7 Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi Paling Ampuh

Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi paling ampuh. Kadar kolesterol jahat atau Low Density lipoprotein (LDL) bisa memicu seseorang mengalami penyakit kolesterol yang serius dan berbahaya. Penyebab yang umum orang mengalami kadar kolesterol tinggi yaitu pola atau gaya hidup yang tidak sehat seperti mengkonsumsi makanan kadar gula tinggi dan berlemak. Selain itu penyebabnya bisa karena kegemukan (obesitas), merokok, minum alkohol dan kurangnya olahraga. Nah, jika Anda mengalami penyakit kolesterol tinggi maka penting untuk menurunkan kadar kolesterol tersebut akar stabil. Dan salah satu cara yang mujarab yaitu dengan menggunakan obat tradisional.

Loading...

Ada beberapa ramuan tradisional untuk menurunkan koleterol tinggi dan menjaga kolesterol tetap normal. Dengan memanfaatkan tanaman dan tumbuhan herbal kemudian diolah menjadi ramuan alami akan membantu menurunkan kolesterol dengan cepat. Apa saja jenis ramuan obat tradisional penurun kolesterol tersebut?. Simak resep cara membuat dan aturan pakainya dibawah ini.

Jenis Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Kolesterol dan Cara Membuatnya

ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol

Bagi Anda yang menderita penyakit kolesterol ada baiknya mencoba membuat sendiri obat tradisional kolesterol paling mujarab. Untuk membuatnya pun tidak sulit dan untuk mendapatkan bahan-bahan ramuannya pun cukup mudah ditemukan. Berikut cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi dan aturan pakainya, yaitu:

1. Ramuan Akar Manis

Loading...

Akar manis merupakan tanaman herbal yang memiliki manfaat menurunkan kadar kolesterol tinggi secara alami. Tanaman yang memiliki nama asing licorice ini bisa dimanfaatkan menjadi ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan cepat dan ampuh. Hal ini dikarenakan pada akar manis mengandung beberapa zat antara lain flavonoid, asam ferulic, biotin,  asam amino dan triterpenoid yang berguna sebagai penurun kolesterol tinggi. Berikut ini cara membuat obat kolesterol alami yang ampuh dengan akar manis, yaitu:

  • Siapkan 10 gram akar manis kemudian cuci hingga bersih.
  • Rebus akar manis tersebut dengan 3 gelas air hingga tersisa setengahnya.
  • Kemudian diamkan agar menjadi dingin kemudian saring dan minum 2 kali sehari secara teratur pagi dan malam hari.

Baca juga: Obat Ramuan Penurun Kolesterol Tradisional Alami Dan Ampuh

2. Ramuan Daun Salam

Daun salam terkenal dengan manfaatnya untuk menurunkan kadar asam urat. Selain itu, daun salam juga bisa dibuat menjadi ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang mujarab. Dengan mengolahnya secara tradisional secara benar bisa dibuat menjadi obat kolesterol alami. Berikut ini cara membuat obat herbal kolesterol dan asam urat dengan daun salam, yaitu:

  • Siapkan 10 lembar daun salam, 4 batang serai, 5 lembar daun dewa.
  • Cuci bersih semua bahan dan rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa menjadi 2 gelas.
  • Minum secara teratur 2 kali sehari, setelah makan siang dan malam.

3. Ramuan Seledri

Daun, batang pada tanaman seledri memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh antara lain bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan pada seledri mengandung beberapa zat penting seperti glutamin, tirosin, zat pati dan minyak atsiri. Dengan kandungannya tersebut seledri bisa diolah menjadi ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Berikut ini cara membuat dan cara pakainya, yaitu:

  • Sediakan 30 gram akar seledri segar kemudian cuci dengan air hingga bersih.
  • Rebus dengan 2 gelas air bersih hingga mendidih atau tinggal tersisa setengahnya.
  • Angkat dan diamkan hingga menjadi dingin.
  • Saring dan ambil airnya kemudian minum 2 kali sehari pagi dan malam.

4. Ramuan Temulawak

Ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol tinggi yang ampuh yaitu dengan tanaman temulawak. Temulawak dapat berkhasiat sebagai penurun kolesterol alami dengan membuatnya menjadi minuman yang nantinya digunakan sebagai menu minuman penderita kolesterol. Berikut adalah cara membuat obat kolesterol alami yang ampuh dengan temulawak, yaitu:

  • 3 jari rimpang temulawak segar kemudian cuci sampai bersih.
  • Kupas temulawak kemudian diparut.
  • Tambahkan setengah gelas air panas dan biarkan mengendap.
  • Diamkan beberapa menit setelah dingin, endapannya dibuang dan airnya diminum.
  • Lakukan minum setiap hari secara teratur maka kolesterol akan kembali stabil.

Baca juga: Obat Kolesterol Alami Untuk Melawan Kolesterol Jahat yang Paling Manjur

5. Bawang putih

Menggunakan bawang putih sebagai penurun kolesterol sangat tepat hal ini dibuktikan dengan menambahkan bawang putih ke dalam diet akan menurunkan kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan. Berikut adalah cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan bawang putih, yaitu:

  • Siapkan 1-2 siung bawang putih dan bersihkan dengan air.
  • Rebus bawang putih hingga mendidih dan tumbuk hingga halus kemudian buat menjadi bulatan kecil untuk dimakan .
  • Lakukan konsumsi  obat tradisional menurunkan kolesterol dengan cepat.
  • Lakukan 2 kali sehari untuk mengkonsumsinya yaitu pagi dan malam.

6. Ramuan Sambiloto

Sambiloto merupakan salah satu jenis tanaman obat alami kolesterol. Dengan meramunya secara mudah dan cepat mampu menstabilkan kadar koleterol tinggi dalam tubuh. Anda bisa membuatnya sendiri dengan resep dibawah ini. Berikut cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan sambiloto, yaitu:

  • Siapkan 20 gram herbal sambiloto kering kemudian cuci hingga bersih.
  • Rebus dengan 3 gelas hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan setiap hari dua kali maka kolesterol akan berangsur angsur akan turun.

7. Ramuan Kunyit

Sama seperti halnya tanaman sambiloto, kunyit juga terkenal dengan menfaatnya membantu kadar kolesterol tinggi agar normal kembali.  Selain itu, ada banyak lagi manfaat kunyit untuk kesehatan diantaranya melancarkan haid, mempermudah persalinan melancarkan aliran darah dan masih banyak lainnya. Berikut ini cara membuat ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol dengan kunyit, yaitu:

  • Siapkan 10 gram rimpang kunyit segar lalu cuci bersih.
    Kmenudian potong atau  diiris tipis-tipis.
  • Rebus dalam air 2 gelas hingga tersisa 1 gelas dan diamkan agar menjadi dingin.
  • Saring dan diminum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.

Itulah tadi kumpulan resep ramuan tradisional untuk menurunkan kolesterol yang ampuh dengan cepat. Semoga info tadi bisa berguna untuk Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Tumbuhan Obat Asam Urat dan Kolesterol yang Ampuh dan Cepat Menyembuhkan

Loading...

Leave a Comment