Mengetahui Risiko Penyakit Kardiovaskular dan Gejalanya (Tanda)

Mengetahui risiko penyakit kardiovaskular dan gejalanya (Tanda). Penyakit kardiovaskular atau kardiovaskuler secara umum tidak mengalami gejala. Tanda awalnya berupa serangan jantung atau stroke. Ada beberapa tanda penyakit kardiovaskular pada stroke dan serangan jantung yang bisa dirasakan oleh penderitanya. Berikut tanda dan gejala penyakit kardiovaskular.

Loading...

Tanda dan gejala penyakit kardiovaskular

Gejala umum dan risiko penyakit kardiovaskular pada serangan jantung antara lain, sakit atau rasa tidak enak di dada, tangan, bahu kiri, siku, rahang dan punggung. Gejala lainnya seperti sesak napas, mual dan muntah, rasa pening, pingsan, keringat dingin dan wajah pucat.

Gejala umum dan risiko penyakit kardiovaskular pada stroke adalah melemahnya wajah, tangan dan kaki, sering  terjadi pada sebelah bagian dari tubuhnya. Serangan stroke mendadak seperti mati rasa di wajah, tangan atau kaki, bingung, sulit berbicara dan sulit memahami perbincangan, sulit melihat dengan satu sisi mata, sulit berjalan, pusing, hilang keseimbangan, sakit kepala parah tanpa sebab, dan pingsan.

risiko penyakit kardiovaskular

Loading...

Penyebab dan Cara Mencegah Terkena Risiko Penyakit Kardiovaskular

Terdapat sejumlah faktor yang menyebabkan seseorang beresiko mengalami penyakit kardiovaskular. Faktor penyebab risiko penyakit kardiovaskular ini dibagi dua kelompok yaitu:

Penyebab penyakit kardiovaskular yang dapat dikendalikan

Dari 80 persen penyakit jantung koroner dan serebrovaskular disebabkan oleh risiko penyakit kardiovaskular yang dapat dikendalikan. Berikut faktor penyebab risiko penyakit kardiovaskular yang dapat dikendalikan, antara lain kadar kolesterol darah yang tinggi, hipertensi, Diabetes mellitus, obesitas dan gaya hidup (Kurang gerak, merokok, mengkonsumsi alkohol).

Penyebab penyakit kardiovaskular yang tidak dapat dikendalikan

Selain itu ada faktor  penyebab risiko penyakit kardiovaskular yang dapat tidak dapat dikendalikan, yaitu usia, jenis kelamin dan riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga. Jadi apa yang harus kita lakukan?

Memang tidak ada cara mencegah  penyakit kardiovaskular yang tidak dapat dikendalikan. Usia, jenis kelamin, dan riwayat penyakit kardiovaskular dalam keluarga merupakan hal yang tak mampu untuk kita rubah. Langkah pengendalian sebagai langkah nyata hanyalah bagaimana mengatur faktor yang dapat dikendalikan. Berikut ini cara mencegah terkena risiko penyakit kardiovaskular yang tepat, yaitu:

  • Faktanya, sekitar 75 persen penyakit kardiovaskular di seluruh dunia disebabkan oleh faktor risiko konvensional termasuk obesitas, kurang olahraga atau gerak fisik serta konsumsi tembakau. Sementara di negara maju, sepertiga penyakit kardiovaskular disebabkan lima faktor risiko, yaitu tembakau, alkohol, hipertensi, kolesterol dan obesitas.
  • Terlihat jelas bahwa faktor risiko penyakit kardiovaskular disebabkan oleh faktor yang dapat dikendalikan, lebih dominan menjadi penyebab penyakit kardiovaskular. Walaupun pengobatannya dapat dilakukan pada hampir semua penyakit kardiovaskular, termasuk hipertensi, kolesterol tinggi, dan diabetes mellitus. Tapi semua itu kembali  kepada individu untuk mau menjalankan pola hidup sehat.
  • Sedapat mungkin menghindari faktor  penyakit kardiovaskular yang dapat menimbulkan penyakit tersebut, adalah langkah terbaik yang dapat untuk Anda lakukan. Ubah gaya hidup tidak sehat menjadi pola hidup yang sehat. Berhenti merokok dan menghindari alkohol adalah salah satu caranya.

Demikianlah ulasan tentang risiko penyakit kardiovaskular dan penyebabnya semoga memberi manfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Penyakit Kardiovaskular: Faktor Penyebab dan Cara Mencegahnya

Loading...

Leave a Comment