Obat Penyakit Eksim Secara Alami Menggunakan Ramuan Tradisional

Obat penyakit eksim secara alami dengan menggunakan ramuan tradisional. Penyakit eksim sering disebut juga dermatitis, padahal keduanya berbeda karena penyebabnya. Dermatitis adalah reaksi peradangan yang disebabkan oleh sesuatu diluar tubuh seperti  radang gatal karena anting-anting di telinga, dan gelang di tangan. Selain itu, penyebab dermatitis bisa dikarenakan oleh deterjen karena kulit kurang cocok dikulit dan penyebab lain yaitu faktor keturunan. Perbedaan eksim dan dermatitis yang menonjol adalah dermatitis terjadi di satu sisi  pada bagian tubuh tertentu, sementara eksim terjadi di dua sisi tubuh.

Loading...

Penyebab penyakit eksim datang dari dalam tubuh karena reaksi imunitas yang berlebihan. Penyakit kulit ini tidak disebabkan oleh kuman tapi oleh tubuhnya sendiri karena bereaksi berlebihan terhadap “Benda Asing” yang masuk ke tubuh. Akibatnya, badan jadi gatal-gatal, kulit terkelupas, memerah dan pecah. Nah setelah Anda mengetahui perbedaan antara penyakit eksim dan dermatitis, lantas bagaimana pengobatannya?. Salah satu cara mengobati eksim yaitu dengan pengobatan tradisional dengan meramu sendiri tanaman herbal menjadi obat penyakit eksim yang mujarab.

Baca juga: 3 Obat Jamur Kulit Tradisional yang Bagus dan Ampuh Untuk Infeksi Gatal

Obat penyakit eksim tradisional merupakan solusi yang bisa menyembuhkan eksim dengan cepat. Anda bisa membuatnya sendiri ramuannya di rumah dengan memanfaatkan tanaman atau tumbuhan yang berkhasiat sebagai obat tradisional eksim kering dan basah menahun. Nah, untuk lebih jelasnya tentang obat penyakit eksim dan cara membuatnya, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Obat Penyakit Eksim yang Ampuh dan Cara Membuatnya

obat penyakit eksim

Loading...

Untuk penyakit eksim kering atau basah harus dilakukan dengan pengobatan luar dan dalam tubuh. Obat dalam tubuh untuk mengatasi reaksi berlebihan terhadap kekebalan tubuh dan obat luar tubuhnya untuk luka kulitnya yang gatal dan iritasi yang terjadi. Pengobatan dari dalam sangatlah penting  jika tidak dilakukan, penyakitnya akan sembuh kambuh terus berulang. Berikut adalah cara membuat obat tradisional eksim kering dan basah menahun yang manjur serta cara pemakaiannya, yaitu:

1. Ramuan luar

Seperti yang disebutkan diatas tadi bahwa cara mengobati eksim dilakukan dengan 2 cara dari dalam dan luar. Pengobatan luar eksim dari luar yaitu menggunakan salep eksim yang bisa Anda buat sendiri dengan menggunakan ramuan tradisisional kemudian mengoleskannya pada kulit yang terkena eksim seperti pada kaki dan lainnya. Berikut cara membuat obat penyakit eksim yang digunakan sebagai salep eksim, yaitu:

  • Siapkan bahan bahan salep eksim yaitu, 1 Butir bawang merah, 2 Butir kemiri, 3 Helai daun brotowali atau sambiloto, minyak kelapa.
  • Ulek semua  bahan hingga menjadi halus dan tambahkan minyak kelapa.
  • Oleskan pada kaki dan kulit yang sakit lainnya.
  • Lakukan secara rutin dan teratur 1 sampai 2 kali sehari.

2. Ramuan Dalam

Disamping cara mengobati eksim kering atau basah dengan salep eksim maka agar lebih ampuh pakai cara yang kedua yaitu ramuan untuk diminum. Berikut cara membuat obat penyakit eksim dengan ramuan dalam dan cara pakainya:

  • Siapkan bahan-bahan ramuannya yaitu, 1 genggam daun pegagan, 1 ruas jari kunyit, 2 ruas jari temulawak, 3 lembar daun sambiloto segar dan 1 sendok makan madu asli.
  • Kupas dan iris tipis-tipis kunyit dan temulawak, lalu rebus semua bahan ke dalam 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas.
  • Minum 1 gelas secara teratur 1 sampai 2 kali dalam sehari selama 2 minggu berturut-turut maka penyakit eksim akan sembuh.

Sebagai tambahan informasi tentang obat penyakit eksim basah dan kering, berikut ini beberapa tips penyembuhan agar cepat dan mujarab, antara lain:

  1. Hindari makanan yang bersifat alergenik yang bisa menjadi penyebab eksim makin parah. Diantaranya, susu sapi dan produk-produknya. Selain itu,  gandum dan terigu, telur, jeruk, udang, kerang, coklat dan makanan olahan yang mengandung pengawet dan penyedap rasa.
  2. Untuk mengetahui jenis makanan apa saja yang sebaiknya dihindari, berhenti makanan tersebut selama 1 minggu. Jika ada pengurangan penyakit atau gatal-gatalnya berkurang, maka makanan tersebut salah satu penyebabnya.
  3. Tingkatkan makan makanan yang mengandung kalium yang tinggi, seperti wortel, pisang dan sayuran yang daunnya berwarna hijau tua.
  4. Hindarilah produk yang mengandung bahan kimia, ganti sabun dan sampo yang berbahan alami. terutama yang tidak mengandung sodium lauryl sulphate.

Demikianlah ulasan tentang obat penyakit eksim alami dengan ramuan tradisional. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal Secara Alami dengan Cepat

Loading...

Leave a Comment