sayuran yang mengandung vitamin c

10 Sayuran yang Mengandung Vitamin C Paling Tinggi dan Terbanyak

10 sayuran yang mengandung vitamin C paling tinggi dan terbanyak. Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaat vitamin C diantaranya untuk meningkatkan daya tubuh sehingga tidak mudah sakit, mencegah penyakit flu atau pilek dan demam, serta mencegah risko terkena penyakit kanker dan lain sebagainya. Tubuh membutuhkan asupan vitamin C yang cukup setiap harinya. Untuk mendapatkan asupan vitamin C ini Anda bisa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi.

Loading...

Ada beberapa jenis sayuran yang mengandung vitamin C tinggi yang bisa Anda konsumsi atau membuatnya menjadi menu makanan sehat. Memang yang selama ini masyarakat ketahui bahwa vitamin C banyak terdapat pada jenis buah-buahan saja. Hal ini tentu tidak benar selain buah ternyata sayuran merupakan sumber vitamin c terbanyak dan dosisnya seperti pada sayuran lobak, kembang kol dan lainnya.

Dengan mengkonsumsi tanaman yang mengandung vitamin C tersebut maka akan mencukupi kebutuhan harian akan vitamin C. Kebutuhan vitamin C harus Anda penuhi setiap hari, Jika Anda mengalami kekurangan vitamin C maka akan mudah terkena penyakit karena kekebalan tubuh akan menurun. Nah, dalam kesempatan ini waras sehat akan membahas tentang sayuran yang mengandung vitamin c tinggi bahkan melebihi dari buah-buahan.

Tanaman dan Sayuran yang Mengandung Vitamin C Terbanyak

Sumber vitamin c terbanyak dan dosisnya tinggi bukan hanya terdapat pada buah-buahan saja. Ternyata kandungan vitamin C tertinggi juga terdapat pada jenis sayur-sayuran. Berikut ini adalah jenis sayuran yang mengandung vitamin C paling tinggi yaitu:

sayuran yang mengandung vitamin c

Loading...

1. Paprika

Paprika merupakan jenis sayuran yang mengandung vitamin C tertinggi. Selain itu, sayuran pedas ini mengandung betakaroten. Dengan kandungannya tersebut menjadikan manfaat paprika baik untuk kesehatan tubuh. Diantara manfaatnya adalah mengurangi risiko terkena stroke dan serangan penyakit jantung, menyehatkan jantung dan bisa mencegah penyakit katarak pada mata.

2. Brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang terkenal dalam masyarakat indonesia. Sayuran yang mempunyai warna hijau cantik ini ternyata termasuk jenis sayuran yang mengandung vitamin C terbanyak yaitu 90 mg untuk satu buah brokoli ukuran sedang. Pantaslah jika sayuran hijau ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Diantara manfaat brokoli yaitu mampu mencegah racun sekaligus menjadi penawar segala racun dalam tubuh. Karena kandungan vitamin C tinggi brokoli juga mampu mencegah serangan kanker dan penyakit jantung.

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi dan Manfaatnya

3. Cabe

Cabe bisa digolongkan sebagai sayuran yang digunakan sebagai bumbu dapur. Sayuran pedas ini memiliki manfaat untuk kesehatan karena kandungannya. Diantara manfaat cabe tersebut yaitu mampu mencegah sariawan, meningkatkan stamina dan mengurangi rasa nyeri pada sendi. Ternyata cabe juga termasuk jenis sayuran yang mengandung vitamin C tertinggi yaitu 107,8 mg. Jika Anda suka makan pedas maka tentu akan tercukupi juga kebutuhan vitamin C nya.

4. Kubis

Kubis merupakan sayuran yang sering digunakan untuk sup. Mengkonsumsi kubis yang dibuat sup bisa memenuhi kebutuhan harian vitamin C, selain itu juga kebutuhan akan serat. Terbukti kubis mengandung serat tinggi yaitu sekitar 5 gram. Kubis juga merupakan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi yang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain vitamin C nya yang cukup tinggi, kubis juga merupakan sayuran yang mengandung vitamin B.

5. Kembang Kol

Kembang kol memiliki tampilan seperti brokoli, namun yang membedakannya adalah tekstur dan struktur kembang kol lebih padat dengan warna yang putih kekuningan. Bukan hanya bentuknya yang mirip dengan brokoli, Kembang kol juga memiliki kesamaan dalam kandungannya yaitu jenis sayuran yang mengandung vitamin C. Rasanya yang renyah dan lezat menjadikan sayuran sumber vitamin c terbanyak dan dosisnya ini makanan favorit banyak orang. Kembang kol juga memiliki kandungan vitamin B, vitamin K dan omega 3 yang sangat dibutuhkan tubuh untuk memperkuat tulang dan mencegah kanker.

6. Lobak

Merupakan sayuran atau bahan makanan yang mengandung vitamin c dan manfaat lobak juga penting untuk kesehatan, antara lain mencegah penyakit karena gangguan inflamasi atau peradangan, membuang racun yang ada pada hati dan masih banyak lagi. Lobak merupakan sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Setiap 100 gram lobak terkandung 2,6 gram serat, 22,1 mg vitamin c dan 0,78 protein.

7. Kentang

Kentang termasuk jenis sayuran yang populer selain kubis dan wortel. Kentang juga merupakan jenis sayuran yang mengandung vitamin C tinggi, setiap 100 gram kentang kurang lebih terdapat 15,2 mg vitamin C. Kentang juga bisa menggantikan peran nasi untuk dikonsumsi dan memiliki kandungan karbohidrat yang baik juga. Manfaat kentang ini diantaranya yaitu meningkatkan kondisi penderita diabetes, Menjaga kesehatan pembuluh darah dan mencegah kerusakan sel di dalam tubuh.

8. Terong Ungu

Kandungan asam folat dalam terong ungu bermanfaat memenuhi kebutuhan nutrisi. Tak hanya itu, kandungan dalam sayur ini juga sangat banyak. Seperti zat besi, kalori, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

9. Mentimun

Mentimun rendah mengandung lemak jenuh, kolestrol, dan sodium. Mentimun juga sumber vitamain A, asam pantotenat, magnesium, fosfor, dan magnesium. Mentimun ini juga tinggi kalium, karbohidrat, vitamin C dan K. Sebuah penilitian mengungkapkan, setidaknya ada 30 khasiat mentimun bagi kesehatan. Tiap bagian dari sayuran ini mengandung khasiatnya sendiri, mulai dari kulit, daging, bahkan bijinya. Seperti pencegah gangguan jantung, membantu pencernaan, dan mengatasi batu ginjal.

10. Bawang Merah

Bawang merah adalah jenis sayuran favorit dalam dunia kuliner sepanjang sejarah peradaban. Sayuran ini mengandung hormon auksin dan giberlin sebagai pengatur tubuh alami. Sayuran ini juga memiliki kandungan gizi berupa vitamin C, kalium, serat, dan asam folat.Kandungan antiseptik dan senyawa alliin yang diproses oleh enzim allinase menjadi antimikroba yang bersifat bakterisida. Beberapa khasiatnya, antara lain, mengontrol kadar kolestrol, pencegah pertumbuhan sel kanker, dan mengontrol kader diabetes.

Demikianlah ulasan tentang jenis sayuran yang mengandung vitamin C tinggi dan manfaatnya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: Akibat Kekurangan dan Kelebihan Vitamin C Bagi Tubuh

Loading...

Author

Ketika apa yang saya tulis disini memberikan informasi yang bermanfaat, disaat itu impian saya terwujud, ketika apa yang kalian baca disini menjadi inspirasi hidup, saat itu pula harapanku jadi Nyata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *