Penyebab, Gejala Mata Lelah dan Cara Mengatasi Mata Lelah

Penyebab, gejala mata lelah dan cara mengatasi mata lelah. Bukan hanya badan saja yang mengalami lelah, Namun lelah bisa dialami oleh mata. Saat Anda banyak menghabiskan banyak waktu melihat layar komputer atau membaca buku, maka energi mata akan terkuras. Mata yang lelah akan mengganggu aktivitas Anda, seperti kurang fokus pada penglihatan.

Loading...

Pengertian mata lelah adalah Kondisi mata yang mengalami kelelahan yang disebabkan oleh aktivitas sehari-hari. Seperti, Bekerja di depan komputer, mengemudi, membaca buku dan lain sebagainya. Selain itu, penyebab mata lelah bisa karena stres. Sangat penting bagi Anda untuk mengistirahatkan mata untuk menjadi lebih ringan.

Mata lelah adalah kondisi yang umum terjadi dan hal ini sangat menjengkelkan. Gejala yang dapat dirasakan saat mengalami mata lelah antara lain, gatal, lelah dan perih seperti terbakar. Dengan Anda mengetahui penyebab dan gejala mata lelah maka Anda akan lebih mudah untuk mengobatinya.

Penyebab Mata Lelah

Penyebab, Gejala Mata Lelah dan Cara Mengatasi Mata Lelah
Sumber Gambar: Eye Strain SymptomsPenyebab, Gejala Mata Lelah dan Cara Mengatasi Mata Lelah

1. Aktivitas di Depan Komputer

Loading...

Berlama-lama di depan monitor komputer dapat mengakibatkan mata lelah. Menatap secara terus menerus pada layar komputer mengakibatkan ketegangan pada otot mata, dan bila terjadi pada waktu yang lama maka mata menjadi lelah.

2. Membaca Buku

Kegiatan membaca juga termasuk penyebab mata lelah. Masalah yang umum terjadi pada seseorang yang suka membaca adalah terlalu asik dengan apa yang dibaca, sehingga lupa waktu. Membaca dengan waktu yang lama dan berlebihan dapat menyebabkan kelelahan mata. Apalagi membaca pada ruangan yang minim penerangan, maka mata akan lebih mudah lelah. Ini karena cahaya yang redup akan lebih menguras energi mata dan kontraksi mata yang lebih dibandingkan membaca pada tempat yang terang.

3. Kurang Tidur

Kebiasaan begadang adalah pola hidup yang tidak sehat. Begadang akan mengurangi waktu istirahat. setelah seharian bekerja dan malam masih begadang akan menyebabkan mata  lelah. Tidak hanya itu saja, Orang yang tidak cukup jam istirahatnya maka menyebabkan tubuh lemas dan mudah terserang penyakit.

4. Kurang Minum

Kurang asupan air minum juga bisa menyebabkan mata lelah. Selain kurang minum penyebab mata lelah adalah kurang asupan vitamin B12, vitamin D dan vitamin K.

5. Konsentrasi Mata

Baca juga: Cara Menghilangkan Mata Bengkak Dengan Cepat Sesuai Penyebabnya

Konsentrasi pada layar komputer dengan jarak yang dekat dalam waktu yang lama akan mengakibatkan mata mudah lelah. Selain layar monitor komputer, kebiasaan membaca jarak dekat dan menonton tv.

Gejala Mata Lelah

Ada beberapa gejala mata lelah yang bisa dirasakan seseorang, yaitu:

  • Gatal, pada saat mata lelah biasanya seseorang akan mengalami mata yang gatal.
  • Mata panas.
  • Mengantuk.
  • Mata merah.
  • Sakit mata atau iritasi.
  • Kesulitan fokus.
  • Sensitif pada cahaya.
  • Mata kering.

Cara Mengatasi Mata Lelah

Mata lelah tidak termasuk masalah yang serius. Namun demikian, Mata lelah bisa menyebabkan kurang konsentrasi dan stres. Maka masalah mata lelah sebaiknya segera diobati. Jika dibiarkan berlama-lama tanpa pengobatan tentu kesehatan mata akan terganggu, seperti pandangan kurang jelas atau penglihatan kabur.

Ada banyak cara mengobati mata lelah, diantaranya:

  • Istirahatkan mata. Jika menggunakan komputer dalam pekerjaan Anda, maka luangkan waktu untuk istirahat. Tinggalkan tempat anda dengan kelaur atau melihat-lihat sekitar Anda.
  • Minum teh. Kandungan kafein pada teh dipercaya akan memberi efek tenang pada mata. Maka buatlah teh untuk mengatasi mata lelah Anda.
  • Celupkan kapas ke dalam susu dingin. Kemudian pejamkan mata dan tempelkan kapas tersebut pada mata Anda.
  • Ambil mentimun dan potong tipis. Tempelkan pada mata. Lakukan ini dengan keadaan berbaring dan mata terpejam.
  • Mencuci muka. Lakukan cuci muka jika Anda mengalami mata lelah dengan menggunakan air dingin. Air dingin akan membantu meringankan masalah kelelahan mata Anda.
  • Celupkan kapas pada air mawar. Kemudian pejamkan mata dan tempelkan pada mata kapas tersebut.

Cara Mengatasi Mata Lelah Secara Alami

Selain cara diatas, Anda bisa lakukan cara mengobati mata lelah dengan cara berikut ini:

1. Sendok Dingin.
Anda bisa mengatasi mata lelah dengan menggunakan sendok. Caranya cukup mudah yaitu dengan meletakkan sendok di dalam kulkas selama beberapa menit hingga dingin. Setelah dingin tempelkan sendok pada kelopak mata. Maka mata lelah akan kembali fresh.

2. Menggunakan Kentang Dan Stroberi

Cara mengobati mata lelah bisa dilakukan dengan menempelkan irisan kentang atau stroberi pada mata. Caranya, potong atau iris kentang/ stroberi lalu tempelkan pada kelopak mata, diamkan beberapa menit. Maka mata lelah akan teratasi.

3. Memijat Mata

Sebelum tidur pijatlah kelopak mata Anda dengan lembut. Pijat melingkar selama 2 sampai 3 menit. hal ini akan mengendurkan otot mata yang tegang sehingga mata kembali segar.

Demikianlah informasi tentang penyebab, gejala dan cara mengatasi mata lelah. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Tips Cara Menjaga Kesehatan Mata Dengan Cara Alami

 

Loading...

1 thought on “Penyebab, Gejala Mata Lelah dan Cara Mengatasi Mata Lelah”

Leave a Comment