Seledri-Manfaat dan Khasiatnya Untuk Wajah Rambut dan Berat Badan

Kita tak asing lagi dengan yang namanya seledri. Seledri merupakan jenis tumbuhan yang sering digunakan sebagai penyedap dan pelengkap masakan, karena pada seledri memiliki aroma yang mampu menambah kelezatan dari makanan yang diolah. Ibu rumah tangga biasa menggunakannya sebagai penambah rasa pada sayur sop dan lainnya.

Loading...

Sledri tidak hanya bermanfaat sebagai pelezat makanan saja, tapi digunakan juga pada kecantikan seperti memutihkan wajah, meluruskan rambut dan menurunkan berat badan untuk diet.  Pada kesempatan kali ini, waras sehat akan membahas tentang manfaat sledri untuk kecantikan wajah, rambut dan menurunkan berat badan. lalu, bagaimana cara menggunakan manfaatnya tersebut. Simak beberapa hal mengenai manfaat sayuran ini, selengkapnya.

Klasifikasi Seledri

seledri

Ada tiga kelompok sledri yang sering dibudidayakan, yaitu:

  • Sledri Iris atau Daun ( A. Graveolens Kelompok secalinum), yang biasa dimanfaatkan daunnya untuk dipakai di masakan untuk pelengkap dan bumbu masakan seperti di indonesia.
  • Sledri tangkai (A. Graveolens Kelompok duice). Klasifikasi yang jenis ini yang memiliki tangkai daunnya yang besar, beraroma segar, dan biasa dipakai sebagai bahan untuk salad.
  • Sledri Umbi (A. Graveolens kelompok rapaceum). Klasifikasi sledri jenis ini, yang membentuk umbi pada permukaan tanah, dan biasa digunakan sebagai sup, dibuat semur, dan schnitzel. Umbi ini kaya kandungan provitamin K dan vitamin A.

Selain manfaatnya untuk kecantikan, ternyata bermanfaat juga pada kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat sledri bagi kesehatan, antara lain:

Loading...
  • Berguna untuk kesehatan dinding lambung dan saluran usus.
  • Menjaga kelenturan dan kontraksi otot.
  • Mengobati asma.
  • Mengobati diabetes.
  • Mencegah penuaan dini.
  • Membantu melarutkan kalsium dalam tubuh.
  • Melindungi otak dan sistem syaraf.
  • Menetralkan asam tubuh.
  • Mengobati Arthritis.
  • Menurunkan hipertensi.
  • Mengobati rematik.
  • Menjaga berat badan.

Itulah manfaat sledri untuk kesehatan tubuh. Jika kita konsumsi secara teratur setiap hari.

Manfaat Seledri Untuk Wajah

Banyak wanita indonesia mendambakan memiliki kulit wajah yang putih bersih tanpa flek dan jerawat, karena dengan memiliki kulit wajah yang putih, cerah dan sehat merupakan ukuran kecantikan bagi sebagian masyarakat indonesia khususnya wanita. Hal ini tak terlepas dari rasa percaya diri. Wanita merasa kepercayaan dirinya bertambah jika memiliki kulit wajah mulus dan putih. Sebaliknya jika kulit wajah terlihat kusam, berminyak, berjerawat dan berkomedo maka akan menurunkan rasa percaya diri pada wanita tersebut.

Sebelum lebih jauh membahas manfaat sledri untuk kecantikan wajah, rambut dan menurunkan berat badan, Ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa saja yang terkandung pada sledri, yang membuatnya bisa membantu dalam kecantikan dan berat badan.

Kandungan Seledri

Sledri yang mempunyai nama latin Apium Graveolens adalah sayuran daun yang merupakan jenis tumbuhan herbal dan pelengkap masakan. Malah dibeberapa negara seperti jepang, cina dan korea, menggunakan sayuran ini sebagai bahan makanan yang dimasak sebagai makanan sehari-hari.

Baca juga: 12 Manfaat Sledri Untuk Pengobatan Masalah Kesehatan

Tumbuhan ini menyebar ke indonesia dibawa oleh penjajah belanda dan dulu digunakan untuk penyedap masakan sup atau untuk lalapan. Penggunaan paling lengkap sayuran ini adalah di eropa, disana sledri dimanfaatkan dari mulai daun, tangkai, buah serta umbinya untuk sumber vitamin. Vitamin yang terdapat pada tumbuhan ini, antara lain mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, B3, B5 dan B6. Selain itu mengandung vitamin C, vitamin E dan vitamin K.

Khusus untuk perawatan wajah, sledri bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat, kulit wajah gelap, hitam dan kusam. Dalam hal ini manfaat dari sledri adalah sebagai pemutih. lalu bagaimana cara memutihkan wajah dengan sledri, yaitu dengan menggunakan tumbuhan ini sebagai masker wajah.

Cara membuat masker wajah untuk pemutih kulit wajah dengan daun sledri. Cara membuatnya sangat mudah, dan Anda bisa membuatnya di rumah sendiri. Tidak perlu repot atau membutuhkan biaya yang mahal dalam membuatnya. Simak pembuatannya, sebagai berikut:

Bahan-bahan yang perlu disiapkan, yaitu seikat kecil sledri dan dua gelas air putih. cara membuatnya, potong sledri dengan irisan yang tipis, kemudian rebus hingga mendidih. Diamkan hingga menjadi dingin.

Cara pemakaian masker sledri, yaitu cuci muka Anda hingga bersih menggunakan air rebusan sledri tersebut. Diamkan beberapa menit hingga mengering, kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan rutin seminggu satu sampai 2 kali pemakaian. Dengan konsisten menerapkannya pada wajah, maka Anda akan memiliki wajah yang putih bersih tanpa jerawat dan komedo.

Khasiat Seledri Untuk Rambut

Memiliki rambut lurus termasuk impian semua wanita disamping memiliki wajah yang putih. Pemanfaat sledri untuk rambut bisa untuk mengatasi masalah rambut seperti rambut rontok, dan rambut yang kurang lurus. Khasiat tersebut dikarenakan pada sayur ini, mengandung antibakteri, mineral, protein serta antioksidan yang sangat dibutuhkan oleh rambut.

Berikut ini, adalah manfaat sledri untuk rambut Anda, yaitu:

  • Menghitamkan rambut.
  • Menyuburkan rambut.
  • Meluruskan rambut.
  • Menghilangkan ketombe.

Manfaat diatas bisa Anda dapatkan dengan membuat ramun sledri, dan berikut cara membuatnya:

  1. Tumbuk beberapa lembar daun sledri atau bisa juga dengan diblender sampai halus.
  2. Tambahkan air secukupnya ketika sledri sudah mengeluarkan aroma harumnya.
  3. Setelah halus dan tercampur rata dengan air, masukkan dalam botol dan masukkan dalam kulkas.
  4. Gunakan ramuan ini pada pagi hari untuk creambath. lakukan dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan khasiatnya.

Dengan tahu cara membuat ramuan rambut di atas, Anda tidak perlu lagi melakukan perawatan rambut ke salon dan mengeluarkan uang banyak untuk perawatan rambut Anda. Cukup dengan tips tadi, maka rambut Anda akan sehat alami dan terhindar dari masalah rambut.

Khasiat Daun Seledri Untuk Menurunkan Berat Badan

Ada banyak macam cara menurunkan berat badan. Dan pada kesempatan kali ini waras sehat akan membahas manfaat sledri untuk mengurangi berat badan Anda. Untuk menurunkannya, maka Anda gunakannya sebagai diet. Dan memasukkan menu jus atau sup sledri dalam menu diet Anda.

Cara diet sledri cukup gampang. pertama Anda siapkan terlebih dahulu bahannya yaitu sledri yang dicuci bersih dan kemudian iris mentimun menjadi irisan atau potongan kecil-kecil. lalu kupas nanas dan potong-potong sledri. Masukkan semua bahan ke dalam blender, tambahkan oat dan aduk hingga rata menjadi jus. Anda juga bisa menambahkan madu, dan satu gelas air sehingga jus tidak kental.

Dengan memasukkan jus diatas sebagai menu dalam diet Anda maka akan menurunkan berat badan dengan cepat. Demikianlah manfaat sledri untuk menurunkan berat badan Anda. berminat untuk mencobanya?.

Demikianlah pembahasan tentang khasiat atau manfaat seledri bagi wajah, rambut dan berat badan Anda. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh Kita

 

Loading...

Leave a Comment