Penyebab amandel dan pencegahannya

Waspadai Penyebab Amandel dan Cara Mencegahnya yang Ampuh

Waspadai penyebab amandel dan cara mencegahnya yang ampuh. Sebagian besar masalah amandel (tonsilitis) disebabkan oleh virus dan bakteri. Penularan bakteri dan virus bisa terjadi melalui kontak langsung. Misalnya, Anda tanpa sengaja menghirup butiran bersin atau batuk yang dikeluarkan oleh penderita radang amandel.

Loading...

Selain itu, bisa juga dengan tanpa sengaja memegang permukaan benda yang telah terkontiminasi virus atau bakteri, kemudian Anda memegang hidung atau mulut Anda. Bakteri yang menjadi penyebab radang amandel umumnya berasal dari kelompok streptococcus.

Penyebab Amandel Pada Anak Anak Dan Pencegahannya

Penyebab amandel dan pencegahannya

Anak-anak berusia pra sekolah hingga berusia pertengahan remaja lebih beresiko terkena radang amandel (tonsilitis). Karena pada umur tersebut, interaksi dengan teman sebaya cukup tinggi, sehingga peluang untuk terkena virus dan bakteri sangat tinggi pula.

Pada kasus radang amandel, biasanya akan sembuh sendiri dalam kurun waktu seminggu. Tidak ada obat untuk mengatasi masalah ini. Namun, Anda bisa meringankan radang amandel sendiri di rumah. Sebagai contohnya dengan menggunakan obat yang mengadung paracetamol, aspirin atau ibuprofen yang banyak dijual di apotik.

Loading...

Sebaiknya penggunaan aspirin tidak diberikan pada anak anak yang masih berumur dibawah 16 tahun. Pastikan Anda membaca dengan teliti aturan minum dan petunjuk dosis yang tertulis pada kemasannya. Jika Anda ragu dalam pemakaiannya, Anda bisa bertanya pada dokter. Pemakaian obat sesuai dengan dosis yang tertera akan menghindarkan Anak mengalami efeksamping dari obat dan overdosis. Sumber informasi ALODOKTER

Penyebab Amandel Yang Sering Terjadi Dan Cara Mencegahnya

Penyebab radang amandel bisa disebabkan oleh kebiasaan atau perilaku dalam sehari-hari, berikut ini kebiasaan yang bisa menyebabkan masalah amandel:

Baca juga: Cara Mengobati Radang Amandel Secara Alami Cepat Tanpa Operasi

  • Sering dan banyak mengkonsumsi makanan pedas
  • Mengkonsumsi makanan yang berminyak
  • Tidak memperhatikan kebersihan alat-alat makan seperti sendok, piring atau gelas
  • Jarang mengkonsumsi Air putih
  • Kurang asupan vitamin C yang cukup
  • Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia, seperti pemutih dan pewarna buatan.
  • Banyak dan sering minum Es

Cara Mencegah Amandel

Penyebab amandel bisa disebabkan oleh kebiasaan kurang sehat Anda. Untuk mencegahnya pun, Anda bisa lakukan kebiasaan sehat sebagai berikut:

1. Menjaga kebersihan tangan

Cucilah tangan Anda setelah melakukan aktivitas apa pun. Hal ini juga berlaku dalam pencegahan amandel pada anak anak. Gunakan sabun antiseptik dalam mencuci tangan.

2. Jauhkan dari penderita amandel

Cara yang efektif untuk mencegah Anda terkena radang amandel yaitu dengan menghindari penderita amandel. Dengan adanya kontak langsung seperti bersin atau memegang sesuatu yang dipegang penderita, maka risiko terkontaminasi bakteri atau virus penyebab amandel akan sangat tinggi.

3. Menjaga asupan makan

Dengan menjaga dan memperhatikan makanan yang dikonsumsi akan mencegah amandel. Kandungan gizi dan antioksidan pada buah dan sayur sangat dianjurkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah untuk amandel antara lain, jeruk nipis, nanas, mengkudu dan lainnya. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur berguna untuk mencegah terkena serangan virus atau bakteri. Buah yang mengandung vitamin C tinggi sangat baik untuk mencegah Anda dari risiko terkena amandel, buah yang mengandung vitamin c seperti jeruk dan lain sebagainya.

4. Berkumur dengan air garam

Cara mencegah amandel dengan mudah yaitu minum air garam. Jika Anda merasakan gejala amandel, seperti pusing, demam, dan terasa sakit saat menelan dan amandel terasa membesar, secepatnya minum campuran air dan garam.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab amandel dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menyembuhkan Amandel Dengan Cepat Secara Alami

 

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *