7 Tanaman Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah

Tanaman obat asam urat alami paling ampuh dan cara membuatnya di rumah. Penyakit asam urat adalah salah satu jenis penyakit yang paling banyak penderitanya. Biasanya penyakit yang disebabkan oleh purin ini dibarengi oleh penyakit lainnya seperti diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dan rematik. Cara mengobati asam urat dengan cepat bisa dilakukan dengan memanfaatkan tumbuhan herbal yang diramu menjadi obat tradisional penurun asam urat.

Loading...

Ada banyak jenis tanaman obat asam urat yang ada di alam sekitar kita, Diantaranya, daun salam, tanaman anting-anting, sambiloto dan masih banyak lainnya. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional dan diminum secara teratur akan mengobati asam urat dengan cepat dan alami. Nah, agar lebih jelasnya tentang macam-macam tanaman obat asam urat dan cara membuatnya menjadi ramuan obat asam urat yang mujarab, berikut ini ulasan lengkapnya.

Jenis Tanaman Obat Asam Urat dan Cara Membuatnya

tanaman obat asam urat

Ada banyak jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk melarutkan kadar purin yang telah membentuk kristal dan menghambat dalam darah. Dengan manfaat tersebut maka asam urat dapat disembuhkan dengan alami dan cepat. Nah, berikut ini beberapa jenis tanaman obat asam urat dan cara membuatnya menjadi ramuan obat asam urat tradisional, yaitu:

1. Daun Mangga

Loading...

Mangga merupakan salah satu jenis tanaman obat asam urat yang ampuh. Dengan menggunakan daun mangga kemudian meramunya secara tradisional maka bisa dijadikan sebagai obat penurun asam urat alami. Berikut ini cara membuat ramuan obat asam urat dari daun mangga, yaitu:

  • Sediakan 5 lembar daun mangga muda yang masih segar.
  • Kemudian rebus daun mangga tersebut dengan 2 gelas air hingga daun mangga berwarna kecokelatan.
  • Setelah itu, angkat dan didiamkan sebentar agar dingin atau hangat.
  • Minum ramuan obat asam urat tersebut dua kali sehari hingga kadar asam urat kembali normal.

Baca juga: 9 Obat Tradisional Asam Urat yang Ampuh dan Cara Membuatnya

2. Daun Salam

Tanaman obat asam urat alami berikutnya yaitu salam. Dalam hal ini yang digunakan adalah daunnya. Kandungan zat tanin pada daun salam memiliki khasiat untuk mengobati asam urat dengan cepat. Selain itu daun salam memiliki sifat analgetik yaitu dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat asam urat kambuh. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional asam urat maka akan berkhasiat memperbanyak jumlah urin yang keluar sehingga kadar purin akan menurun. Berikut ini cara membuat obat asam urat dari daun salam, yaitu:

  • Siapkan 10 lembar daun salam yang masih muda dan segar, lalu cuci bersih.
  • Rebus dengan air 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas.
  • Angkat dan biarkan panas menurun, dan minum obat alami asam urat tersebut dalam keadaan hangat 2 kali sehari.

3. Daun Anting-Anting

Anting-anting juga termasuk jenis tanaman yang dapat mengobati asam urat secara alami dan cepat. Dengan memanfaatkan daunnya dan kemudian meramunya secara tradisional maka akan menjadi obat asam urat yang ampuh. Hal itu karena pada daun anting-anting mengandung zat flavonoid, tannin, dan saponin yang berkhasiat mengatasi asam urat. Cara membuat obat asam urat dengan daun anting-anting sangat mudah, yaitu:

  • Sediakan segenggam daun anting-anting lalu cuci sampai bersih.
  • Rebus dengan 3 gelas air sampai menjadi setengah gelas.
  • Diamkan agar menjadi hangat, lalu kemudian di saring.
  • Minum obat tradisional penurun asam urat tersebut 3 kali sehari.

4. Daun Sirsak

Sirsak ternyata termasuk tanaman obat asam urat dan rematik. Pada daun sirsak terdapat kandungan alami yang bisa membantu mengeluarkannya zat purin yang menumpuk pada persendian persendian. Berikut ini cara membuat obat asam urat dan rematik dengan daun sirsak, yaitu:

  • Siapkan 10 sampai 15 lembar daun sirsak muda dan segar.
  • Cuci daun sirsak dengan air sampai bersih.
  • Masukkan daun sirsak dan tambahkan 3 gelas air kemudian rebus hingga tersisa setengahnya.
  • Minum rebusan air daun sirsak 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.

Baca juga: Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Mengatasinya

5. Kumis Kucing

Kumis kucing termasuk tumbuhan obat asam urat dan kolesterol. Dengan meramunya secara tradisional yang dilakukan di rumah bisa menjadi ramuan obat asam urat yang ampuh. Hal ini dikarenakan pada tanaman kumis kucing mengandung garam kalium dan memiliki  sifat diuretik yang membantu mengobati kelebihan asam urat menjadi normal kembali. Berikut ini cara membuat ramuan obat asam urat dan kolesterol dengan kumis kucing, yaitu:

  • Cuci bersih 10 lembar daun kumis kucing segar.
  • Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air.
  • Setelah dingin, saring dan Anda minum. Dosis, minum sekali pada pagi hari.

6. Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman obat asam urat alami. Kandungan sambiloto antara lain kalsium, natrium, kalium, dan masih banyak lagi. Sambiloto ampuh untuk dijadikan obat tradisional penurun asam urat. Berikut ini cara membuat obat tradisional asam urat dengan sambiloto:

  • Siapkan Siapkan segenggam sambiloto dan 400 cc air.
  • Rebus sambiloto dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc (satu gelas) air, kemudian airnya diminum selagi hangat.
  • Minum obat asam urat tersebut 2 kali sehari secara teratur maka asam urat akan sembuh

7. Biji Seledri

Tanaman obat asam urat yang ampuh lainnya yaitu seledri. Dengan memanfaatkan bijinya ternyata bisa membantu menyembuhkan asam urat dengan cepat. Berikut ini cara membuat ramuan asam urat dengan biji seledri, yaitu:

  • Rebus 1 sendok biji seledri dengan 3 gelas air hingga tersisa menjadi 1 gelas.
  • Minum selagi hangat, lakukan 2 sampai 3 kali sehari, tergantung berat atau tidak penyakit asam uratnya.

Demikianlah pembahasan tentang jenis tanaman obat asam urat dan cara membuatnya menjadi ramuan asam urat yang paling ampuh. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: 6 Cara Diet bagi Penderita Asam Urat yang Benar dan Menu Makanannya

Loading...

2 thoughts on “7 Tanaman Obat Asam Urat Alami Paling Ampuh dan Cara Membuatnya di Rumah”

Leave a Comment