Gerakan Senam Ibu Hamil Untuk Mempermudah Proses Persalinan

Gerakan senam ibu hamil untuk mempermudah proses persalinan. Senam saat hamil merupakan olahraga yang paling disarankan untuk para ibu yang sedang mengandung. Manfaat senam kehamilan ini bisa membantu untuk mempermudah proses persalinannya nantinya. Sebelum melakukan senam kehamilan , dianjurkan untuk lakukan terlebih dahulu gerakan pemanasan, ini bertujuan agar peredaran darah dalam tubuh akan meningkat. Selain itu oksigen yang diangkut ke otot-otot dan jaringan tubuh bertambah banyak, serta dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kejang.

Loading...

Perlu Anda ketahui, Kapan Dianjurkan melakukan senam ibu hamil?. Yaitu Jika usia kehamilan mencapai 6 bulan ke atas, Kecuali ada masalah dengan kelainan tertentu dengan kehamilannya. Sebelum melakukan Senam senam kehamilan, sebaiknya Ada diskusikan keadaan kehamilan Anda dengan dokter atau bidan agar senam kehamilan yang akan dilakukan tidak membawa efek samping atau dampak buruk pada kesehatan ibu dan janin dikandungan. Wanita yang mengandung yang mengikuti senam ibu hamil, diharapkan bisa menjalani persalinan dengan lancar, dapat menggunakan tenaga dan kemampuannya sebaik mungkin. Sehingga proses persalinannya nanti menjadi normal dan berlangsung cepat.

Gerakan-Gerakan Dasar Senam Ibu Hamil

senam ibu hamil

Inilah beberapa gerakan-gerakan dasar senam hamil, dan berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Duduk bersilah dan tegak, kedua lengan mengarah ke depan dengan santai. Lakukan sebanyak mungkin dalam posisi sehari-hari.
  • Sikap merangkak, jarak antara kedua tangan sama dengan jarak kedua bahu. Keempat anggota tubuh tegak lurus pada lantai dengan badan sejajar dengan lantai. Lakukan gerakan ini, tundukkan kepala, lihat perut bagian bawah dan pinggang diangkat sambil mengempiskan perut dan mengerutkan lubang anus. Selanjutnya turunkan pinggang dengan mengangkat kepala sambil melemaskan otot-otot dasar panggul. Lakukan gerakan ini sebanyak 8 kali.
  • Lakukan sikap merangkak dengan meletakkan kepala diantara kedua tangan lalu menoleh ke samping kanan atau kiri, selanjutnya turunkan badan sehingga badan menyentuh kasur dengan menggeser siku sejauh mungkin ke samping. Bertahan pada posisi ini selama 1 menit, kemudian bertahap Anda tingkatkan menjadi 5 sampai 10 menit atau sesuai dengan kekuatan Anda.
  • Berbaring miring ke kiri, lutut kanan diletakkan di depan lutut kiri dengan diganjal bantal. Lengan kanan ditekuk di depan dan lengan kiri di letakkan di belakang.
  • Berbaring miring, kedua lutut dan kedua lengan ditekuk, bawah kepala letakkan bantal, demikian juga pada bawah perut, agar perut tidak menggantung. Tutup mata dan tenang, atur napas dengan berirama.
  • Berbaring terlentang, pegang kedua lutut dengan ke dua tangan Anda dan rileks. Lakukan kegiatan berikut, buka mulut secukupnya tarik napas dalam semaksimal mungkin, katupkan. Mengejanlah seperti saat buang air besar, gerakan badan ke bawah dan ke depan. Setelah tidak dapat menahan lelah, Anda kembali ke posisi awal. Ulangi gerakan ini 3 sampai 4 kali dengan interval 2 menit.

Manfaat Senam Ibu Hamil Untuk Ibu dan Janinnya

Senam kehamilan yang dilakukan banyak memberi manfaat kesehatan bagi ibu dan janin yang dikandungnya. Berikut manfaat senam ibu hamil untuk ibu, yaitu:

Loading...

Baca juga: Olahraga Selama Kehamilan Yang Benar dan Baik Untuk Ibu Hamil

Menjaga Kesehatan

Dengan melakukan senam ibu hamil, bisa menghindarkan dari diabetes gestasional. Saat hamil, plasenta memproduksi hormon yang bisa membuat insulin lebih susah bekerja, sehingga memungkinkan ibu hamil berisiko terkena diabetes. Saat pangkreas tidak dapat menghasilkan cukup insulin untuk menjaga kadar gula darah dalam batas yang normal. Untuk itu saat hamil dibutuhkan aktifitas gerak salah satunya dengan melakukan senam ibu hamil tersebut.

Melatih Stamina

Hanya istirahat dan kurang gerak akan membuat ibu hamil kekurangan stamina. Dengan melakukan senam ibu hamil secara rutin , maka ibu hamil akan mendapatkan cukup pasokan oksigen secara optimal. hal ini bermanfaat untuk menguatkan tubuh dan ini akan membantu proses persalinannya nanti.

Melatih Relaksasi

Senam ibu hamil yang dilakukan dengan rutin dan teratur akan memberi manfaat pada persalinannya. Hormon endorphin dari otak yang dilepas saat melakukan senam hamil akan membantu ibu hamil mengatasi rasa sakit, ketegangan selama proses persalinan, dan lebih semangat hingga dapat menghilangkan stres.

Memperbaiki Sirkulasi Darah

Selama kehamilan sirkulasi darah mengalami peningkatan yaitu 45 persen lebih tinggi dari keadaan biasanya. Peningkatan sirkulasi darah ini menimbulkan adanya pembengkakan dan pertumbuhan progresif rahim yang dapat mengakibatkan masalah pada peredaran darah. Dengan melakukan senam ibu hamil secara teratur akan mengurangi masalah tersebut.

Menjadikan Pernapasan Lebih Baik

Dengan melakukan senam ibu hamil secara tidak langsung belajar pernapasan. Pernapasan yang baik dibutuhkan oleh wanita hamil untuk mempermudah proses persalinannya. Hal ini juga akan mengurangi rasa sakit saat persalinan yang disebabkan oleh kontraksi rahim dan dapat mengendalikannya melalui senam kehamilan tersebut.

Berinteraksi Dengan Ibu Hamil Lainnya

Senam ibu hamil tidak hanya memperoleh manfaat dari segi fisik. Selain itu bisa berpengaruh baik pada emosional ibu hamil itu sendiri. Ketika melakukan latihan bersama, ibu hamil bisa saling bertukar pengalaman tentang keadaannya dengan ibu hamil yang lain. Dengan berbagi pengalaman inilah akan membantu Anda untuk mengatasi kekhawatiran tentang kehamilan dan persalinannya nanti. Tidak hanya itu, dengan ngobrol sesama ibu hamil akan memberi dukungan moril satu sama lain sehingga akan mendapat perasaan yang saling menguatkan.

Meredakan Sakit Punggung

Kehamilan biasanya menyebabkan sakit punggung pada ibu hamil. Terutama oleh adanya perubahan hormonal dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Dengan melakukan senam ibu hamil ini, akan dapat mengurangi ketegangan otot punggung bagian bawah, yang biasanya pada area inilah yang sering terasa sakit.

Nah itulah manfaat-manfaat dari senam ibu hamil, jika Anda melakukannya dengan rutin dan teratur. Selain itu ada manfaat lain, yaitu manfaat bagi janin yang ada dikandungan. Apa saja manfaat senam ibu hamil untuk bayinya. Menurut para ahli kandungan, Bahwa dengan melakukan senam ibu hamil secara teratur dapat meningkatkan kecerdasan bayi.

Senam yang dilakukan ibu hamil akan berpengaruh pada janinnya. Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang rajin melakukan senam atau olahraga akan memiliki perkembangan otak yang lebih baik dan membuat otak si bayi nantinya dapat berkembang dengan cepat. Maka dari itu, jika Anda ingin bayinya lebih sehat dan cerdas, jangan lupa untuk melakukan senam kehamilan.

Demikianlah gerakan-gerakan dasar senam ibu hamil, yang bisa anda coba di rumah. Semoga langkah-langkah senam ibu hamil tadi dapat di mengerti. Semoga memberi manfaat bagi pembaca sekalian khususnya para ibu hamil. Salam sehat!!

Baca juga: Tips Ibu hamil Muda Agar Tetap Sehat

Loading...

2 thoughts on “Gerakan Senam Ibu Hamil Untuk Mempermudah Proses Persalinan”

  1. Simply desire to say your article is as astonishing.
    The clarity in your post is simply excellent and i could
    assume you’re an expert on this subject. Well with your
    permission let me to grab your RSS feed to keep
    updated with forthcoming post. Thanks a million and please
    keep up the gratifying work. https://about.me/MitsukoRitacco

Leave a Comment