6 Penyebab Diet Gagal yang Harus Anda Ketahui, Apa Saja?

Penyebab diet gagal yang harus Anda Ketahui, apa saja?.  Diet merupakan cara menurunkan berat badan yang paling sering dilakukan wanita dan pria. Tak sedikit setelah sekian lama menjalankan diet namun berat badan tak juga turun padahal sudah menghindari makanan pantangan diet, mengurangi porsi makan dan tidak ngemil. Lantas apa penyebab gagalnya diet tersebut?.

Ada penyebab diet gagal yang Anda lakukan dan itu tanpa disadari atau memang ketidaktahuan. Kegagalan program diet tidak hanya disebabkan oleh pola makan saja. Anda sudah tidak makan makanan pantangan dan menghindari ngemil maka diet akan berhasil. Tak ada jaminan soal itu, namun kebiasaaan yang tidak Anda sadari kadang menjadi pemicu kegagalan diet yang tengah dilakukan. Oleh karenanya penting untuk Anda ketahui kebiasaan yang bisa menjadi penyebab diet gagal selama ini. Apa saja penyebab itu?. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Diet Gagal, Mungkin Kebiasaan Ini Telah Anda Lakukan

Kebanyakan kegagalan diet yang dialami karena ketidaktahuan cara diet yang tepat dan benar. Disamping itu, penyebab lain gagalnya diet karena melakukan kebiasaan yang sebenarnya kebiasaan tersebut berakibat berat badan susah diturunkan. Agar lebih tahu berikut ini kesalahan-kesalahan yang menjadi penyebab diet gagal Anda, yaitu:

1. Mengutamakan Konsumsi Protein

Makanan yang mengandung protein memang bagus untuk membantu diet menurunkan berat badan. Namun jangan lupakan konsumsi makanan yang banyak mengandung serat tinggi seperti sayur dan buah-buahan. Jadi boleh Anda mengkonsumsi maknan yang berprotein namun penting juga diperhatikan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran. Perlu diingat juga bahwa tidak semua makanan baik untuk diet. Agar lebih jelas penyebab diet gagal yang disebabkan makanan silahkan dibaca artikel dibawah ini.

Baca juga: 6 Jenis Makanan Pantangan Diet yang Wajib Dihindari Selama Diet

2. Stress

Pikiran yang tenang dan keadaan yang nyaman ternyata mendukung program menurunkan berat badan. Jika saat diet sering mengalami beban pikiran atau diet maka bisa menjadi gagal. Menurut penelitian bahwa orang yang sedang stres akan makan lebih banyak dari biasanya. Dengan kondisi tersebut maka tak akan berhasil diet yang dilakukan dengan pikiran stress dan selera makan lebih besar dari biasanya. Oleh karena itu diantara penyebab diet gagal salah satunya adalah stress.

3. Tidak Sarapan

Penyebab diet gagal yang mungkin tidak Anda sadari yaitu melewatkan sarapan. Dengan tidak sarapan maka seseorang akan dipaksa makan banyak saat makan siang. Alih-alih ingin mengurangi berat badan malah hasilnya sebaliknya berat badan tidak turun justru naik. Diet bukan berarti mengurangi jatah makan dan tersiksa dengan makan yang dibatasi. Oleh karenanya tetap jangan lupakan sarapan, Anda bisa mengkonsumsi olahan telur atau jus buah untuk sarapan selama diet.

4. Kurang Tidur

Kebiasaan yang mungkin tidak Anda sadari padahal termasuk penyebab diet gagal adalah kurang tidur. Kurang tidur akan berpengaruh pada metabolisme tubuh yang nantinya berpengaruh pada tingkat kelaparan. Anda akan mudah lapar jika kurang istirahat malam, oleh sebab itu maka jaga pola tidur sehat selama menjalankan diet. Usahakan tidur secara teratur sesuai jam tidur Anda. Jika Anda terbiasa tidur jam 10 malam maka ubah menjadi jam 9 malam. Intinya, buat tidur lebih awal.

5. Tidak Bervariasi Asupan Makanan

Salah satu penyebab diet gagal selanjutnya yaitu konsumsi pada satu jenis makanan. Perlu dipahami dengan fokus mengkonsumsi makanan tertentu seperti hanya makan makanan yang mengandung protein dan kaya lemak saja, itu juga tidak benar. Diet juga harus memperhatikan makan yang memiliki nilai kalori yang bervariasi atau berbeda-beda. Hal ini dilakukan agar metabolisme tubuh menjadi baik dan optimal. Dengan keadaan metabolisme tubuh yang baik maka akan berpengaruh pada turunnya berat badan dengan mudah.

6. Tidak Konsisten

Kesalahan yang paling umum dan sering dilakukan yang juga menjadi penyebab kegagalan diet adalah kurang konsisten. Memiliki sikap konsisten dari awal diet sampai berhasil harus dimiliki jika ingin menurunkan berat badan. Banyak orang melakukan diet namun hanya semangat diawal saja, hal ini membuktikan kurang konsisten. Semakin lama semakin malas dan kurang dapat mengatur program dietnya dan akhirnya menjadi salah satu penyebab diet gagal dan gagal. Perlu Anda siapkan mental untuk memulai diet agar jangan sampai belum berhasil namun sudah tak memiliki semangat dan diet pun sekedarnya saja dilakukan.

Demikianlah ulasan tentang beberapa penyebab gagal diet yang tanpa disadari Anda lakukan. Semoga bahasan tadi dapat bermanfaat dan sekaligus mengingatkan kembali bagaimana cara diet yang benar agar tidak selalu gagal. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Makanan Diet Sehat Untuk Mengurangi Nafsu Makan dengan Cepat

Loading...

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali