4 Penyebab Pendarahan Pada Kehamilan Muda yang Harus Diwaspadai

Penyebab pendarahan pada kehamilan muda. Pendarahan adalah salah satu masalah yang menakutkan selama kehamilan. Pendarahan ini bervariasi mulai dari jumlah yang kecil, seperti bintik-bintik, sampai pendarahan hebat dengan gumpalan dan sakit perut. Maka perlu kewaspadaan dengan adanya tanda-tanda tersebut, karena akan berbahaya pada kehamilan muda tersebut.

Loading...

Apakah normal mengalami pendarahan pada kehamilan muda trimester pertama?. Pada masa kehamilan kondisi kesehatan ibu hamil sangat menentukan sehat atau tidaknya pertumbuhan janin dalam kandungan. Namun masa kehamilan tersebut, bisa juga menyebabkan penurunan daya tahan tubuh ibu hamil, yang akhirnya bisa memicu terjadinya beberapa masalah kehamilan . Ada beberapa masalah yang terjadi pada ibu hamil, salah satunya adalah pendarahan pada kehamilan muda trimester pertama.

Pendarahan kehamilan pada trimester pertama ini sering menimbulkan kecemasan bagi ibu hamil. Padahal masalah pendarahan ini tidak bisa dipastikan tanda keguguran. Meskipun, sebagian ibu hamil yang mengalami pendarahan bisa mengakibatkan keguguran. Nah, apa saja penyebab pendarahan pada kehamilan muda, berikut penjelasannya.

Penyebab Pendarahan Pada kehamilan Muda Trimester Pertama

pendarahan pada kehamilan muda

Pendarahan pada awal kehamilan, tidak selalu normal, tapi hal ini sering terjadi hampir pada 30% kehamilan. Dan separo wanita yang mengalami pendarahan pada kehamilan muda dapat tetap meneruskan kehamilannya dan melahirkan bayi yang sehat. pendarahan awal kehamilan dalam jumlah yang sangat sedikit seperti bintik-bintik yang terjadi pada awal kehamilan, bisa merupakan hal yang normal, yang disebut sebagai pendarahan karena implantasi embrio pada dinding rahim yang menyebabkan dinding rahim melepaskan sejumlah kecil darah. Hal ini terjadi sekitar kehamilan minggu ke 7 sampai 9, dan hanya terjadi satu atau dua hari saja.

Loading...

Banyak wanita juga mendapatkan bintik atau bercak darah setelah “berhubungan”, atau mengangkat barang yang berat, atau dikarenakan aktivitas yang berlebihan. Penyebabnya karena serviks mengandung lebih banyak pembuluh darah dan pelebaran pembuluh darah selama kehamilan. Untuk hal ini, batasi aktivitas Anda sampai bercak pendarahan menghilang untuk menghindari pendarahan pada awal kehamilan. Secara lengkap ada beberapa penyebab pendarahan pada kehamilan muda trimester pertama, yaitu:

1. Abortus (Keguguran)

Penyebab pendarahan pada kehamilan muda yang pertama yaitu keguguran. Meskipun pendarahan yang terjadi pada awal kehamilan tidak bisa dipastikan dengan tanda keguguran. Namun sebagian besar kasus pendarahan yang terjadi mengakibatkan keguguran. Intinya penyebab pendarahan tersebut bisa disebabkan oleh Abortus.

Baca juga: Tips Ibu hamil Muda Agar Tetap Sehat

2. Kehamilan Tidak Berkembang (Blighted Ovum)

Penyebab selanjutnya dalam pendarahan pada kehamilan muda yaitu Kehamilan yang tidak berkembang. Pada masalah ini, di dalam rahim ibu hamil hanya terjadi kehamilan tanpa embrio, sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan keguguran. Pada kasus ini, biasanya ditangani dengan tindakan kuret.

3. Hamil Anggur (Mola Hidatidosa)

Kehamilan ini adalah termasuk kehamilan yang tidak normal. Dimana perkembangan janin di dalam rahim atau kandungan, plasenta berubah menjadi tumor yang berwujud seperti anggur. Pada masalah kehamilan ini harus ditangani secara cepat dengan cara kuret agar tidak membahayakan ibu hamil. Hamil Anggur juga termasuk salah satu penyebab pendarahan pada kehamilan muda

4. Kehamilan Di luar Kandungan

Penyebab pendarahan pada kehamilan muda selanjutnya adalah kehamilan di luar kandungan. Kehamilan jenis ini merupakan kehamilan yang dihasilkan dari pembuahan terletak di luar rongga rahim. Misalnya, terjadi pada saluran telur atau tuba, ovarium, atau pada rongga perut. Kondisi tersebut mengakibatkan pendarahan dalam perut dan bisa menimbulkan shock berat pada ibu hamil.

Pendarahan Pada Kehamilan Muda Trimester Pertama, Bahayakah?

Pendarahan atau bercak darah selama trimester pertama kehamilan ini dapat juga merupakan ancaman keguguran. Ada dua hal medis yang harus dipertimbangkan ketika terjadi pendarahan pada kehamilan muda  trimester pertama, yaitu keguguran atau kehamilan Ektopik. Anda kemungkinan mengalami keguguran jika pendarahan awal kehamilan menjadi hebat atau ukurannya lebih dari satu gelas, yang biasanya disertai dengan kram perut. Kadang juga disertai dengan bekuan darah atau jaringan fetus.

Sedangkan untuk gejala kehamilan ektopik adalah pendarahan pada vagina yang disertai dengan sakit perut bagian bawah pada satu sisi. Meskipun bercak pendarahan pada kehamilan muda trimester pertama kehamilan adalah hal yang tidak selalu aneh karena 30% terjadi pada wanita hamil, Tapi anda sebaiknya memberitahukan dokter Anda tentang hal ini, sehingga dokter akan memonitor dan mengatasi komplikasi kehamilan lainnya.

Saran Jika Terjadi Pendarahan muda trimester pertama.Hubungilah dokter ketika pendarahan terjadi banyak, kram yang hebat, sakit perut di bagian bawah yang terus menerus atau timbul demam. Semua ini bisa menjadi tanda terjadinya ancaman keguguran atau komplikasi lain seperti kehamilan ektopik. Biasanya Dokter akan melakukan pemeriksaan Doppler yaitu untuk mendengarkan detak jantung janin atau USG untuk memastikan diaknosanya. Jika Anda masih khawatir, takut atau bingung dengan pendarahan pada kehamilan yang Anda alami, ungkapkan saja pikiran Anda pada dokter.

Karena kehamilan, persalinan dan mendapat bayi adalah salah satu rangkaian peristiwa indah dan luar biasa dalam hidup Anda, jadi binalah komunikasi yang baik dengan dokter Anda, sehingga Anda memiliki kehamilan dan persalinan yang sehat dan menyenangkan. Demikianlah pembahasan tentang pendarahan pada kehamilan muda trimester pertama, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Stres Saat Hamil Saat Hamil Muda Dan Tua

Loading...

Leave a Comment