Penyebab Mimisan Pada Anak Kecil dan Cara Mengatasinya dengan Cepat

Penyebab mimisan pada anak  kecil dan cara mengatasinya dengan cepat. Mimisan atau epistaksis tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Keluarnya darah dari hidung ini sering terjadi pada anak di usia 2 tahun hingg 10 tahun. Penyebabnya, karena pada usia tersebut pembuluh darah pada bagian hidung belum kuat. Mimisan pada anak berbahayakah?, masalah mimisan yang terjadi pada anak kecil tidak akan menimbulkan bahaya yang mengancam jiwa. Pada umumnya mimisan pada anak terjadi secara mendadak dan terjadi pada waktu yang singkat.

Loading...

Penyebab mimisan pada anak sangat banyak, salah satunya adalah karena trauma. Trauma ini meliputi karena hidung dikorek terlalu lama, karena benturan, dan semacamnya. Penyebab lain bisa dipicu adanya  penyakit seperti sinusitis dan masih banyak lainnya. Sangat penting peran orang tua untuk menjaga anaknya agar terhindar mimisan yaitu dengan cara pencegahan mimisan pada anak balita.

Cara Mencegah Mimisan Pada Anak

Langkah pencegahan mimisan bisa dilakukan dengan mudah, yaitu dengan menghindari anak dari hal-hal yang menjadi penyebab mimisan pada anak. Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang tepat untuk mencegah mimisan pada anak kecil antara lain:

  • Mencegah anak memasukkan benda asing ke dalam hidung.
  • Mengawasi anak agar tidak terjadi benturan dan mengajari si anak untuk tidak terlalu kencang menghembuskan nafas saat membuang ingus.
  • Menjaga kesehatan kuku tetap bersih dan tidak panjang agar terhindar dari luka pada hidung saat membersihkan kotoran hidung.

Penyebab Mimisan Pada Anak dan Cara Mengatasinya

penyebab mimisan pada anak
image: www.healthandwellbeingtips.net

Masalah mimisan anak ini bisa terjadi sewaktu-waktu, bahkan saat tidur. Jadi, keluarnya mimisan tersebut tidak bisa diprediksi. Penyebab mimisan pada anak saat tidur bisanya karena anak sedang mengalami flu atau keadaan yang ruangan yang lembab dan kering sehingga menjadikan hidung anak menjadi kering dan mudah iritasi dan terinfeksi. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui penyebab anak sering mimisan mendadak.

Loading...

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Anak dan Bayi Karena Flu

Berdasarkan lokasi atau tempat keluarnya darah mimisan dibagi menjadi dua jenis yaitu mimisan anterior yang terjadi pada bagian depan dan pasterior yang terjadi pada bagian belakang. Pada umumnya mimisan yang terjadi pada anak-anak adalah jenis anterior sehingga terbilang mudah untuk mengobatinya. Jenis pasterior atau pendarahan yang terjadi di bagian belakang hidung yaitu antara rongga mulut dan langit-langit mulut. Jenis pasterior ini lebih serius dengan ditandai keluar darah yang banyak dan dalam waktu yang lama dan biasanya terjadi pada orang dewasa.  Berikut ini adalah penyebab-penyebab mimisan pada anak, yaitu:

  • Terjadi Benturan yang menimbulkan cidera hidung
  • Mengorek hidung yang kemudian melukai dinding hidung
  • Kelembaban udara yang rendah
  • Udara kering dan dingin yang menjadikan kondisi kering sehingga sangat mudah terluka dan terinfeksi
  • Membuang ingus dengan hembusan nafas yang terlalu kencang
  • Penyakit sinusitis
  • Penggunaan obat-obatan pengecer darah dan obat pelega pernapasan yang berlebihan.

Mimisan pada anak kecil pada umumnya terjadi hanya beberapa detik, namun ada juga yang dialami beberapa menit. Meskipun cara mengatasi mimisan pada anak kecil bisa dilakukan dengan mudah, namun tetap perlu mewaspadai gejala mimisan serius pada anak. Mimisan pada anak yang perlu diwaspadai apabila waktu mimisan tersebut terjadi lebih dari 30 menit dan dialami oleh anak yang berusia di bawah 2 tahun. Selain itu, jangka waktu yang terlalu sering mimisan, mimisan terjadi disertai dengan pendarahan di bagian urin dan demam. Maka cara untuk menangani mimisan yang serius ini yaitu dengan segera memeriksakannya ke dokter.

Jika Anak Anda mengalami mimisan mendadak sebaiknya jangan panik dan lakukan beberapa langkah mudah sebagai cara mengatasi mimisan pada anak dengan benar, yaitu:

  • Duduk tegak dan jangan berbaring. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi tekanan pembuluh darah di hidung yang dapat menghentikan pendarahannya.
  • Condongkan tubuh ke depan sehingga darah  keluar lewat hidung dan mencegah darah masuk ke tenggorokan.
  • Keluarkan dan buang darah yang mengalir ke mulut yang bisa memicu mual dan muntah.
  • Setelah darah berhenti keluar, kompres hidung menggunakan es
  • Gunakan ibu jari dan telunjuk untuk menekan atau memencet hidung selama 10 menit dan bernafas dilakukan lewat mulut.

Cara mengobati mimisan pada anak juga bisa dilakukan secara tradisional, yaitu dengan menggunakan daun sirih yang dimasukkan ke dalam hidung. Daun sirih dipercaya mampu menghentikan pendarahan yang terjadi secara alami di hidung. Sebagai informasi mimisan pada anak akan hilang seiring bertambahnya usia, demikianlah pembahasan tentang penyebab mimisan pada anak dan cara mengatasinya dengan benar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua, khususnya yang anaknya sedang mengalami mimisan. Salam sehat!!

Baca juga: Penyakit TBC Pada Anak, Gejala dan Cara Mengatasinya Secara Alami

Loading...

Leave a Comment