Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Penyebab penyakit asam urat.  Pengertian penyakit asam urat atau Gout adalah kondisi yang menyebabkan gejala nyeri yang tak tertahankan yang ditandai dengan pembengkakan dan rasa panas pada persendian. Umumnya asam urat menyerang pada sendi tangan, jari, kaki, lutut, jari kaki, dan pergelangan kaki. Serangan asam urat biasanya terjadi pada beberapa jam pertama. Rasa sakit bisa terjadi selama 3 sampai 10 hari. Gejala awal ditandai dengan pembengkakan yang terjadi pada sendi dan di daerah sekitar sendi yang disertai warna kulit yang memerah.

Loading...

Penderita asam urat pada tahap pembengkakan ini tidak mampu bergerak dengan leluasa. laki laki lebih cenderung rawan terkena asam urat dibandingkan dengan wanita. Pada perempuan biasanya bagi mereka yang berumur 30 tahun setelah menopause. Penyebab penyakit asam urat akibat penumpukan zat asam urat dan mengakibatkan rasa nyeri karena tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Diantara penyebab asam urat adalah dari pola makan yang kurang sehat. Orang yang sering mengonsumsi makanan yang menjadi penyebab asam urat meningkat. Diantaranya jeroan, hidangan sea food, dan daging merah. Selain itu, seseorang yang suka mengonsumsi minuman beralkohol akan memiliki peluang besar dan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Penyakit ini juga berisiko meyerang pada orang yang menderita diabetes, obesitas, hipertensi dan penyakit ginjal kronik.

Faktor keturunan juga bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit asam urat. Menurut penelitian mengungkapkan bahwa orang yang mempunyai keluarga penderita asam urat juga dapat terkena hal yang sama. Dengan kata lain penyakit asam urat ini bersifat genetik juga.

Tidak hanya itu saja. Faktor yang menyebabkan seseorang terserang penyakit asam urat. Ada 3 faktor penyebab penyakit asam urat yaitu pola makan, kegemukan dan suku bangsa. Di dunia, suku bangsa yang paling tinggi penderita asam uratnya adalah australia, yaitu pada orang maori. Sedang di indonesia penderita asam urat tertinggi pada penduduk pantai dan yang paling banyak terjadi di manado-minahasa karena kebiasaan dan pola makan ikan serta konsumsi alkohol.

Loading...

Makanan dan Minuman Penyebab Penyakit Asam Urat

Alkohol

Alkohol merupakan salah satu penyebab seseorang terkena penyakit asam urat. Alkohol bisa menyebabkan pembuangan asam urat lewat urine berkurang, sehingga asam uratnya tetap bertahan di dalam darah. Nah, hal inilah yang menjadi penyebab penyakit asam urat. Selain itu konsumsi ikan laut yang tinggi juga mengakibatkan asam urat.Asupan yang masuk ke tubuh juga mempengaruhi kadar asam urat dalam darah. Alkohol ditambah makanan yang mengandung purin tinggi akan diubah menjadi asam urat oleh tubuh.

penyebab penyakit asam urat
Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mengatasinya

 

Makanan Purin Tinggi

Makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, sea food, udang cumi, kerang, kepiting dan ikan teri. Makanan jenis tersebut juga bisa menjadi penyebab penyakit asam urat, jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Baca juga: 4 Cara Mengobati Asam Urat Dengan Herbal Terbukti Ampuh

Menurut hasil penelitian laboraturium, kadar asam urat terlalu tinggi, kita harus memperhatikan masalah makanan. Makanan dan minuman yang dikonsumsi apakah merupakan penyebab penyakit asam urat atau bukan. Selain itu hindari minuman beralkohol untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat.

Jenis Penyakit Penyebab Penyakit Asam Urat

Obesitas

Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik, sedang pengeluarannya sedikit. Hal tersebut menimbulkan terjadinya penumpukan asam urat dalam darah. Dengan berlangsung cukup lama timbunan asam urat pun menjadi tebal, maka seseorang akan terkena penyakit asam urat. Permasalahan berat badan merupakan faktor penyebab penyakit asam urat. Dimana berat badan sulit terkontrol dan terus naik, hal itu juga dibarengi dengan naiknya kadar asam urat dan akhirnya terserang penyakit asam urat.

Cara mengatasi asam urat pada orang gemuk adalah dengan menurunkan berat badan. Yang paling penting untuk diketahui adalah jika asam urat tinggi dalam darah, tanpa kita sadari akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal karena salurannya tersumbat. Tersumbatnya saringan ginjal akan menimbulkan batu ginjal, dan akhirnya bisa menyebabkan gagal ginjal.

Selain gagal ginjal, Asam urat merupakan faktor penyebab penyakit jantung koroner. hal ini dikarenakan kristal asam urat akan merusak endotel atau lapisan pembuluh darah bagian dalam. Karena itu, siapa pun yang kandungan asam uratnya tinggi harus berupaya untuk menurunkannya. Agar kerusakan tidak merembet ke organ-organ lainnya. Selain Obesitas penyakit lain yang menyebabkan asam urat yaitu hipertensi, diabetes,dan penyakit ginjal kronik.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah faktor utama penyebab kadar asam urat tinggi pada darah, yaitu:

  1. Jenis Kelamin. Pria cenderung memiliki resiko besar terkena penyakit asam urat dibandingkan perempuan. Hal ini disebabkan hormon estrogen pada wanita mampu mengendalikan dan menurunkan kadar asam urat dalam tubuh mereka serta membantu membuangnya melalui ginjal.
  2. Usia. Asam urat meningkat terjadi pada orang yang sudah berusia antara 40 sampai 5o tahun. Bahkan pada wanita umur 30 tahun bisa rentan terkena penyakit asam urat atau yang telah mengalami masa menopause. Penyakit asam urat jarang terjadi pada usia anak-anak dan remaja.
  3. Keturunan. Seseorang yang memiliki riwayat keluarga penderita asam urat dimungkinkan diturunkan pada ke generasi berikutnya. Hal ini menyebabkan mewariskan penyakit tersebut.
  4. Obat-obatan. Mengonsumsi obat-obatan jenis tertentu  juga berisiko meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.
  5. Konsumsi makanan manis juga bisa menyebabkan naiknya asam urat. Mengkonsumsi makanan yang mengandung fruktosa tinggi bisa mengakibatkan penyakit asam urat.
  6. Mandi malam. Ternyata mandi malam juga bisa mengakibatkan asam urat naik. Orang yang suka mandi pada malam hari akan berisiko mengidap penyakit asam urat juga.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab penyakit asam urat dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengobati Asam Urat Dengan Ramuan Herbal Alami

 

Loading...

2 thoughts on “Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mengatasinya”

  1. Wah…baru tau kalo kebiasaan mandi malam juga bisa meningkatkan resiko asam urat….makasih atas infonya mas prakasiwi😊…maaf baru mampir lagi dah lama gak liat liat kesini

Leave a Comment