Kelebihan Pengobatan Herbal Alami Dengan Ramuan Tradisional

Kelebihan pengobatan herbal alami dengan ramuan herbal.  Cara menyembuhkan berbagai masalah kesehatan dengan pengobatan alami mempunyai keutamaan. Apa saja keuntungan kita menggunakan pengobatan herbal alami?. Pertama karena alasan kesehatan jangka panjang adalah alasan utama. Mengapa harus dengan cara Pengobatan herbal alami?.  Memang efek penyembuhan lebih cepat dengan obat kimia. Namun hati-hati efeksamping yang ditimbulkan di depan akan memperparah penyakit yang disembuhkan.

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan hayati terbesar nomer dua setelah brasil. Menurut situs resmi departemen kesehatan RI, ada 30.000 spesies tanaman yang tumbuh di wilayah kita. Sekitar 7.000 spesies tanaman obat dan hanya 1.000 spesies yang telah digunakan untuk pengobatan herbal alami dan mengatasi masalah kesehatan. Betapa kayanya negara kita tercinta ini.

Namun sayangnya masih sedikit tanaman obat yang berhasil dimanfatkan sebagai solusi pengobatan herbal. Padahal sekitar 50 persen lebih, masyarakat indonesia pernah mengkonsumsi jamu dan sebagian besar telah merasakan khasiat pengobatan herbal alami dengan meningkatkan kesehatan.

4. Penyebab Pengobatan Herbal Alami Belum Diminati Masyarakat

Sepi peminat pengobatan alami oleh masyarakat kita disebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya:

Loading...

pengobatan herbal alami

Kurangnya Informasi Tentang Tanaman Obat

Kita memiliki aset kesehatan yang luar biasa. ada 7000 jenis tanaman herbal dan hanya 1000 yang sudah digunakan sebagai pengobatan herbal alami. Sisa yang cukup banyak yang belum kita gunakan sebagai pengobatan. Hal ini memang perlu ada campur tangan pemerintah untuk membiayai beberapa penelitian tentang tanaman obat. Dari hasil penelitian tersebut nantinya disebarluaskan ke masyarakat.

Kurangnya Perhatian Pemerintah terhadap Tanaman obat

Jika pemerintah mau serius memberdayakan kekayaan alam maka dampak positif banyak yang akan didapat. Sebagai contoh selain manfaat masyarakat mengetahui macam-macam tanaman herbal, tanaman obat yang melewati penelitian bisa dibuat produk jamu atau obat alami. Dengan demikian bisa nantinya kita ekspor obat dan tidak perlu lagi impor obat kimia, setuju?.

Jadi masyarakat indonesia tentu akan memilih pengobatan herbal alami yang lebih murah dan tanpa efeksampingnya pada kesehatan. akibatnya tidak lagi sepi atau terlihat kuno cara pengobatan alami.  Pola hidup sehat alami akan menjadi pola hidup bangsa indonesia yang sehat.

Gaya Hidup Serba Instan Yang Dialami Masyarakat

Siapa sih yang ingin repot-repot bikin obat. Sebagai contoh kita mengalami sakit kepala dan masih mikir untuk buat ramuan,MENYIKSA. Itu yang terlintas dipikiran kita. Hal ini wajar karena hidup serba modern, serba cepat dan instan.

Tidak ada salahnya punya pendapat seperti itu. Namun ada hal penting dari pola hidup instan dalam penyembuhan penyakit. Sekarang banyak obat kimia yang jadi pilihan utama pada penyembuhan penyakit. Efek negatifnya, istilah orang bilang sembuh satu, datang seribu. Penyakit mungkin bisa sembuh dengan obat kimia, tapi apa benar-benar sembuh total?. Kenyataannya banyak yang kambuh lagi dengan membawa lebih banyak penyakit lain.

Itulah sedikit gambaran buruknya efeksamping obat-obatan kimia, jika kita gunakan untuk menyembuhkan penyakit. Solusinya adalah kembali ke alam yang tentu lebih baik, lebih aman dan lebih murah.

Pengobatan Di Indonesia Dipenuhi Obat Kimia Dari Luar Negeri.

Inilah fakta yang real terjadi. lebih dari 90 persen bahan kimia untuk membuat obat konvensional diimpor dari luar negeri. Padahal, kita tahu, Indonesia kaya bahan-bahan alami untuk obat-obatan. Kita memiliki kaya aset, tapi ilmu dan pengetahuan belum maksimal. Tentang cara memanfaatkan aset tersebut.

Baca juga: Hal Penting Tentang Pengertian Olahraga Dan Jenisnya

Kelebihan Pengobatan Herbal Alami Dibandingkan Obat Kimia

Pertanyaan yang selalu menjadi misteri yang belum terjawab. Mengapa obat kimia atau konvensional tidak cukup mengatasi kesehatan masyarakat Indonesia?. Rabaan jawaban pertanyaan tersebut adalah komplek. bisa dijawab dengan kata mungkin. Mungkin belum efektif jenis obatnya, mungkin ada oknum yang bermain.

Ini faktanya! seperti yang kemaren ramai terjadi. Yaitu tentang vaksin palsu, yang melibatkan rumah sakit. Ada yang bermain didalamnya. Mereka yang mementingkan keuntungan dengan mengorbankan generasi penerus bangsa. Betul?.

Sejatinya semua penyakit, sebelum jadi serius, masih bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup dan pola makan yang alami dan sehat, serta ramuan-ramuan herbal untuk solusi penyembuhannya. Obat kimiawi menggunakan senyawa-senyawa Aktif yang diekstrak, diisolasi, dari bahan-bahan alami atau bahan sintetis. Oleh karena itu hanya menggunakan molekul atau senyawa aktif semata.

Cara kerja obat kimiawi tentu saja lebih cepat dan instan, tetapi memiliki efeksamping yang lebih besar. Semementara, obat herbal alami menggunakan seluruh senyawa yang ada pada bahan alami. Senyawanya aktif berperan, dan senyawa yang lain ikut berperan.  Jadi, tubuh harus memetabolisme senyawa tersebut. Inilah mengapa cara kerja obat herbal lebih lama, tetapi permanen hasilnya, dan kemungkinan menimbulkan efeksamping relatif sedikit bahkan tidak ada. Semua tergantung pilihan kita mau cara yang kimia atau alami?

Pengobatan Herbal Alami Cukup meyakinkan Khasiatnya.Pada tahun 2009, pemerintah mengatakan dalam laporannya yang dimuat situs resmi DepKes, bahwa perdagangan Jamu indonesia mencapai lebih dari 4 triliun pertahun. Angka ini terus bertambah sampai saat ini. Hal tersebut bukti bahwa semakin meyakinkan kita. Bahwa bahan obat-obatan alami di indonesia bahkan luar negeri memiliki potensi tinggi dalam ekonomi dan kesehatan.

Selain itu pengobatan alami telah digunakan secara turun temurun oleh nenek moyang bangsa kita. Berarti dengan menggalakkan lagi pengobatan herbal alami, kita pun turut melestarikan budaya warisan leluhur kita. Jika bukan kita siapa lagi?. Jangan sampai cucu kita nanti belajar atau membeli obat-obatan herbal ke bangsa lain.

Cina dan jepang sudah banyak membeli lahan di indonesia untuk ditanami tanaman obat, lalu mereka membawa hasil budidaya tanaman tersebut ke negara mereka, mengolahnya lalu mengekspor lagi ke negara-negara lain termasuk ke indonesia juga.

Mengapa menanam di indonesia?. Karena, kualitas tanah indonesia lebih baik dari tanah yang ada di negara mereka. Sehingga mereka tanam tanaman obat seperti jahe atau kunyit. Jika kita tidak mengolahnya sendiri bahan baku obat-obatan di alam kita, sudah pasti merupakan kerugian, Dan bukan mustahil jika negara lain menjadi produsen terbesar herbal yang bahan bakunya dari Indonesia. Namun kita justru jadi konsumen mereka.

Masalah Pengobatan Herbal Alami Dan Obat Kimia

Dengan adanya Blog saya Waras Sehat ini, saya berharap bisa memberikan sedikit informasi kepada masyarakat tentang pengobatan penyakit. Mereka bisa membuatnya dirumah yang mempunyai harga ekonomis namun bermanfaat nyata pada kesehatan.

Baca juga: 12 Manfaat Seledri Untuk Pengobatan Masalah Kesehatan

Sekali lagi. Saya bukan menolak pengobatan medis atau tidak suka pada jenis obat kimia. Namun hanya memberi informasi dan pengalaman saya pribadi. Memang adakalanya kita butuhkan penanganan medis. Contohnya ketika kita kecelakaan dan butuh operasi dan pemasangan pen termasuk juga saat kita mengalami penyakit-penyakit yang berat.

Namun, untuk penyakit-penyakit seperti dioabetes, kardiovaskular, masalah obesitas yang sudah bisa dikatahui dari awal, lalu langsung memakai cara dengan pengobatan kimia, kemungkinan besar akan menjadi ketergantungan selamanya. Padahal, jika kita memilih pengobatan herbal alami, penyakit tersebut masih bisa disembuhkan dan tingkat ketergantungan pada obat alami tentu tidak ada.

Harapan saya untuk pembaca sekalian, agar memahami pentingnya penyakit-penyakit yang ada. lakukan pengobatan alami terlebih dahulu agar tidak menjadi ketergantungan pada obat-obatan kimia.

Bahwa kitalah pemegang kendali kesehatan kita sendiri.

Semoga tulisan ini menjadi manfaat buat pembaca sekalian dan salam sehat!! Saya sangat senang kiranya pembaca memberi masukan, komentar tentang saran, kritik dan lainnya. Terimakasih.

Baca juga: Cara Pengobatan Sinusitis Tanpa Operasi Secara Tradisional

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *