Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk dan Cara Mengatasinya

Penyebab badan kurus susah gemuk dan cara mengatasinya.  Tubuh berisi dan ideal menjadi dambaan setiap orang baik pria maupun wanita. Badan disebut proporsional, apabila badan tersebut tidak terlalu gemuk dan juga tidak terlalu kurus. Memiliki badan kurus akan rentan terhadap penyakit, mengurangi rasa percaya diri, bahkan menjadi bahan ejekan teman. Oleh karena itu, Jika Anda memiliki tubuh kecil, kurus harus segera diatasi.

Loading...

Bahaya memiliki badan yang terlalu kurus memang jarang dibahas. Karena informasi kesehatan hanya memberitahukan tentang bahaya obesitas atau kegemukan. Padahal sama halnya dengan badan gemuk, Ternyata berat badan kurang atau di bawah angka normal juga memiliki bahaya pada kesehatan. Diantaranya bahaya badan kurus yaitu, penyakit paru-paru, penyakit gagal jantung atau kardiovaskular dan lain-lain.

Beberapa faktor yang berkaitan dengan badan kurus antara lain karena asupan gizi yang tidak seimbang dan tidak sehat, penggunaan narkoba, mengkonsumsi alkohol secara terus menerus, merokok dan gangguan mental seperti anoreksia atau bulimia, dan masih banyak lagi. Cara untuk menghindari bahaya badan kurus adalah segera mengatasinya. Cara mengatasi kurus bisa dilakukan dengan mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan teratur berolahraga, serta menjauhi pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol dan narkoba.

Penyebab Badan Kurus dan Susah Gemuk

Ada banyak faktor yang berkaitan dengan seseorang mengalami badan kurus dan susah gemuk. Berikut ini adalah informasi lengkap penyebab badan terlalu kurus, yaitu:

Penyebab badan kurus
Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk dan Cara Mengatasinya | Gambar : Alodokter.com

Kurang Gizi

Loading...

Kurang pemenuhan asupan gizi yang seimbang adalah penyebab yang banyak di alami di masyarakat. Seseorang akan cenderung mengalami badan kurus manakala kebutuhan gizi tidak tercukupi. Hal ini berhubungan dengan apa yang dikonsumsi. Makan makanan dengan kendungan gizi yang seimbang sebagai salah satu cara untuk mengatasi badan kurus.

Tidak Sehat

Orang yang memiliki badan kurus dan susah gemuk menandakan adanya penyakit atau menandakan seseorang itu kurang sehat. Dengan adanya suatu penyakit bisa menyebabkan seseorang tersebut mengalami badan kurus dan susah untuk gemuk.

Kekurangan Nutrisi

Selain kekurangan gizi seimbang, kekurangan nutrisi merupakan salah satu faktor penyebab badan kurus dan susah gemuk. Meskipun banyak kasus yang terjadi, seseorang banyak makan tapi badannya kurus. Makan banyak tidak menjadikan terhindar dari keadaan kurus, karena makanan yang dikonsumsi tidak memenuhi kandungan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Bagi Anda yang menginginkan berat badan ideal maka konsumsilah makan yang memiliki kadar nutrisi yang baik dan cukup.

Kurang Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas penting yang mendukung kesehatan tubuh. Saat tubuh sehat maka tidak mudah sakit. Berolahraga akan meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kinerja organ-organ penting dalam tubuh. Saat orang jarang melakukan olahraga, maka tubuh akan mudah sakit dan sistem kinerja organ penting tubuh menjadi kurang, akibatnya tubuh mengalami kurus.

Keturunan (Genetis)

Faktor keturunan juga bisa menjadikan orang itu kurus. Penyebab badan kurus karena keturunan ini tidak bisa diatasi dengan cara apa pun. Seorang anak akan cenderung memiliki tubuh kecil dan kurus, jika kedua atau salah satu dari orang tuanya memiliki perawakan kurus juga.

Stres

Baca juga: Cara Menggemukkan Badan Secara Alami Dengan Ramuan Tradisional

Orang yang sering mengalami stres akan berpeluang lebih banyak memiliki tubuh kurus dan susah gemuk dibandingkan yang nyaman pikirannya. Dampak stres yang sering terjadi adalah menurunnya nafsu makan, yang disertai dengan beban pikiran. Hal inilah yang menyebabkan badan menjadi kurus dan susah gemuk. Tidak hanya stres saja, depresi pun bisa menyebabkan badan kurus kering. Untuk solusinya adalah dengan mengatasi stres dan pola makan dan hidup sehat.

Alkohol dan Narkoba

Minum alkohol secara terus menerus akan mengakibatkan badan kurus kering. Alkohol bisa menyebabkan seseorang akan terganggu kesehatannya. Selain itu penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang merupakan salah satu penyebab paling ganas menjadikan badan seseorang habis hingga menjadi kurus kering dan sakit-sakitan. Kedua pola hidup yang tidak sehat ini, tidak hanya menyebabkan badan menjadi kurus, namun juga penyakit. Bahkan untuk pemakai narkoba bisa menyebabkan kematian.

Penyakit

Penyakit juga bisa menyebabkan badan Anda menjadi kurus. Ada beberapa penyakit yang tidak segera diobati maka akan menjadi penyebab badan menjadi kurus. Penyakit yang menjadi penyebab badan kurus Antara lain, Diare, maag, asma dan sembelit.

Begadang

Kebiasaan begadang yang sering dilakukan akan menyebabkan badan menjadi mudah kurus. Orang yang sering begadang cenderung memiliki badan kurus, dan kurang sehat. hal ini disebabkan kurangnya waktu istirahat atau tidur. Pada umumnya yang terjadi, manakala seseorang kurang tidur maka tubuh menjadi tidak sehat dan kurang nafsu makan.

Merokok

Merokok banyak dampak negatifnya, dari mulai penyakit seperti kanker, penyakit jantung dan gangguan pernapasan. Selain itu kebiasaan merokok menjadikan seseorang susah gemuk dan menjadi kurus. Apalagi kebiasaan merokok ditambah dengan kebiasaan begadang maka badan akan menjadi sangat kurus dan susah gemuknya.

Cara Mengatasi Badan Kurus Agar Gemuk

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi badan kurus yaitu dengan cara menggemukkan badan atau menambah berat badan. Perlu diingat sebelumnya, untuk mendapatkan badan ideal dengan berat badan yang proporsional yaitu dengan menghindari semua penyebab badan kurus dan susah gemuk tersebut di atas, kecuali faktor keturunan. Selanjutnya Anda bisa lakukan cara untuk menggemukkan badan di bawah ini:

  • Berolahraga. Lakukan olahraga dengan rutin dan teratur minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Perlu Anda ketahui lakukanlah olahraga sesuai dengan kadarnya. Jangan terlalu memaksakan tenaga Anda untuk olahraga yang berat. Dengan joging setiap hari bisa menjadi cara efektif menambah berat badan. Jika Anda terlalu sering berolahraga maka akibatnya malah kurang bagus, tenaga menjadi terkuras, makan menjadi kurang nafsu. Maka bukan menambah bobot tubuh malah sebaliknya badan menjadi kurus dan susah gemuk.
  • Perhatikan konsumsi makanan. Untuk menambah bobot atau berat badan agar tidak kurus, Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang yaitu 4 sehat lima sempurna dan jangan lupa untuk perbanyak minum air putih.
  • Tidur yang cukup. istirahat yang cukup dengan tidur malam 8 jam akan membantu Anda menaikkan bobot tubuh. Hindari begadang. Lakukan tidur yang cukup pada malam hari dan kerjakan olahraga pagi setiap hari merupakan cara yang efektif untuk mengatasi badan kurus dan susah gemuk.
  • Hindari stres serta minum susu setiap hari. Jika ingin ngemil untuk usaha menaikkan berat badan, Anda bisa makan cemilan yang sehat dan jauhkan makanan junk food.

Nah, itulah cara untuk mengatasi badan kurus dan susah gemuk. Penting juga untuk Anda ketahui, mengatasi badan kurus sangat penting. Badan kurus akan menyebabkan banyak masalah kesehatan. Dengan keadaan badan yang terlalu kurus seseorang akan mudah terkena risiko penyakit. Berikut ini adalah jenis penyakit yang dapat menyerang orang yang memiliki badan terlalu kurus yaitu, risiko patah tulang, gangguan jantung, depresi, risiko keguguran pada ibu hamil dan penyakit paru-paru. Maka jika Anda memiliki berat badan kurang atau badan yang kurus maka segeralah untuk diatasi dengan cara tersebut di atas. Demikianlah pembahasan tentang Penyebab Badan Kurus Susah Gemuk dan Cara Mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semuanya dan salam sehat!!

Baca juga: Obat Ramuan Penambah Berat Badan Tradisional Alami dengan Cepat

Loading...

Leave a Comment