Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami yang Mujarab Tanpa Operasi

Cara mengobati sinusitis secara alami yang mujarab tanpa operasi. Sinusitis adalah masalah inflamasi atau peradangan rongga sinus. Radang rongga sinus Yaitu Penyakit yang terjadi karena  peradangan pada rongga dahi dan dasar tengkorak yang dilapisi lendir. “itis” adalah kata yang berarti peradangan (inflamasi) sinusitis juga berarti peradangan pada rongga sinus, bisa sinus depan ataupun belakang.

Loading...

Pada umumnya pengobatan sinusitis dilakukan dengan melakukan pemeriksaan ke dokter THT.  kemudian penderita akan diberi obat sinusitis dari dokter seperti obat tetes atau semprot antibiotik dan steroid. Pada kasus sinusitis yang parah (akut) biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukannya operasi.

Sebenarnya cara mengobati sinusitis tidak harus dengan jalan operasi. Anda bisa mencoba terlebih dahulu dengan memanfaatkan tanaman obat sinusitis yang ada di sekitar kita. Tanaman tersebut kemudian diolah sendiri secara tradisional kemudian diminum secara teratur dan rutin setiap hari. Pengobatan sinusitis secara tradisional dengan tanaman herbal dipercaya sejak lama mampu mengobati masalah pada rongga pernapasan. Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara mengobati sinusitis secara alami dengan ramuan tradisional, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Mengobati Sinusitis dengan Ramuan Tradisional

cara mengobati sinusitis

Sebelum kita membahas cara mengobati sinusitis secara tradisional, ada baikya Anda mengetahui beberapa penyebab dan gejala sinusitis tersebut.

Loading...

Baca juga: 5 Cara Menyembuhkan Pilek dengan Bawang Putih Dalam Sekejap

Penyebab Sinusitis

Peradangan yang terjadi pada penyakit sinusitis biasanya disebabkan oleh infeksi kemudian infeksi dirangsang oleh macetnya saluran sinus dari rongga sinus ke hidung. penyebab lain sinusitis adalah alergi seperti alergi pada debu dan udara dingin.  Alergen atau penyebab alergi, yang memicu antara lain debu, asap, perubahan cuaca, stres, sari bunga dan bulu binatang. Alergen tersebut akan masuk kedalam tubuh. Lalu, tubuh memberikan reaksi imunitas yang berlebih sehingga terjadi peradangan.

Selama ini pemahaman masyarakat terkadang bingung membedakan antara sinusitis dan pilek. Bedanya sinusitis dengan pilek. Penyakit sinusitis adalah masalah kronis, disebabkan oleh alergen terjadi pada rongga sinus, sedangkan pilek terjadi dirongga hidung tapi pilek bisa mengganggu sinus.

Gejala Sinusitis

Gejala sinusitis biasanya ditandai dengan sering mengalami pusing saat pilek dan pilek yang terjadi dalam waktu yang lama secara terus menerus. Dalam waktu yang lama ingus yang dikeluarkan bercampur dengan nanah dan lendir. Pada keadaan inilah seseorang bisa dinyatakan mengalami sinusitis.

Sinusitis bisa disembuhkan dengan menggunakan tanaman obat sinusitis tanpa harus membeli obat obat sinusitis di apotik. Salah satu tanaman herbal yang ampuh untuk menyembuhkan sinusitis yaitu sambiloto, kunyit dan lidah buaya. Bahan-bahan tersebut kemudian diramu secara tradisional dan diminum secara teratur setiap hari maka sinusitis bisa disembuhkan. Membuat ramuan tradisional sinusitis sangat mudah Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut ini cara mengobati sinusitis dengan ramuan tradisional dan cara membuatnya, yaitu:

  • Pertama Anda siapkan bahan-bahan ramuannya yaitu 5 lembar daun sambiloto segar, 1 rimpang atau akar kunyit, dan 1 lidah buaya yang dikupas dan dipotong-potong.
  • Rebus semua bahan tadi  dengan air sebanyak 300 ml hingga tersisa 150 ml bagi menjadi 2 gelas.
  • Minum dua kali sehari sampai sembuh sinusitisnya.

Tips Cara Mengobati Sinusitis

Selain Anda mengkonsumsi obat sinusitis tradisional diatas, Anda juga dianjurkan untuk melakukan beberapa tips pengobatan sinusitis agar lebih cepat sembuh dan berikut tips pengobatan sinusitis tersebut, yaitu:

  • Penyakit sinusitis merupakan masalah kesehatan yang berkaitan dengan sistem imunitas maka sebaiknya meningkatkan daya tahan tubuh dengan olahraga teratur, yoga dan meditasi
  • Mengurangi stres dan tekanan pikiran, serta mengurangi kegiatan yang menghabiskan energi.
  • Hindari mengkonsumsi jenis makanan olahan, produk susu, gula dan gorengan.
  • Perbanyak makan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, nanas, dan lainnya agar daya tahan tubuh semakin baik.
  • Hindari minum minuman dingin dan lebih disarankan minum air putih yang banyak atau minum minuman yang hangat.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengobati sinusitis tanpa operasi dengan ramuan tradisional. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Alami Mengobati Batuk dan Flu Pilek Secara Tradisional

Loading...

Leave a Comment