penyebab nafas bau busuk

9 Penyebab Nafas Bau Busuk dan Cara Menghilangkannya Paling Ampuh

Penyebab nafas bau busuk dan cara menghilangkannya paling ampuh. Memiliki masalah nafas bau tak sedap atau sering orang menyebutnya dengan bau bangkai memang membuat kurang nyaman. Disamping itu, bau busuk saat bernafas dan berbicara membuat orang lain disekitarnya merasa terganggu dan bahkan menutup hidung mereka. Tentunya hal ini akan membuat rasa percaya diri dan sering menjadi masalah serius jika dialami oleh wanita terlebih lagi wanita.

Loading...

Pada umumnya penyebab nafas bau busuk berhubungan dengan dengan bau mulut yang diakibatkan kurang menjaga kebersihan gigi (menggosok gigi), gigi berlubang, penyakit kronis, makanan yang dikonsumsi dan masih banyak lainnya. Nah, jika Anda ingin mengatasi masalah nafas bau busuk seperti bau bangkai maka penting untuk mengetahui apa saja yang menjadi penyebab nafas bau busuk pada Anda. Untuk itu simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Macam-Macam Penyebab Nafas Bau Busuk dan Cara Menghilangkannya

Nafas bau busuk akan dirasakan oleh orang lain yang diajak ngobrol atau berbicara. Saat nafas yang keluar dari mulut atau hidung tercium seperti bangkai. Jika masalah nafas bau ini dibiarkan begitu saja maka tak akan hilang dengan sendirinya dan cenderung menjadi parah. Dengan kondisi nafas bau yang tidak sedap dan menyengat yang parah atau kebangetan aromanya tentu akan mengganggu orang lain. Maka tak heran mereka kadang menjauhi Anda saat berbicara dan merasa sungkan untuk ngobrol dengan Anda. Oleh karena itu, sebaiknya segera mencari solusi untuk mengatasi nafas bau yang tak sedap tersebut.

Sebelum kita kupas secara lengkap tentang cara mengatasi nafas bau tak sedap dan menyengat, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab nafas bau busuk yang harus diketahui, antara lain:

1. Kurang Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Menjaga kebersihan mulut dan gigi sangat penting dilakukan selain menjaga kesehata dan kebersihan gigi dan mulut, dengan membersihkan gigi akan mencegah timbulnya nafas berbau tak sedap. Kebiasaan kurang menjaga kebersihan gigi dan mulut seperti jarang gosok gigi merupakan penyebab nafas bau busuk dan bau mulut yang umum terjadi. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk merutinkan menggosok gigi secara rutin 2 kali sehari dengan cara yang benar.

Baca juga: 7 Cara Menjaga Kesehatan lidah Agar Terhindar dari Bau Mulut dan Kanker Lidah

Terkadang orang telah menyikat gigi secara rutin namun masih saja memiliki nafas bau tak sedap. Hal ini bisa saja diakibatkan karena cara menyikat gigi yang kurang tepat. Maka perhatikan saat menggosok gigi, lakukan menyikat pada semua gigi bagian dalam dan luar. Jangan lupa untuk membersihkan juga bagian lidah yang biasanya masih menempel sisa sisa makanan. Lakukan juga membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus gigi dan berkumur dengan penyegar mulut. Terakhir, periksakan gigi Anda secara rutin dan berkala setiap 6 bulan sekali.

2. Makanan

Makanan yang dikonsumsi bisa menjadi penyebab nafas bau busuk. Saat sisa sisa makanan itu kurang dibersihkan secara sempurna dan masih tersisa di sela gigi dan dilidah maka nafas yang keluar dari mulut akan terasa kurang sedap. Nafas bau akan bertambah parah manakala jenis makanan yang dikonsumsi memang memiliki bau menyengat seperti bawang, petai, jengkol dan lainnya. Maka penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi dan lakukan pembersihan mulut atau menggosok gigi dengan baik dan benar.

3. Infeksi Hidung

Adanya infeksi pada hidung seperti penyakit sinusitis yang parah merupakan salah satu penyebab nafas bau busuk. Nafas yang keluar dari dalam hidung akan terasa seperti bangkai dan menyengat. Untuk mengatasi masalah nafas bau busuk akibat adanya infeksi hidung maka harus menyembuhkan infeksinya dengan pemeriksaan intensif oleh dokter.

4. Infeksi Tenggorokan

Loading...

Saat Anda mengalami infeksi pada tenggorokan maka nafas yang keluar dari dalam mulut akan tak sedap dan tercium bau busuk. Sebut saja saat mengalami radang tenggorokan maka rongga tenggorokan akan terasa kering dan sakit dan udara yang keluar dari tenggorokan menjadi berbau. Untuk mengatasinya maka harus diobati terlebih dahulu infeksi tenggorokannya dengan menggunakan obat radang atau infeksi tenggorokan dari resep dokter.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Ampuh Tanpa ke Dokter

5. Merokok

Merokok termasuk penyebab nafas bau busuk maka sebaiknya Anda untuk mulai berhenti merokok untuk mengatasinya. Apalagi sudah menjadi perokok aktif kemudian kurang rajin menggosok gigi maka timbunan asap tembakau akan menjadikan warna kuning bahkan hitam pada gigi yang berbau menyengat. Selain itu asap rokok yang menempel pada gusi menjadikan gusi hitam dan berbau busuk dalam waktu yang lama.

6. Rongga Mulut yang Buruk

Kondisi rongga mulut yang buruk seperti mulut kering, gusi bengkak, gigi berlubang dan banyaknya karang gigi merupakan penyebab nafas bau busuk. Untuk mengatasi nafas bau tak sedap karena kondisi rongga mulut yang buruk tersebut maka dengan mengobati yang menjadi masalahnya seperti menyembuhkan gusi, atau menambal gigi berlubang tersebut. Disamping itu, rajinlah merawat kebersihan mulut dan gigi Anda.

7. Penyakit

Seperti yang telah disebutkan diatas tadi bahwa diantara penyebab nafas bau busuk yaitu adanya penyakit. Penyakit yang berpotensi membuat nafas menjadi kurang sedap dan berbau busuk antara lain, infeksi paru-paru, penyakit asam lambung, gangguan ginjal dan hati, dan penyakit diabetes. Untuk mengatasi nafas bau busuk akibat penyakit tersebut maka tentu dengan melakukan pengobatan secara teratur pada penyakitnya. Minimal mengurangi penyakit yang diderita agar tidak semakin parah. Lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat dengan penyakit diatas secara intensif.

8. Gigi Palsu

Penggunaan gigi palsu yang kurang dijaga kebersihannya atau menggunakan bahan yang kurang baik bisa menjadi penyebab nafas bau busuk. Tak sedikit yang merasakan bau tak sedap saat orang yang menggunakan gigi palsu berbicara. Oleh karena itu, untuk mengatasinya maka sebaiknya Anda gunakan gigi palsu yang bagus yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

9. Minuman Beralkohol

Minuman alkohol bisa menjadi penyebab nafas bau busuk seperti halnya asap rokok. Saat seseorang sering mengkonsumsi minuman alkohol maka mulut akan rentan dengan kondisi kering. Selain itu, zat alkohol yang menempel pada gigi dan rongga mulut yang menumpuk membuat bau yang tak sedap. Untuk mengatasi nafas bau karena minum alkohol maka ganti minuman Anda dengan yang lebih sehat dengan minum air putih atau berhenti minum alkohol.

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab nafas bau busuk dan menyengat maka berikut ini ada beberapa tips dan cara mengatasinya yang benar dan efektif, antara lain:

  • Membersihkan mulut dan gigi dengan teratur, lakukan menyikat gigi yang benar dan berkumur menggunakan penyegar mulut. Jangan lupa bersihkan sisa sisa makanan di sela gigi dengan benang gigi dan membersihkan lidah.
  • Perbanyak minum mineral atau air putih setiap hari, minimal Anda minum 8 gelas air putih.
  • Berkumur setelah makan juga merupakan cara mengatasi nafas bau busuk.
  • Berhenti merokok dan menjauhi minuman beralkohol.
  • Memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi secara berkala 6 bulan sekali.
  • Makan buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, melon dan lainnya.

Demikianlah ulasan tentang penyebab nafas bau busuk dan cara mengatasinya. Semoga info tadi bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda. Jika Ada pertanyaan atau ingin menambahkan info tentang penyebab lain dan cara menghilangkan nafas busuk yang lain yang belum disebutkan silahkan berkomentar. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Gigi Kuning dengan Cepat dan Mudah Secara Alami

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *