Tangan Keriput di Usia Muda, Penyebab Cara Mencegah dan Mengatasinya

Kulit tangan keriput di usia muda, penyebab, cara mencegah dan cara mengatasinya. Kulit kering dan keriput pada wajah, tangan dan bagian tubuh lainnya tidak hanya terjadi saat usia lanjut saja. Ternyata masalah kulit keriput bisa dialami usia dini. Kulit keriput merupakan hal yang menakutkan bagi semua orang, karena merupakan tanda-tanda penuaan dini. Mungkin bagi usia lanjut hal tersebut menjadi sesuatu yang lumrah dan umum, tapi bagi orang yang masih muda tentu merupakan masalah.

Loading...

Tidak hanya wajah keriput yang dikhawatirkan oleh pria maupun wanita, tangan keriput di usia muda juga menjadi kekhawatiran khususnya bagi kaum wanita. Hal tersebut tentu akan mengganggu penampilan dan membuat menjadi kurang percaya diri. Memang kulit keriput pada wajah dan tangan dan bagian kulit tubuh lainnya membuat terlihat tua. Bagian tubuh yang sangat rentan terkena masalah keriput adalah bagian wajah seperti dahi (jidad) atau kening, area mata dan pipi. Selain itu pada leher, tangan, jari dan kaki. Nah, pada kesempatan ini akan mengulas tuntas tentang penyebab kulit tangan keriput di usia muda dan cara mencegah dan mengatasinya.

Penyebab Tangan Keriput di Usia Muda

tangan keriput di usia muda

Kulit tangan yang keriput memang merupakan tanda penuaan. Jika Hal tersebut terjadi pada usia dini maka bisa menjadi gejala penuaan dini. Apa sebenarnya penyebab penyebab kulit tangan menjadi keriput dan kering terlalu dini?. Berikut ini beberapa faktor penyebab tangan keriput di usia muda, adalah sebagai berikut:

1. Paparan Sinar Matahari

Loading...

Sinar panas matahari merupakan salah satu penyebab kulit tangan keriput di usia muda. Bahkan menjadi pemicu kulit keriput pada wajah dan bagian kulit tubuh lainnya. Bagi orang yang banyak aktivitasnya di luar ruangan akan berpeluang lebih tinggi mengalami kulit keriput di usia muda dibandingkan mereka yang sering di dalam ruangan. Terkena Sinar matahari pada kulit secara langsung khususnya pada waktu siang bisa merusak kolagen yang terdapat pada kulit. Fungsi kolagen pada kulit yaitu membuat kulit agar tetap kenyal dan kencang, jika kolagen rusak maka kulit akan mengendur dan keriput.

Baca juga: 6 Cara Menghaluskan Kulit Tangan yang Keriput dengan Tips Perawatan Mudah

2. Sabun

Sabun merupakan salah satu penyebab tangan keriput di usia muda dan bagian kulit tubuh lainnya seperti kaki. Seperti yang kita tahu penggunaan sabun sering bersentuhan langsung dengan kulit tangan dan kaki setiap hari. Setiap hari orang akan mencuci tangan lebih dari 3 kali sehari, apalagi bagi wanita yang mencuci tentu sangat rawan terkena kulit tangan keriput. Hal tersebut biasanya terjadi karena penggunaan sabun. Sabun pencuci tangan, pencuci piring kebanyakan mengandung bahan kimia yang kadang tidak cocok dengan kulit tangan. Maka akibatnya adalah terjadi kekeringan pada kulit yang merupakan tanda keriput pada tangan dan jari.

3. Deterjen

Penggunaan detergen atau deterjen setiap hari saat mencuci pakaian oleh wanita merupakan salah satu penyebab tangan keriput di usia muda. Apalagi saat mencuci pakaian tersebut dilakukan dengan tangan. Maka hal tersebut akan lebih rentan terkena kekeringan pada kulit yang menyebabkan menjadi keriput.

4. Produk Kecantikan

Keberadaan kosmetik sebagai produk kecantikan berpengaruh terhadap kesehatan kulit wanita. Jika tidak berhati-hati memilih bahan yang aman maka akan rentan terhadap penuaan dini. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok juga bisa penyebab kulit keriput pada wajah. Begitu juga penggunaan lotion dan pelembab untuk kulit tangan dan kaki yang tidak cocok bisa menjadi penyebab tangan keriput di usia muda. Perlu di waspadai juga penggunaan produk kecantikan yang berkhasiat sebagai pemutih kulit, khususnya untuk memutihkan kulit wajah. Sebab penggunaan bahan kimia seperti mercuri dan lainnya bisa memicu risiko terkena flek dan bintik hitam pada wajah. Bahkan pada keadaan tertentu dan lama bisa menjadi penyebab kanker kulit.

5. Kurang Minum Air Putih

Sangat penting bagi kita menjaga dan memenuhi kebutuhan asupan air untuk tubuh. Sangat dianjurkan untuk setiap hari minimal mengkonsumsi 8 sampai 9 gelas air putih per hari. Hal itu berguna untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu metabolisme dalam tubuh. Dengan kurang minum air putih akan menjadi penyebab tangan keriput di usia muda. Bahkan dengan kurang konsumsi air bisa menjadi penyebab kulit tubuh menjadi kering dan keriput. Jika hal itu berlangsung lama, boleh jadi merupakan penyebab penuaan dini.

6. Kekurangan Vitamin dan Mineral

Kekurangan vitamin C dan vitamin E bisa menjadi penyebab tangan keriput di usia muda. Pemenuhan vitamin tersebut disamping baik untuk kesehatan tubuh dapat juga menjadi pencegah penuaan dini. Tak mengherankan banyak penelitian mewanti-wanti atau memperingatkan akan pentingnya mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya vitamin C dan vitamin E untuk kesehatan kulit agar awet muda.

Baca juga: 6 Cara Merawat Kulit Tubuh Agar Tidak Kering Kusam dan Keriput

7. Diet Berlebihan

Diet yang berlebihan merupakan salah satu penyebab penuaan dini dan menjadi penyebab dari tangan keriput di usia muda. Diet yang ketat dengan keinginan cepat menurunkan berat badan tidak dianjurkan untuk kesehatan dan kecantikan. Hal tersebut dikarenakan akan menjadi berkurangnya asupan gizi, vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Maka tak mengherankan bagi orang yang diet ketat akan terlihat lebih tua dari umur sebenarnya karena cara yang dilakukan tidak secara benar. Nah, maka perlu konsultasikan ke ahli gizi atau dokter sebelum melakukan diet agar terhindar dari penuaan dini.

8. Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol tidak hanya menjadi penyebab tangan keriput di usia muda tapi merupakan penyebab penyakit juga. Kebanyakan perokok dan peminum alkohol akan lebih cenderung kurang sehat dalam hidupnya. Perokok berat atau peminum alkohol berat akan terlihat lebih tua dari umur sebenarnya, wajah menjadi kering dan kusam dan timbul kerutan-kerutan penuaan dini di area wajah.

Cara Mencegah Tangan Keriput di usia Muda Secara Alami

Setelah kita mengetahui faktor penyebab kulit tangan, kaki, wajah dan bagian lainnya menjadi keriput. Ada beberapa langkah atau cara sebagai tips mencegah  kulit keriput di usia muda. Nah, untuk lebih jelasnya tentang apa saja cara mencegah kulit tangan keriput di usia muda dan bagian kulit tubuh lainnya, berikut ini penjelasannya:

1. Rajin Berolahraga

Cara mudah mencegah kulit keriput di usia muda yaitu dengan merutinkan berolahraga setiap hari dengan teratur. Lakukan jogging setiap pagi atau sore merupakan bagian cara mencegah tangan keriput di usia muda. Dengan berolahraga maka kulit akan mengeluarkan cairan tubuh berupa keringat dan mengganti cairan tersebut dengan meminum air saat berolahraga. Maka dianjurkan dalam berolahraga seperti jogging untuk setiap 15 menit untuk minum air putih karena bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh dan mencegah kulit menjadi kusam dan kering.

Baca juga: Tips Cara Merawat Kulit Wajah Secara Alami Agar Awet Muda dan Putih

2. Istirahat yang Cukup

Penting untuk menjaga dan memperhatikan waktu istirahat yang cukup, dalam hal ini adalah tidur. Tidur yang baik yaitu yang dilakukan minimal 8 jam. Ternyata efek kurang tidur untuk kulit dapat menyebabkan kulit keriput dan kusam. Maka untuk mencegah kulit tangan keriput di usia muda dan kulit bagian tubuh yang lainnnya dengan menghindari begadang.

3. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Memang sangat penting untuk menjaga pola hidup sehat yaitu menghindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum beralkohol. Ternyata disamping keduanya merupakan penyebab kulit keriput dan kusam. Dengan menghindarinya adalah salah satu cara mencegah kulit tangan keriput di usia muda dan bagian tubuh lainnya seperti wajah.

4. Penuhi Kebutuhan Vitamin

Mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan E merupakan cara mencegah kulit wajah keriput dan kusam. Tidak hanya itu kulit tangan keriput di usia muda bisa dicegahnya. Banyak makanan seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin C dan E yang dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Untuk lebih jelasnya tentang buah-buahan yang mengandung vitamin C dan buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin E bisa dibaca di bawah ini.

Baca juga: Daftar Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi dan Manfaatnya

                   Daftar Buah yang Mengandung Vitamin E Tinggi dan Manfaatnya

Cara Mengatasi Kulit Tangan Keriput di Usia Muda Secara Alami dan Ampuh

Kulit kering dan keriput di usia muda merupakan masalah yang perlu diperhatikan dan diatasi dengan cepat agar terhindar dari penuaan dini. Tentu semua orang menginginkan awet muda dan segar. Cara mengatasi kulit keriput pada tangan dan kaki bisa dilakukan dengan mudah yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami seperti minyak kelapa, bengkoang, madu dan lainnya. Bahan-bahan alami tersebut digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan keriput di jari tangan, telapak tangan, wajah, wajah, jidat dan bagian kulit di tubuh lainnya. Nah bagaimana cara mengatasi kulit tangan keriput di usia muda dengan alami tersebut, berikut ini cara dan bahan yang digunakan:

1. Kentang dan Bengkoang

Dua bahan alami ini merupakan bahan yang sering digunakan sebagai cara menghilangkan keriput pada wajah, tangan, kaki, jari, dan bagian tubuh lainnya. Penggunaan kentang dan bawang untuk mengatasi kulit tangan keriput di usia muda sangat mudah, yaitu dengan membuat kedua bahan tersebut lumat atau dilembutkan dan mengoleskannya pada kulit tangan. Jika ingin mengatasi kulit keriput pada wajah maka gunakan sebagai masker. Dengan mengoleskan ke bagian kulit yang lain di tubuh akan efektif mengatasi kulit keriput dan kusam.

2. Minyak zaitun

Bahan alami lain yang ampuh digunakan untuk cara mengatasi kulit tangan keriput di usia muda adalah minyak zaitun. Minyak ini terkenal manfaatnya untuk kulit yang dapat mengembalikan kulit menjadi kencang kembali. Tidak hanya pada kulit tangan saja. Mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang kering dan kusam maka akan mengatasinya dengan cepat. Begitu juga bagian kulit tubuh lainnya yang mengalami kering, keriput dan kusam. Cukup oleskan secara merata dan rutin setiap hari.

3. Madu

Sama halnya dengan minyak zaitun, dengan mengoleskan madu pada kulit tangan yang keriput maka akan mengembalikan normal kembali. Cara mengatasi kulit tangan keriput dengan madu terbukti ampuh. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskannnya di kulit tangan dan diamkan beberapa menit kemudian basuh hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap hari maka kulit tangan akan kembali kencang. Selain tangan madu juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit keriput pada wajah dan bagian kulit tubuh lainnya, seperti di kaki, jidat, telapak tangan, jari tangan yang keriput. Anda cukup mengoleskannya secara merata.

4. Kulit Semangka

jangan buang kulit semangka, ternyata kulit semangka bisa dijadikan bahan cara mengatasi dan menghilangkan kulit keriput dan kering pada tubuh. Kulit semangka juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi kulit tangan keriput di usia muda yaitu dengan menggosok dan membiarkannya beberapa menit kemudian bilas dengan bersih. Cukup mudah, bukan?. Selain itu bisa juga digunakan untuk cara mengatasi kulit keriput pada wajah dengan mudah, yaitu sama, mengoleskannya pada wajah, diamkan dan bilas. Lakukan rutin setiap hari sekali.

5. Pisang

Pisang merupakan bahan alami untuk kulit yang berkhasiat mengencangkan dan membuat elastis kembali pada kulit yang kering dan keriput. Dengan mengoleskan pisang yang sudah dilumatkan pada kulit tangan adalah cara ampuh mengatasi kulit tangan keriput di usia muda. Bahkan dengan menjadikannya masker dengan campuran madu bisa menjadi cara mengatasi kulit keriput pada wajah.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi kulit tangan keriput di usia muda serta cara mencegahnya. Semoga ulasan tadi berguna dan bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Membuat Kulit Wajah Agar Awet Muda dan Berseri dengan Buah

Loading...

Leave a Comment