Penting!! 6 Aturan Makan Sehat Sebelum Olahraga yang Baik Pada Kesehatan

6 Aturan makan sehat sebelum olahraga yang baik pada  kesehatan. Saat olahraga ada hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan yaitu aturan makan yang dilakukan sebelum dan sesudah olahraga. Faktanya, memang dengan makan sebelum olahraga akan memberikan tambahan energi namun bisa beresiko pada kematian. Saat olahraga, tubuh harus memiliki energi yang cukup untuk dibakar, oleh sebab itu sebelum olahraga, kita usahakan jangan melupakan makan, sebaliknya, jangan pula saat olahraga perut terasa kembung dan tidak nyaman karena kekenyangan.

Loading...

Aturan makan yang sehat sebelum olahraga atau latihan, memang sangat dianjurkan, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama latihan. Namun ada hal yang harus diperhatikan, sesaat setelah makan, makanan ini masih didalam perut, dan harus menunggu beberapa saat untuk dicerna, otot perut Anda harus membantu dalam proses mencerna makanan, dan otot membutuhkan oksigen dari aliran darah. Untuk lebih jelasnya tentang aturan makan sehat saat olahraga yang baik untuk kesehatan, simak pembahasannya di bawah ini.

Aturan Makan Sehat Pada Olahraga yang Baik dan Benar

aturan makan sehat

Dalam olahraga kita perlu memperhatikan aturan makan yang baik dan benar. Ada beberapa hal yang perlu dihindari sebelum atau sesudah olahraga soal pola makan yang dilakukan. Berikut ini aturan makan sehat pada olahraga, yaitu:

1. Atur Jeda Waktu Antara Makan dan Olahraga

Loading...

Aturan makan yang sehat saat akan berolahraga yang benar adalah dengan memberi tegang waktu. Jadi, jangan setelah makan Anda langsung olahraga. Hal tersebut akan menjadikan otot perut harus berebut untuk mendapatkan oksigen dengan otot-otot lain seperti otot lengan, otot dada, otot kaki dan lainnya. Ketika otot perut tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup, makanan tadi tidak akan dicerna dengan baik. Asam laktat akan terkumpul karena banyaknya pekerjaan otot perut Anda yang tidak terselesaikan. hasilnya Anda akan mengalami sakit perut. Makannya perlu ada aturan tentang jeda waktu antara makan dengan olahraga atau pun latihan.

Baca juga: Memilih Jenis Olahraga Yang Salah Mengakibatkan Kematian

2. Hindari Makanan Lemak

Aturan makan yang sehat selanjutnya sebelum olahraga adalah dengan menjauhkan konsumsi jenis makanan berlemak. Aturan tersebut juga sangat disarankan untuk orang yang olahraga untuk menurunkan berat badan atau diet. Makanan berlemak  butuh waktu lama untuk dicerna. Selain itu, lemak juga akan menetap dalam lambung dalam waktu yang lama juga, selain itu makanan berlemak akan menarik darah ke lambung untuk membantu dalam pencernaan, hal ini menyebabkan kram perut, kejang dan ketidaknyamanan lainnya. Selain makanan lemak makanan jenis lain yang harus dihindari sebelum melakukan olahraga adalah, daging, gorengan, kue-kue yang terlalu manis, permen dan sejenisnya.

3. Menunggu Waktu Olahraga

Salah satu aturan makan sehat sebelum olahraga yaitu dengan menunggu waktu untuk melakukan latihan. Untuk lamanya menunggu tergantung berapa banyak Anda makan, apa yang Anda makan, dan jenis olahraga apa yang akan dilakukan, serta seberapa tinggi intensitas latihan yang dilakukan. Semakin banyak makan makanan berlemak dan protein, semakin lama pula Anda harus menunggu sebelum memulai olahraga.

sebagai contoh aturan makan sehat sebelum olahraga, jika anda makan berger keju atau minuman coklat, Anda harus menunggu sekitar 2 sampai 3 jam sebelum memulai latihan.

Semakin berat jenis olahraga yang dilakukan, semakin lama pula untuk memberikan waktu jeda antara makan dan olahraga, solusinya bisa dengan cara berjalan kaki beberapa menu setelah makan, maka Anda tak perlu menunggu lama hingga beberapa jam untuk memulai olahraga.

4. Berhenti latihan

Selain memperhatikan aturan makan yang sehat, ada hal yang penting lainnya, yaitu istirahat. Hentikan juga latihan Anda Jika mengalami kram perut atau sakit perut saat berlari setelah makan.  Berhentilah dan tunggu sampai 30 menit sebelum memulai melanjutkan lari kembali, jika terjadi lagi kram setelah menunggu 30 menit maka harus istirahat lagi selama 1 jam dan seterusnya. Jika Anda akan berlatih beban, maka Anda perlu makan sebelum melakukan latihan, dan sebaiknya diisi dengan makanan yang ringan saja, seperti yoghurt, oatmeal, dan sepotong roti, roti merupakan jenis makanan yang baik dikonsumsi sebelum olahraga.

5. Atur Jam atau Waktu Olahraga Setelah Makan

Aturan makan sehat untuk melakukan olahragawaktu yang dianjurkan setelah makan untuk memulai olahraga adalah 4 jam, dan boleh makan nasi dan lauk pauk, atau kentang, atau sereal rendah lemak, ditambah buah-buahan atau jus sayur dan buah. 2 sampai 3 jam sebelum olahraga sebaiknya makan makanan yang lebih ringan seperti, roti, buah, yoghur dan minuman berkarbohidrat tinggi. 1 jam sebelum olahraga adalah makan makanan jenis buah-buahan yang mengandung banyak air, atau jenis jus buah dan sayuran, minuman di fase ini, bertujuan untuk mencukupi kebutuhan akan cairan, perhatikan jumlah dalam mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air, karena akan membuat tubuh menjadi lebih berat dan sering buang air kecil.

6. Hindari Makan Kenyang

Selain mengetahui aturan makan sehat yang dianjurkan sebelum olahraga, Anda juga penting mengerti aturan makan yang salah. Sebagai contoh ingin olahraga renang. Penelitian di tokyo yang dilakukan oleh Woman’s Medical University mengatakan bahwa berenang yang langsung dilakukan tanpa jeda antara makan dan berenang mengakibatkan resiko kematian.

Semakin pendek jarak waktu antara makan dan berenang maka besar pula resiko terjadinya kematian, peneliti ini langsung mengamati korban untuk mendapatkan hasil yaitu kadar alkohol dan sisa makanan padat, ini membuktikan bahwa jarak jeda antara makan dan berenang adalah tidak lama. Inilah beberapa penyebab kematian tenggelam saat berenang, yaitu:

  • Ketika perut terisi makanan, aliran darah akan terpusat di perut untuk memproses pencernaan. Hal ini menyebabkan otak kekurangan darah dan juga mudah kehilangan kesadaran.
  • Kenyang akan memicu untuk muntah, sehingga jika menyumbat kerongkongan bisa mengakibatkan sesak nafas.

Itulah pentingnya aturan makan sehat sebelum olahraga yang benar pada kesehatan. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat bagi pembaca semua. Salam sehat!!

Baca juga: Hal Penting Tentang Pengertian Olahraga Dan Jenisnya

Loading...

Leave a Comment