10 Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Penyebab jerawat di pipi dan cara mengatasinya secara alami. Memiliki jerawat pada area wajah memang membuat banyak pria dan wanita merasa minder. Biasanya jerawat di daerah wajah timbul di dahi (jidat), pipi, hidung dan sekitarnya. Namun yang paling umum jerawat timbul di pipi kanan atau kiri. Penyebab jerawat sendiri pada umumnya sama, salah satunya kurang menjaga kebersihan kulit wajah. Bahkan bisa juga disebabkan oleh makanan. Makanan penyebab jerawat tersebut adalah makanan yang banyak mengandung gula atau susu.

Loading...

Apa saja sebenarnya penyebab jerawat di pipi?. Memang banyak faktor yang menjadikan timbulnya jerawat dibagian pipi. Selain makanan dan kurangnya memperhatikan kebersihan wajah, menurut beberapa ahli kesehatan kulit menyebutkan faktor jerawat di area wajah seperti dahi, sekitar hidung dan pipi disebabkan oleh hormon. Hormon termasuk pemicu jerawat yang paling sering dialami. Seperti hormon libido yang menjadi penyebab jerawat pada pria dan wanita. Bahkan hormon pada saat pubertas juga menjadi salah satu penyebab jerawat di pipi pria dan wanita.

Beberapa Penyebab Jerawat di Pipi dan Cara Mengatasinya

penyebab jerawat di pipi

Timbulnya jerawat baik yang jenis jerawat batu atau jerawat pasir (jerawat kecil) di pipi memberi dampak psikologi yaitu mengurangi rasa percaya diri. Mereka yang memiliki jerawat di daerah wajah khususnya pipi merasa sangat terganggu saat harus berinteraksi dengan orang lain. Tak jarang mereka berupaya keras untuk menghilangkannya dengan segala cara. Untuk mencegah jerawat di pipi timbul kembali setelah diobati, Anda perlu mengetahui macam-macam penyebab jerawat pada pipi tersebut dan cara menghilangkannya. Berikut ini penyebab-penyebab jerawat di pipi, yaitu:

1. Kulit Wajah Berminyak

Loading...

Kulit berminyak merupakan salah satu penyebab jerawat di pipi kanan atau kiri. Mempunyai jenis kulit wajah yang berminyak sangat mudah menimbulkan masalah komedo dan jerawat. Minyak kulit wajah berlebih akan menyumbat pori dengan adanya kotoran debu dan lainnya. Sehingga muncul komedo dan jerawat. Cara mencegah jerawat yang disebabkan oleh kulit wajah berminyak yaitu dengan rajin dan teratur membersihkan muka menggunakan sabun wajah yang khusus untuk wajah berminyak.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dalam Waktu Singkat Secara Alami

2. penggunaan Obat Tertentu

Ada beberapa obat yang bisa menjadi penyebab jerawat di pipi, seperti pil KB. Tidak sedikit wanita yang minum pil KB mengalami jerawat, sebab pil tersebut bisa memicu hadirnya jerawat di wajah seperti pipi. Untuk mencegah jerawat yang disebabkan oleh pil KB sebaiknya sebelum menggunakannya sebaiknya konsultasikan ke dokter.

3. Hormon Libido

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa penyebab jerawat di pipi bisa disebabkan karena hormon. Jenis hormon penyebab jerawat yaitu hormon libido. Hormon libido berkaitan dengan hormon dewasa, saat seseorang berusia dewasa dan ingin mengetahui hal-hal dewasa dan ketertarikan terhadap lawan jenis. Hormon libido berhubungan juga dengan masa-masa pubertas saat masa remaja berganti usia dewasa.

4. Banyak Mengkonsumsi Susu dan Gula

Timbulnya jerawat bisa dikarenakan oleh makanan. Jenis makanan penyebab jerawat diantaranya gula dan susu. Mengkonsumsi olahan gula dan susu secara berlebihan bisa memicu tumbuhnya jerawat di area wajah seperti pipi. Selain itu makan produk olahan susu dan gula secara berlebihan merupakan salah satu penyebab jerawat di pipi. Maka untuk mencegah masalah jerawat tersebut yaitu dengan menjaga atau mengontrol konsumsi susu dan gula setiap hari.

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Jeruk Nipis Secara cepat dan Ampuh

5. Pemakaian Kosmetik

Penggunaan kosmetik bagi wanita menjadi keharusan dan kebiasaan setiap hari. Memakai kosmetik bisa menjadi penyebab jerawat di pipi, Sebab sisa-sisa kosmetik yang tidak dibersihkan dengan benar akan menutupi pori-pori kulit wajah sehingga menyebabkan jerawat di pipi dan bagian wajah lainnya seperti dahi, dagu, dan di hidung. Untuk mencegah pemakaian kosmetik agar tidak menyebabkan jerawat yaitu lakukan membersihkan wajah sebelum tidur untuk menghilangkan sisa-sisa kosmetik.

6. Stres

Mengalami stres berpengaruh pada kesehatan, tak jarang penyakit-penyakit akan mudah menyerang karena sering mengalami stres. Tidak hanya itu saja, stres juga bisa menjadi penyebab jerawat di pipi. Stres yang berkepanjangan akan membuat kulit cenderung lebih berminyak dan kulit wajah akan memproduksi lebih banyak sebum atau minyak alami kulit. Hal tersebut akan mengendap dalam pori-pori kulit wajah dan menyebabkan komedo dan jerawat di pipi.

7. Menstruasi

Penyebab jerawat di pipi pada wanita salah satunya adalah masa menstruasi. Saat wanita mengalami haid sangat rentan terhadap jerawat. Pada umumnya jenis jerawat di pipi karena masa haid yaitu jerawat batu, dan apa penyebab jerawat batu ini adalah alamiah. Nah, untuk mengatasinya dengan menjaga pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang dibuat menjadi jus.

8. Kurang Menjaga Kebersihan Wajah

Faktor utama penyebab jerawat di pipi dan area lain di wajah seperti jidat dan hidung adalah kurang menjaga kebersihan kulit wajah. Banyak kotoran yang menempel pada kulit wajah kita, seperti debu, sisa kosmetik, minyak kulit dan lainnya. Jika kotoran-kotoran tersebut kurang diperhatikan dengan membersihkan kulit wajah yang benar dan rutin dilakukan setiap hari maka akan menimbulkan jerawat.

9. Kurang Menjaga Kebersihan Bantal

Sarung bantal yang lama di pakai dan jarang dicuci merupakan saran bakteri dan kuman. Jika itu dibiarkan maka saat kita tidur sarung bantal tersebut akan bersentuhan dengan pipi kanan dan kiri. Nah, untuk pencegahannya, yaitu dengan sering mengganti sarung bantal dan mencucinya dengan bersih. Minimal lakukan pergantian sarung bantal 3-4 kali dalam seminggu.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Pasta Gigi dan Efek Sampingnya

10. Handphone

Siapa sangka ternyata handphone atau ponsel bisa menjadi penyebab jerawat di pipi. Khususnya bagi para pengguna ponsel layar sentuh (Touch Screen). Memiliki ponsel android yang kebanyakan dengan teknologi layar sentuh membuat penggunannya bersentuhan dengan layar ponsel. Kurangnya menjaga kebersihan tangan khususnya jari akan menimbulkan masalah jerawat. Jari dan kuku mudah terkontaminasi bakteri dan bersentuhan dengan banyak hal yang bisa saja menjadi sarang bakteri. Saat menyentuh bisa dimungkinkan bakteri tersebut pindah pada layar ponsel dan saat menelpon atau menerima telpon pipi kanan atau kiri akan bersentuhan dengan layar tersebut. Nah, saat bersentuhan pipi dan layar ponsel itulah kuman atau bakteri penyebab jerawat bisa berpindah pada area wajah yang kemudian menyebabkan jerawat di pipi bagian kanan atau kiri Anda.

Cara Menghilangkan Jerawat di Pipi Secara Alami

Setelah mengetahui beberapa hal yang menjadi penyebab jerawat di pipi, penting untuk Anda mengetahui cara-cara untuk mengatasi jerawat di pipi tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan cara alami dan cepat. Berikut ini cara mengatasi jerawat di pipi, yaitu:

1. Es Batu

Cara menghilangkan jerawat di pipi yang pertama yaitu dengan memanfaatkan es batu. Jika Anda memiliki jerawat di pipi yang mungkin disebabkan oleh salah satu penyebab jerawat di pipi seperti wajah berminyak, Anda bisa menggunakan es batu. Berikut ini cara mengatasi jerawat di pipi dengan es batu, yaitu:

  • Siapkan bongkahan ukuran sedang es batu kemudian balut dengan menggunakan kain halus
  • Tempelkan kain tersebut ke pipi bagian kanan atau kiri yang terdapat jerawat
  • lakukan dengan berulang-ulang.
  • Dengan menggunakan kain berisi es batu tersebut akan membantu mengempeskan jerawat dan peradangannya.

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat dalam Sekejap

2. Jeruk Nipis

Jeruk nipis terkenal termasuk buah yang mengandung vitamin C yang memiliki antioksidan yang tinggi. Dengan memanfaatkan jeruk nipis untuk obat alami jerawat di pipi akan membantu menghilangkan jerawat tersebut. Cara mengatasi jerawat di pipi dengan jeruk nipis sangat mudah, yaitu:

  • Sediakan 1 buah jeruk nipis, kemudian cuci hingga bersih
  • Belah atau potong menjadi dua bagian kemudian peras dan ambil airnya
  • Oleskan air jeruk nipis tersebut pada pipi yang berjerawat
  • Diamkan selama 15 sampai 20 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.
  • Dengan rutin melakukan perawatan ini akan membantu menghilangkan jerawat di pipi yang dipicu oleh semua penyebab jerawat di pipi.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab jerawat di pipi dan cara mengatasinya dengan alami. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua, khususnya yang sedang mencari solusi menghilangkan jerawat di pipi. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bawang Putih Secara Alami

Loading...

Leave a Comment