Manfaat Teh Hijau Matcha Untuk Diet dan Cara Membuatnya Sendiri di Rumah

Manfaat teh hijau matcha untuk diet dan cara membuatnya sendiri di rumah. Teh hijau matcha diyakini lebih unggul dibandingkan dari teh hijau biasa untuk diet menurunkan berat badan, dan lainnya. Teh hijau matcha berbentuk bubuk yang terbuat dari teh hijau yang sudah melalui proses diuapkan dan dikeringkan. Nama matcha diambil dari bahasa jepang yang berarti teh hijau. Nah, lalu apa bedanya teh hijau biasa dengan teh hijau matcha tersebut.

Loading...

Perbedaan teh hijau matcha dan teh hijau pada umumnya yaitu pada proses memetik atau saat memanennya. Teh hijau matcha dipetik saat masih kuncup dan diubah melalui proses penguapan dan dikeringkan kemudian dibuat menjadi bubuk, beda dengan teh hijau yang masih berbentuk daun. Perbedaan proses pembuatannya tersebut ternyata membuat teh hijau matcha memliki khasiat yang lebih bagus dibandingkan teh hijau biasa, biak untuk diet dan kesehatan lainnya. Nah apa saja manfaat teh hijau matcha untuk diet, dan bagaimana cara membuatnya sendiri di rumah, simak yang berikut ini.

Manfaat Teh Hijau Matcha Untuk Diet

Menurut penelitian menyebutkan bahwa teh hijau matcha lebih menyehatkan dibandingkan dengan teh hijau biasa. Hal ini dikarenakan kandungan pada teh hijau matcha mengandung antioksidan lebih banyak dari teh hijau biasa. bahkan disebutkan antioksidan teh hijau matcha 137 lebih banyak dari teh hijau biasa.

Menurut Sebuah studi menyimpulkan bahwa satu sajian teh hijau matcha bisa memiliki mengandung antioksidan polifenol yang disebut epigallocatechin gallate (EGCG) 10 kali lebih banyak dibandingkan teh hijau biasa.  Lantas, apa saja manfaat teh hijau matcha untuk diet dan kesehatan bagi tubuh?, adalah sebagai berikut:

1. Menurunkan Berat Badan

Loading...

Manfaat teh hijau matcha untuk diet yaitu membantu menurunkan berat badan lebih cepat dari teh hijau biasa. Teh hijau matcha berkhasiat mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menghentikan pembentukan jaringan lemak. Dengan meminum segelas teh hijau matcha setiap hari dapat membantu mengurangi asupan kalori.

Baca juga: 5 Merk Teh Hijau yang Bagus Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

2. Melangsingkan Tubuh

Teh hijau matcha untuk diet selain dapat menurunkan berat badan secara alami dan cepat, manfaat lainnya yaitu bisa mengecilkan tubuh yang gemuk karena lemak dan mengecilkan perut buncit. Hal itu dikarenakan pada 1 gelas teh hijau matcha bisa mengandung catechins. Catechins berguna untuk membakar lemak dengan cepat dan meningkatkan metabolisme. Nah, bagi Anda yang ingin langsing maka rutinkan minum teh hijau matcha setiap hari.

3. Mencegah Penyakit Diabetes

Minum teh hijau matcha untuk diet selain menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh yaitu dapat menghindarkan penyakit diabetes tipe 2. Teh hijau matcha berguna melindungi sistem hati dan ginjal. Penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum teh hijau matcha segelas setiap hari akan etrhindar dari risiko terkena penyakit diabetes tipe 2karena kandungan teh hijau yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Cara Membuat Teh Hijau Matcha Untuk Diet

teh hijau matcha untuk diet

Setelah mengetahui beberapa manfaat teh hijau matcha, kini saatnya Anda mencoba cara membuat teh hijau matcha sendiri di rumah. Ada perbedaan yang sangat dalam proses membuat seduhan teh hijau matcha dengan teh hijau biasa, dari mulah menyeduh hingga proses akhir penyajiannya. Nah, agar lebih jelasnya tentang bagaimana cara membuat teh hijau matcha untuk diet dari mulai menyeduh hingga penyajiannya, simak ulasan berikut ini:

  • Pertama siapkan bahan utamanya yaitu bubuk teh hijau matcha dan pengaduknya. Pengaduk matcha tersebut terbuat dari bambu yang disebut chasen. Untuk bubuk matcha dan chasen bisa Anda beli di toko-toko yang menjual teh jepang terdekat.
  • Sediakan mangkuk dan masuk bubuk matcha sebanyak 2 sendok teh.
  • Seduhkan air panas¬† 80 sampai 90 derajat celcius sebanyak seperempat mangkuk ke dalam mangkuk yang berisi bubuk teh hijau matcha tersebut.
  • Aduk campuran air panas dan bubuk matcha tersebut dengan menggunakan chasen atau bambu pengaduk matcha secara langsung.
  • Aduk dengan gerakan melingkar secara bolak balik secara tepat tidak lambat dan tidak terlalu cepat hingga bubuk menyatu dan mencair dengan air panas.
  • Setelah terlihat buih-buihnya halus maka tanda seduhan bubuk teh hijau matcha siap untuk diminum.

Demikianlah ulasan tentang manfaat teh hijau matcha untuk diet dan cara membuatnya. Semoga informasi tadi bisa berguna, khususnya bagi Anda yang ingin mencoba diet dengan teh hijau matcha yang terkenal ampuh menurunkan berat badan dan melangsingkan tubuh. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Teh Hijau Untuk Diet dan Aturan Cara Meminumnya yang Benar

Loading...

Leave a Comment