Inilah 4 Jenis Penyakit yang Menyebabkan Tidak Bisa Gemuk

Inilah 4 Jenis penyakit yang menyebabkan tidak bisa gemuk. Kegemukan bukan merupakan satu-satunya masalah berat badan, ada sebagian orang malah sebaliknya mengalami susah gemuk. Sulit gemuk termasuk masalah berat badan yang perlu diatasi dengan tepat karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti kurang nutrisi penting dan gizi. Akibatnya, tubuh kurang sehat dan kinerja organ tubuh menjadi terganggu. Bahkan kondisi badan kurus yang terjadi pada wanita dan pria menyebabkan masalah penampilan hingga tak jarang mereka merasa mider dengan keadaan tubuhnya. Lantas, apa sebenarnya penyebab susah gemuk dan apa solusinya?.

Loading...

Salah satu penyebab susah gemuk yang dialami seseorang bisa karena suatu penyakit. Dengan menderita penyakit maka orang tersebut akan sulit bertambah berat badannya dan cenderung tetap kurus. Kondisi kurus karena penyakit ini meskipun makan banyak namun tetap saja kurus dan malah menurun berat badannya. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membuat badan gemuk maka amati apakah Anda menderita penyakit yang menyebabkan tidak bisa gemuk. Selanjutnya cara biar badan bisa gemuk yaitu dengan menyembuhkan penyakit tersebut. Nah untuk lebih jelasnya tentang macam-macam penyakit penyebab tidak bisa gemuk, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Daftar Penyakit yang Menyebabkan Tidak Bisa Gemuk

Susah gemuk menandakan adanya penyakit yang seseorang derita. Memang tak hanya penyakit saja, sulit menambah berat badan dan tubuh tetap kurus bisa disebabkan oleh faktor lain seperti aktivitas yang terlalu tinggi, faktor keturunan (genetik), efek samping obat dan bahkan karena faktor psikologi seperti depresi dan stress. Namun jika karena penyakit maka berikut ini beberapa jenis penyakit yang menyebabkan tidak bisa gemuk pada wanita dan pria, antara lain:

1. Kanker

Kanker tidak hanya termasuk jenis penyakit yang mematikan dan belum ada obatnya namun kanker juga menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan tidak bisa gemuk. Jika seseorang menderita kanker maka hampir tidak bisa dipastikan untuk gemuk dan naik berat badannya. Malah kondisinya akan sebaliknya berat badan akan terus berkurang. Hal ini disebabkan sampai saat ini belum ada kasus penyakit kanker mampu disembuhkan secara total. Sel-sel kanker yang terus menjalar dan mengambil pasokan gizi dan nutrisi dari sari-sari makanan maka akan membuat penderitanya tidak mungkin gemuk.

Loading...

Baca juga: Susah Gemuk Apa Solusinya? Coba Makan Makanan Penggemuk Badan Ini

2. Cacingan

Termasuk jenis penyakit yang menyebabkan tidak bisa gemuk yaitu cacingan. Umumnya penyakit cacingan ini terjadi pada anak-anak dan pada beberapa kasus juga bisa terjadi pada orang dewasa. Dengan kondisi susah gemuk karena penyakit cacingan ini maka solusinya yaitu mengobatinya hingga sembuh. Seperti diketahui bahwa cacingan menjadikan penderitanya mengalami nafsu makan berkurang sehingga makan menjadi susah seperti yang dialami anak-anak. Untuk pencegahan penyakit cacing ini maka sangat dianjurkan untuk anak-anak tetap merutinkan minum obat cacing setiap 6 bulan sekali.

3. Tuberkulosis (TBC)

Penyakit yang membuat tidak bisa gemuk selanjutnya yaitu tuberkulosis. Penyakit yang disebabkan oleh basil Mycrobacterium tuberculosis bisa menjadikan penderitanya kurang nafsu makan. Dengan kurang nafsu makan maka akan mengalami susah makan yang berakibat pada kurangnya nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kurus yang disebabkan oleh penyakit TBC juga karena adanya perubahan pada metabolisme tubuh. Penyakit yang menyebabkan tidak bisa gemuk ini dikarenakan infeksi yang penyebarannya melalui udara dan air liur penderitannya.

4. Hipertiroid

Hipertiroid atau sering disebut gangguan pada kelenjar tiroid baik Hipertiroidisme dan hipotiroidisme adalah salah satu penyakit yang membuat badan tidak bisa gemuk. Pada Hipertiroid kelenjar tiroid sangat aktif yang kemudian memproduksi hormon tiroksin yang berlebih. Akibatnya, hormon tiroksin dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh yang mengakibatkan penurunan berat badan hingga badan menjadi kurus. Begitu juga pada penderita hipotiroid hormon tiroksin diproduksi oleh tubuh dalam jumlah yang kurang atau sedikit. Kondisi ini pun menyebabkan terganggunya sistem metabolisme tubuh yang menjadikan penurunan berat tubuh dan kurus. Penyakit yang termasuk jenis penyakit yang menyebabkan tidak bisa gemuk ini ditandai dengan gejala seperti tangan yang mudah gemetar serta tidak tahan terhadap udara yang panas.

Itulah jenis penyakit yang menyebabkan tidak bisa gemuk. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, salam sehat!!

Baca juga: Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk dan Cara Mengatasinya

Loading...

Leave a Comment