10 Perubahan-Perubahan Tubuh Selama Kehamilan yang Terjadi pada Ibu Hamil

Perubahan-Perubahan Tubuh Selama Kehamilan pada umumnya dirasakan oleh ibu hamil pada saat hamil 1 minggu, 2 bulan, dan pada ibu hamil trimester 1, 2, dan 3. Tubuh mulai melakukan banyak perubahan dan penyesuaian diri untuk membantu pertumbuhan janin atau bayi selama kehamilan berkembang. Apalagi perubahan tubuh saat hamil muda beberapa perubahan tubuh tidak terasa atau tampak oleh ibu hamil. Ada beberapa perubahan tubuh saat hamil yang bisa mengganggu dan ada yang tidak mengganggu. Jika perubahan yang terjadi tersebut mengganggun dapat diatasi dengan memeriksakan ke dokter atau bidan Anda. Dan Perubahan tubuh yang terjadi selama kehamilan tersebut merupakan hal yang normal.

Loading...

Perubahan tubuh selama kehamilan Ada baiknya Anda mengetahuinya. Perubahan fisik selama masa hamil yang dialami oleh ibu hamil antara lain adalah pada kulit, rambut dan kuku, dan gigi serta gusi dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, Bagaimana dan seperti apa perubahan tubuh selama kehamilan yang akan terjadi saat Anda hamil?. simak lebih lanjut di bawah ini.

Perubahan-Perubahan Tubuh Selama Kehamilan

Dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai beberapa perubahan tubuh yang terjadi saat hamil yang umum dan biasanya dialami oleh ibu hamil

Perubahan Warna Kulit

Pada masa kehamilan, terjadi banyak perubahan pada kulit ibu hamil yang sangat berbeda antara wanita satu dengan wanita lainnya. Sebagian dari pertambahan darah yang mengalir ke kulit. Kulit wanita hamil akan lebih hangat dan sering mengalami berkeringat. Warna kulitpun menjadi agak gelap yang disebabkan karena meningkatnya pasokan darah. Perubahan tubuh selama kehamilan ini hampir semua ibu hamil mengalaminya. Tingkat perubahannya ini tergantung pada warna kulit asli Anda. Wanita berambut pirang, merah, dan merah tua yang berkulit pucat akan mengalami sedikit perubahan. Sedangkan wanita yang memiliki kulit kuning atau lebih gelap akan menjadi semakin gelap.

Loading...

perubahan tubuh selama kehamilan

Perubahan tubuh selama kehamilan juga dialami pada bagian pusar yang semakin gelap dan timbul keluar. Sebuah garis tipis yang memanjang ke bawah muncul di tengah perut. Garis ini akan memudar tidak lama setelah melahirkan dan akan hilang sama sekali beberapa bulan kemudian. Sebagian besar warna kulit akan kembali ke warna sebelumnya setelah melahirkan, kecuali pada area sekitar puting susu, genetalia dan perut Anda. Bila Wanita hamil mempunyai tanda hitam sebelum hamil pada kulitnya, misalnya tahi lalat, bintik-bintik atau bekas luka, akan menjadi lebih gelap pada saat hamil, apalagi saat terkena sinar matahari.

Mungkin ada juga semacam noda yang aneh bentuknya dan menjadi bertambah jelas oleh paparan sinar matahari. Ini semua juga akan hilang setelah Anda melahirkan. Stretch marks akan muncul di area payudara, perut, paha dan pantat pada sebagian wanita hamil. Perubahan tubuh selama kehamilan tersebut  ditandai oleh warna merah muda pada waktu hamil tetapi setelah Anda melahirkan, bentuknya mengecil dan berwarna keperakan. Pada wanita yang berkulit gelap stretch marks akan terlihat lebih jelas karena kontras warnanya dengan warna kulit.

Perubahan Rambut Dan Kuku

Perubahan tubuh selama kehamilan selanjutnya adalah perubahan pada rambut dan kuku. Keduanya merupakan dari bahan yang sama dan berbeda pada setiap wanita hamil. Rambut yang bergelombang bisa berubah menjadi lurus, sementara wanita berambut lurus bisa menjadi bergelombang. Dan perubahan ini bisa tetap setelah Anda melahirkan.

Banyak wanita saat hamil mengalami penebalan pada rambutnya, karena kerontokan jauh akan berkurang pada masa kehamilan. setelah Anda melahirkan, rambut yang tidak rontok itu, justru akan berguguran dan hal ini banyak membuat wanita khawatir. Kuku jari menjadi lebih kering dan pecah-pecah, namun akan kembali normal setelah Anda melahirkan. kuku yang kuat dan agak mengkilap di masa hamil akan berubah menjadi lebih rapuh sesudah melahirkan. itulah perubahan tubuh selama kehamilan yang terjadi pada rambut dan kuku ibu hamil.

Perubahan Pada Gigi Dan Gusi

Perubahan tubuh selama kehamilan yang terjadi pada gigi dan gusi. Gusi wanita hamil cenderung lunak. Hal ini bukan dikarenakan oleh bayi dalam kandungan, karena janin tidak mengambil kalsium dari gigi Anda. Namun beberapa hormon kehamilan menyebabkan gusi menjadi lebih lunak dan mudah terinfeksi. Rawatlah baik-baik gigi dan gusi Anda pada saat hamil. Sikatlah setiap hari sehabis makan, terutama setelah mengkonsumsi makanan yang manis dan lengket. Setelah mengetahui kehamilan Anda.

Baca juga: Olahraga Selama Kehamilan Yang Benar dan Baik Untuk Ibu Hamil

Dengan mengetahui perubahan tubuh selama kehamilan pada gusi tersebut, maka segerakan periksa kesehatan gigi Anda ke dokter gigi. Jika Anda membutuhkan perawatan gigi secara khusus. Dokter gigi akan tahu wanita hamil tidak boleh menjalani pemeriksaan dengan sinar x. Dan makanlah makanan yang kaya dengan vitamin dan kalsium, termasuk dengan produk-produk olahan susu.

Perubahan Tubuh Selama Kehamilan Yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil

Rasa Nyeri Pada Perut

perubahan tubuh selama kehamilan yang umum pertama adalah nyeri pada perut bagian bawah sudah umum terjadi pada saat hamil, terutama pada trimester 2. Paling umum umu rasa sakit yang terjadi pada ligamenta lingkaran yang merupakan otot yang menahan rahim agar tetap tegak. Dan rasa nyeri ini banyak penyebabnya, ketika rahim membesar, ligamenta lingkaran ikut meregang  dan semakin rawan terhadap ketegangan. Akibatnya sering ibu hamil merasakan sakit ketika bergerak.

Perubahan Payudara

Perubahan tubuh selama kehamilan selanjutnya terjadi pada payudara. Pada hamil muda atau awal kehamilan, peningkatan ukuran payudara terjadi sebagai bagian penyesuaian tubuh yang normal. Selain itu, kepekaan puting dan kelunakan payudara dialami ibu hamil. Pada saat awal kehamilan, payudara tidak mengalami perubahan yang signifikan sampai pada trimester 3, ketika kelenjar susu mulai aktif. Hal ini terjadi pada sampai bulan ketujuh, payudara mulai memproduksi kolostrum, yaitu cairan kuning kekuningan yang merupakan makanan berarti bagi bayi di dalam kandungan di awal kehidupannya. Perubahan pada warna puting susu yang semakin menghitam juga terjadi selama kehamilan

Sesak Napas

Sesak nafas merupakan perubahan tubuh selama kehamilan yang biasa terjadi karena rahim yang membesar menyita banyak ruangan, sehingga membatasi pergerakan diafragma. Selain itu perubahan keseimbangan hormon pada tubuh saat hamil juga menyebabkan sesak nafas tersebut.

Peredaran Darah Berubah

perubahan tubuh selama kehamilan terjadi juga pada peredaran darah terutama terlihat pada kaki. Pembukuh darah kaki semakin tertekan seiring perkembangan kandungan yang semakin membesar, terutama pada pembuluh darah balik dari kaki. Pembuluh darah ini memperlambat aliran darah pada kaki, dan pada saat duduk atau berdiri dalam jangka waktu yang lama akan semakin memperparah.

Peredarah darah yang terganggu mengakibatkan ibu hamil mudah merasa lelah pada kaki, dan hal ini biasanya menyebabkan kaki ibu hamil menjadi bengkak khususnya pada kaki dan telapak kaki, terutama setelah duduk terlalu lama. Demikian juga perubahan tubuh selama kehamilan pada peredaran darah pada permukaan kaki bisa menjadi menggelembung, yang mana akibat dari perubahan ini disebut juga varises pembuluh darah pada ibu hamil.

Sembelit

perubahan tubuh selama kehamilan yang umum dialami saat hamil adalah sembelit atau susah buang air besar (BAB). Penyebab sembelit ini karena ibu hamil kurang mengkonsumsi air minum selama kehamilan, kekurangan zat besi dan vitamin, kurang olahraga dan tekanan rahim terhadap usus kecil yang bisa mengakibatkan hal tersebut. Untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil, sebaiknya perbanyak minum air, cukupi kebutuhan gizi, rajin dan teratur berolahraga.

Sakit Kepala dan Mimisan serta gusi Berdarah

Sakit kepala pada ibu hamil merupakan perubahan tubuh selama kehamilan. Hal ini pun umum dan biasa terjadi, beberapa sakit kepala yang dialami saat hamil adalah tipe sinus. Hal ini disebabkan oleh pengaruh meningkatnya aliran darah dan pembengkakan hidung yang bisa juga menyebabkan hidung tersumbat. Selain itu faktor dari kelelahan dan juga pengaruh hormonal juga bisa menyebabkan sakit kepala saat hamil ini.

Selain sakit kepala, perubahan tubuh selama kehamilan yang biasa terjadi adalah mimisan dan gusi berdarah. Hal ini dikarenakan peredaran darah menuju ke hidung dan gusi meningkat selama kehamilan. Peningkatan ini disebabkan oleh pengaruh hormonal yang terjadi. Peningkatan inilah yang menyebabkan ibu hamil bisa mengalami mimisan dan gusi berdarah.

Masalah Pada Buang Air Kecil

Ibu hamil biasa mengalami buang air kecil berkali-kali yang jelas menandakan bagian dari kehamilan. penyebab perubahan tubuh selama kehamilan ini, adalah tekanan rahim terhadap kandung kemih untuk diisi air seni. Tekanan yang terjadi seperti ini, biasanya dialami ibu hamil pada trimester 1, ketika rahim tumbuh sepenuhnya di dalam pelvis. Masalah sering buang air kecil saat hamil juga terjadi pada trimester 3, ketika rahim cukup besar, hal inilah yang menjadikan penyebab ibu hamil mengalami sering buang air kecil. Demikianlah ulasan singkat tentang perubahan-perubahan tubuh selama kehamilan, yang baiknya Anda mengetahuinya. Semoga memberikan manfaat bagi pembaca sekalian dan salam sehat!!

Baca juga: Varises Saat Kehamilan Dan Cara Mengatasinya

 

Loading...

Leave a Comment