Bahaya Cemas yang Berlebihan dan Pengaruh Buruknya Pada Kesehatan

Bahaya cemas yang berlebihan dan pengaruh buruknya pada kesehatan. Memiliki rasa cemas dan kecemasan adalah lumrah dan semua orang baik pria dan wanita pasti pernah mengalaminya. Hal ini dikarenakan cemas merupakan bagian dari emosi yang normal. Namun bisa berbahaya dan berpengaruh pada kesehatan manakala rasa cemas itu berlebihan. Hal ini akan makin kurang sehat saat kecemasan terus dialami karena cemas tersebut berhubungan dengan hati maka tentunya bisa berdampak buruk pada fungsi hati tersebut.

Loading...

Perlu diketahui ternyata ada bahaya cemas yang berlebihan terhadap kesehatan kita. Dengan itu kita bisa mengendalikan kecemasan kita dan mengontrolnya. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja bahaya cemas yang berlebihan terhadap kesehatan kita. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Bahaya Cemas yang Berlebihan Pada Kesehatan

bahaya cemas yang berlebihan

Mengalami kecemasan yang terlalu sering dan berlebihan akan membawa dampak negatif pada kesehatan. Nah, apa saja bahaya cemas yang berlebihan tersebut, simak yang berikut ini:

1. Kekebalan Tubuh Menurun

Penelitian yang dilakukan oleh para pakar kesehatan dari Ohio State University. Mereka telah berhasil membuktikan bahwa bahaya cemas yang berlebihan yang terus dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka. Para peneliti  tersebut memperoleh kenyataan bahwa pasien yang menanggapi terapi dengan penuh kecemasan mengalami tingkat kesembuhan jauh lebih rendah 3 kali lipat dari mereka tidak mengalami rasa cemas. Dan ternyata memang cemas yang dialami seseorang akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuhnya.

Loading...

Baca juga: Waspadai Bahaya Stres Berlebihan Bagi Kesehatan dan Mendatangkan Penyakit

2. Penyakit Diabetes Mellitus

Bahaya cemas yang berlebihan akan menjadikan orang mudah terkena penyakit diabetes. Para ahli dari karolinska Institute Swedia menemukan bahwa pria yang memiliki kecemasan dan stres tinggi, memiliki resiko tinggi terkena diabetes namun hal ini tidak ditemukan pada wanita. Artinya, hanya pada pria yang memiliki tingkatan stres dan kecemasan akan menimbulkan penyakit diabetes dan tidak akan terjadi pada wanita yang memiliki keadaan yang sama. Pria dengan tingkat stres dan cemas tinggi berpeluang  2,2 kali lipat mengidap penyakit diabetes dibandingkan  pria dengan tingkat stres dan cemas yang rendah.

3. Penyakit Jantung

Bahaya cemas yang berlebihan pada kesehatan selanjutnya yaitu berpeluang besar mengidap penyakit jantung. Karena selain rasa cemas dan stres, ada faktor lain yang mengikuti saat mengalami kecemasan yaitu depresi. Depresi yang dirasakan saat mengalami kecemasan akan berperan besar dalam resiko timbulnya penyakit jantung.

Itulah tadi beberapa bahaya cemas yang berlebihan pada kesehatan kita. Hindarilah rasa cemas dengan mengontrol emosi secara baik. Semoga info ini bisa ermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Bahaya Mudah Marah Rawan Terkena Penyakit Jantung dan Cepat Menjadi Tua

 

Loading...

Leave a Comment