8 Penyebab Osteoporosis pada Pria dan Wanita Serta Pencegahannya

Penyebab osteoporosis pada pria dan wanita dan pencegahannya. Penyakit osteoporosis atau tulang keropos pada umum disebabkan oleh menurunnya kepadatan tulang karena bertambahnya usia. Disamping itu, Gejala penyakit osteoporosis ini terjadi karena kurangnya asupan kalsium, vitamin D dan faktor keturunan. Banyak pendapat yang salah pada osteoporosis bahwa wanita usia lanjut akan rawan terkena pengapuran tulang dibandingkan dengan pria. Namun kenyataannya pria yang berumur 50 tahun ke atas mempunyai resiko terkena osteoporosis juga sama dengan wanita.

Loading...

Penyebab osteoporosis pada wanita dan pria adalah sama yaitu oleh pola hidup yang kurang sehat dan faktor usia. Menurut data penelitian ada 2 juta orang Indonesia terkena penyakit tulang keropos atau pengapuran tulang. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa penyebab osteoporosis dan bagaimana penanganan yang tepat sebagai pencegahannya?. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Osteoporosis dan Cara Mencegahnya

penyebab osteoporosis

Seperti yang telah disampaikan diatas tadi bahwa faktor keturunan merupakan faktor penyebab gejala penyakit osteoporosis yang paling dominan yang dialami wanita dan pria. Selain itu masih ada  Beberapa penyebab osteoporosis  lain yang perlu diwaspadai agar terhindar dari penyakit tersebut, adalah sebagai berikut:

1.Usia

Loading...

Penyebab osteoporis yang umum terjadi yaitu dengan bertambahnya usia yang makin tua. Usia lanjut akan mempengaruhi semua sistem dalam tubuh termasuk sistem metabolisme. Sistem metabolisme yang kurang baik akan menyebabkan tulang keropos. Hal ini dikarenakan jumlah kalsium yang di lepas lebih banyak dibandingkan dengan jumlah yang diperoleh sehingga menyebabkan penipisan tulang dan tulang melemah. Oleh karena itu, cara pencegahan osteoporosis yaitu dengan mengkonsumsi cukup asupan kalsium saat usia makin bertambah.

2. Berkurangnya Hormon Testosteron

Kurangnya hormon testosteron merupakan penyebab osteoporosis pada pria. Bertambahnya usia seorang laki-laki akan mengurangi produksi hormon testosteron. Menurut survei pria usia diatas 50 tahun sangan berisiko mendapatkan penyakit osteoporosis.

3. Kurang Vitamin D

Kurang asupan makanan yang banyak mengandung vitamin D juga bisa menjadi penyebab osteoporosis. Vitamin D memegang peranan yang penting dalam pembentukan dan penguatan tulang sehat. Memenuhi kebutuhan vitamin D sebagai penanganan osteoporosis bisa dilakukan dengan berjemur pada pancaran sinar matahari di pagi hari. Selain itu, cara mencegah terjadinya gangguan osteoporosis yaitu dengan mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin D tinggi seperti pada buah-buahan.

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin D Tinggi dan Manfaatnya

4. Kurang Kalsium

Salah satu penyebab osteoporosis selanjutnya yaitu kurangnya pemenuhan asupan kalsium untuk tubuh. Pria  dan wanita tua dengan umur 50 tahun membutuhkan 1000 mg setiap harinya. Sumber terbaik mendapatkan kalsium adalah susu. Susu dengan kandungan kalsium yang tinggi akan membantu sel-sel tulang memperbaiki dan menjadikan lebih kuat.

Penanganan dan pencegahan osteoporosis yang baik yaitu dengan merutinkan minum susu tinggi kalsium. Selain susu, kandungan kalsium juga bisa didapat dari jus jeruk dan sereal. Cara mengobati osteoporosis yaitu dengan minum jus jeruk yang akan membantu memperkuat tulang dan mengurangi gejala penyakit osteoporosis. demikian pula dengan sereal, pilihlah jenis sereal dengan kandungan kalsium tinggi.

5. Jarang Olahraga

Tidak pernah atau jarang berolahraga menyebabkan seseorang akan mudah terkena gejala penyakit osteoporosis. Hal itu dikarenakan olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan  sebagai cara menghindari penyakit apa pun termasuk tulang keropos. Jarang melakukan olahraga termasuk salah satu penyebab osteoporosis pada wanita dan pria maka untuk penanganan osteoporosis tersebut yaitu dengan merutinkan olahraga seperti aerobik selama 30 menit setiap hari.

 6. Merokok

Merokok tidak hanya menyebabkan penyakit ganas yang mematikan seperti kanker ternyata kebiasaan merokok juga menjadi penyebab osteoporosis pada pria. Saat ini begitu banyak pria dengan umur 40an masih sebagai perokok aktif. Perlu Anda ketahui dengan merokok akan mengurangi kepadatan tulang dan tentunya keadaan tersebut menjadikan berisiko terhadap penyakit osteoporosis. Lantas, bagaimana cara mencegah terjadinya gangguan osteoporosis ini yaitu dengan berhentil merokok dan lakukan latihan seperti olahraga.

7. Minum Alkohol

Penyebab osteoporosis selanjutnya yaitu minum minuman yang mengandung alkohol. Memang alkohol sebenarnya bisa digunakan untuk pencegahan osteoporosis karena alkohol bisa memperkuat tulang. Namun jika minum banyak dan terus menerus maka yang diperoleh adalah sebaliknya. tulang menjadi rapuh dan keropos bahkan mudah patah.

8. Obat-obatan

Ternyata ada jenis obat yang bisa menjadi penyebab penyebab osteoporosis pada wanita dan pria. Berikut adalah obat-obatan yang mempunyai efek melemahkan tulang diantaranya yaitu obat depresi dan diabetes termasuk pemicu tulang rapuh. Obat maag dan kanker juga bisa berakibat terjadi pengeroposan tulang Anda. Untuk pencegahan osteoporosis karena obat yaitu Konsultasikan  terlebih dahulu ke dokter untuk menghindari gejala penyakit osteoporosis.

Itulah tadi beberapa penyebab osteoporosis pada wanita dan pria serta penanganan sekaligus pencegahannya. Semoga info tadi bisa bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Secara Alami Agar Tetap Sehat dan Kuat

Loading...

Leave a Comment