian membesar dan lain sebagainya. Dengan melakukan senam hamil secara teratur dan intensif, Anda dapat menjaga kesehatan tubuh dan bayi yang dikandung secara optimal. Senam hamil adalah terapi latihan gerak untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik dan mental, pada persalinan cepat, aman dan spontan.

Meskipun ibu hamil bisa melakukan sendiri senam kehamilan dengan melihat DVD yang banyak beredar dan dipasarkan, Namun akan lebih baik jika melakukan senam yang dipandu oleh ahli. Atau bisa juga dengan mengikuti kelas-kelas hamil yang banyak di daerahnya. Dengan senam bersama banyak manfaat selain mendapat kebugaran dan panduan yang tepat selama senam, ibu hamil juga bisa berinteraksi dan berkumpul dengan ibu-ibu hamil lainnya, sehingga bisa berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Senam tidak hanya menjadikan ibu hamil mendapatkan kebugaran, dengan senam janin pun akan sehat. Selain itu manfaat senam ibu hamil bisa melenturkan dan menguatkan otot-otot yang diperlukan nantinya saat persalinan.

Yoga

Melakukan yoga juga harus didampingi oleh pemandu, ada baiknya gabung kelas kelas yoga untuk ibu hamil. manfaat yoga bagi ibu hamil adalah melatih pernapasan dan relaksasi yang sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk persalinan. karena pada proses persalinannya nanti, ibu hamil memerlukan teknik-teknik pernapasan yang baik dan rileks dengan yoga bisa mewujudkannya. Dengan yoga ibu hamil akan merasakan kenyamanan, ketenangan, juga menghindari rasa takut pada saat persalinannya.

Latihan Beban

manfaat latihan beban bagi ibu hamil antara lain menjauhkan ibu hamil mengalami cidera dan memjadikan otot-otot sendi menjadi kuat. Tidak hanya itu saja, manfaat latihan pada ibu hamil bisa menjaga stamina yang baik selama kehamilan dan persalinan.

Lakukan latihan beban yang ringan dan sederhana yang bisa dilakukan dirumah, gunakanlah beban setengah dari berat beban yang biasa, sediakan minuman air untuk minum yang mencegah dehidrasi.

Peregangan

Dengan melakukan atau latihan peregangan dapat bermanfaat untuk kelenturan tubuh ibu hamil yang dibutuhkan saat proses persalinan. Dan manfaat peregangan bagi ibu hamil dapat membantu mengurangi rasa sakit saat persalinannya nanti. Peregangan juga bisa memberikan relaksasi pada ibu hamil.

Demikianlah jenis olahraga yang baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil. Namun sebaiknya Anda konsultasikan dulu dengan ibu bidan atau dokter Anda sebelum melakukannya.

Olahraga Selama Kehamilan Yang Membahayakan

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan selama melakukan olahraga  saat hamil. Yang harus Anda lakukan adalah berhenti dan hubungi dokter, bila Anda mengalami hal-hal seperti dibawah ini: .

  1. Sakit, dan apa pun itu.
  2. Pendarahan pada vagina.
  3. Pusing dan sakit kepala ringan.
  4. Kesulitan bernafas.
  5. Sesak nafas hebat.
  6. Kontraksi rahim.

Sebagai tambahan penting pada olahraga selama kehamilan. Jangan melakukan olahraga jika Anda termasuk dalam kehamilan dengan tekanan darah tinggi, pernah mengalami prematur pada kehamilan sebelumnya, bayi tidak berkembang sebagaimana mestinya, atau kehamilan dengan mengalami keadaan lain, seperti penyakit jantung, paru-paru, diabetes dan lain sebagainya. Oleh karena itu saran saya, berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter Anda untuk melakukan olahraga pada kehamilan.

Karena itu, jika ibu hamil membutuhkan tubuh yang sehat dan bugar, diupayakan untuk makan yang teratur, cukup istirahat, dan olahraga untuk ibu hamil sesuai takaran. dengan tubuh yang sehat dan bugar, ibu hamil dapat melaksanakan tugas rutin sehari-hari dan menurunkan stres akibat rasa cemas yang dihadapi menjelang persalinan.

Demikianlah pembahasan tentang jenis olahraga, manfaat dan pentingnya olahraga pada kehamilan. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Hamil Menjadikan Anda Stres, Dan Ini Tips Mengatasi Stres Saat Hamil

Loading...

Leave a Comment