Teh Hijau Untuk Diet dan Aturan Cara Meminumnya yang Benar

Manfaat teh hijau untuk diet bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat dan alami. Green tea atau teh hijau ini cukup populer khasiatnya untuk diet, hal ini sama dengan manfaat kopi hijau. Untuk menghasilkan efek menurunkan berat badan tersebut, perlu Anda mengetahui aturan atau cara minum teh hijau yang benar. Dengan mengkonsumsi teh hijau akan meningkatkan metabolisme tubuh dan merasa kenyang lebih lama sehingga teh hijau sangat membantu untuk melangsingkan dan diet menurunkan berat badan Anda.

Produk teh hijau untuk diet banyak dipasaran dan Anda bisa membelinya dengan mudah seperti di supermarket, indomaret, alfamart dan lain sebagainya. Ada banyak merk teh hijau yang bagus untuk diet diantaranya yaitu diet teh hijau kepala djenggot dan masih banyak yang lainnya. Selain produk teh hijau yang banyak, harganya pun cukup beragam. Untuk produk teh hijau yang pada umumnya kemasan celup dijual antara kisaran Rp.20 Ribu hingga Rp.80 Ribu dan bahkan untuk harga teh hijau merk tertentu bisa lebih mahal. Teh hijau untuk diet sebenarnya bisa Anda buat sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya bisa Anda baca di sini

Baca juga: Cara Membuat Teh Hijau Sendiri yang Baik dan Benar Untuk Diet

Aturan Minum Teh hijau Untuk Diet yang Benar

Mengkonsumsi teh hijau harus mengetahui cara meminumnya. Dari mulai cara menyeduh dan dosis atau takaran yang pas. Hal itu penting dilakukan karena akan membantu memaksimalkan khasiat teh hijau untuk diet lebih efektif. Cara minum teh hijau agar cepat kurus menurut hasil penelitian yaitu dengan minum teh hijau dua sampai enam kali sehari akan menurunkan berat badan 5 persen.

teh hijau untuk diet

Banyak pernyataan tentang pengalaman diet teh hijau ini tidak bisa memastikan untuk seberapa cepat teh hijau mampu menurunkan berat badan. Hal itu memang tergantung pada faktor lain yang mendorong mempercepat hasil diet dengan teh hijau tersebut, seperti dengan banyak mengkonsumsi air putih, banyak aktivitas gerak atau lebih bagus lagi dibarengi dengan olahraga seperti berjalan dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara minum teh hijau agar cepat kurus, yaitu:

1. Minum 3 sampai 6 Kali Sehari

Teh hijau untuk diet mengandung antioksidan yang tinggi yang disebut Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang berguna meningkatkan metabolisme, membakar lemak dalam tubuh, dan mengurangi nafsu makan. Dengan meminumnya setiap hari teh hijau bisa mempercepat proses turunnya berat badan. Namun, ada aturan cara minum teh hijau agar cepat kurus ini, sebaiknya Anda meminumnya antara 3 sampai 6 cangkir per hari jangan berlebihan. Jika lebih dari 6 cangkir bisa mendatangkan gangguan atau efek samping pada kesehatan. Diantara efek samping minum teh hijau terlalu banyak akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas.

2. Merk teh hijau yang bagus untuk diet

Semua merk teh hijau yang ada dipasaran memiliki manfaat yang sama dalam menurunkan berat badan. Namun jenis teh hijau pelangsing untuk diet yang bagus yaitu teh hijau jenis Matcha. Teh Matcha merupakan teh hijau  terbaik dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan pada teh matcha mengandung lebih banyak antioksidan yaitu 137 kali lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau biasa. Selain itu teh hijau matcha juga mengandung nutrisi yang kaya dan lebih bermanfaat. Jika Anda ingin tahu merk teh hijau yang bagus untuk diet maka carilah produk teh hijau dengan bahan teh matcha.

3. Waktu Yang Tepat

Cara minum teh hijau agar cepat kurus yaitu dengan memperhatikan waktu saat meminumnya. Aturan minum teh hijau untuk diet yaitu meminumnya setelah makan. Usahakan jeda satu jam setelah makan untuk meminum teh hijau tersebut. Masih jadi permasalahan tentang cara minum teh hijau  ini, Ada yang menganjurkan minum setelah makan dan tidak meminumnya saat keadaan perut kosong pada pagi hari. Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa efek menurunkan berat badan lebih efektif jika teh hijau untuk diet di minum sebelum makan pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Untuk Hal ini waras sehat berpendapat dari pengalaman diet teh hijau yaitu bisa teh diminum sebelum makan bagi seseorang yang tidak memiliki gangguan pencernaan seperti masalah asam lambung atau maag.

Tips Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Teh hijau untuk Diet

Diet menurunkan berat badan dengan teh hijau harus memiliki tips dan trik agar tidak membosankan dan hasilnya pun lebih cepat. Berikut ini adalah cara mudah menurunkan berat badan dengan teh hijau untuk diet, yaitu:

1. Minumlah Setiap Hari Jadikan Kebiasaan

Meminum teh hijau akan terasa menyenangkan jika Anda membuat jadwal rutin waktu minum teh hijau. Minum secangkir teh hijau hangat saat diet pada pagi hari dan sore hari, kemudian pada malam hari sebelum tidur dengan tanpa gula dan minuman kafein lainnya seperti kopi. Ganti kebiasaan Anda minum kopi pada pagi hari dengan teh hijau untuk diet sehat. Jika cuaca panas Anda bisa mendinginkannya terlebih dahulu di kulkas sebelum meminumnya.

2. Pilihlah Teh Hijau Untuk Diet Sesuai Selera

Jangan terpaku pada merk produk teh hijau pelangsing yang ampuh, yang bagus dan lain sebagainya. Meminum teh akan menyenangkan bila tidak berpikir bahwa teh yang bagus untuk menurunkan berat badan adalah jenis merk A dan B. Anda bisa mengganti teh hijau dengan teh yang memiliki manfaat sama dalam menurunkan berat badan yang Anda sukai, seperti teh putih, teh hitam, teh oolong dan teh lainnya.

3. Jangan Menambahkan Bahan Lain

Untuk teh hijau diet sebaiknya Anda tidak menambahkan bahan lain yang bisa merusak manfaatnya untuk menurunkan berat badan. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk dicampurkan antara lain, krim, gula karena kedua bahan tersebut akan merusak manfaat dan khasiat dari teh hijau tersebut. Jika ingin menambahkan bahan lain sebaiknya dengan perasan jeruk nipis. Diet teh hijau dan jeruk nipis terbukti akan menurunkan berat badan dengan cepat. Ambil satu sendok teh perasan jeruk nipis lalu tambahkan ke dalam secangkir teh hijau.

4. Minum Teh hijau Sebagai Pengganti lapar

Saat melakukan diet gangguan yang sering muncul adalah rasa lapar. Maka sebagai solusi untuk menahan rasa lapar yaitu dengan mengkonsumsi teh hijau untuk diet tersebut setiap kali Anda merasa lapar dan ingin makan. Minumlah secangkir teh hijau saat lapar terasa. Dengan meminum secangkir teh hijau  maka bermanfaat menjadikan Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Minum Secangkir Teh Hijau Sebelum Makan

Aturan minum teh hijau untuk diet yang bisa Anda coba dan bagus hasilnya dalam menurunkan berat badan yaitu minum secangkir teh sebelum makan. Usahakan menghabiskan secangkir teh hijau  sebelum Anda sarapan atau makan siang maupun makan malam.

Selain manfaat untuk menurunkan berat badan, ternyata teh hijau untuk diet memiliki efek samping jika diminum dalam jumlah melebihi dosis. Minum teh hijau sebaiknya 3 sampai 6 cangkir sehari terbukti bisa membakar kalori sebanyak 50 sampai 100 kalori, melindungi jantung, mencegah kerusakan gigi dan lain-lain. Namun jika minum lebih dari batas normal maka akan menimbulkan masalah pada tubuh Anda.

Efek Samping Teh Hijau Untuk Diet

Inilah beberapa efek samping atau dampak negatif jika mengkonsumsi teh hijau terlalu banyak, adalah sebagai berikut:

  • Meminum teh hijau untuk diet dengan berlebihan akan menyebabkan gangguan penyerapan zat besi yang bisa menimbulkan anemia.
  • Kandungan kafein tinggi pada teh hijau diet bisa menyebabkan gangguan susah tidur. Untuk mencegahnya, sebaiknya minum teh hijau 3 jam sebelum tidur.
  • Jika Anda memiliki gangguan tidur atau insomnia maka diasarankan untuk minum teh hijau sekali saja dalam sehari dan dilakukan pada jam 4 sore.
  • Meminum teh hijau dalam jangka waktu yang lama dan berlebihan akan menimbulkan noda pada gigi yaitu gigi kuning.
  • Jika Anda membeli produk teh hijau untuk diet, sebaiknya Anda cek komposisi yang biasanya ada dikemasan dibalik merk teh hijau. Hal ini karena ada bahan tambahan yang berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi seperti teh hijau yang terbuat dari komprei karena mengandung zat berbahaya alkaloid pirolizidin yang membahayakan kesehatan liver.
  • Disarankan hanya meminum 3 cangkir teh hijau untuk diet. Pada kondisi tertentu seseorang akan mengalami susah tidur jika mengkonsumsi teh hijau lebih dari 3 cangkir. Memang tidak semua namun sebagian orang yang mengalaminya. Untuk lebih amannya minum 3 gelas teh hijau setiap hari.

Demikianlah pembahasan tentang manfaat teh hijau untuk diet dan efek samping teh hijau jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda pembaca semua. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Related Posts

Add Comment

Dapatkan lebih banyak informasi tentang kesehatan dan kecantikan terlengkap
di email Anda

Silahkan berlangganan dan dapatkan informasi terbaru yang menarik ke email Anda.

Terimakasih Telah Berlangganan

Ups!! Ada Sesuatu yang Salah, Silahkan Coba Kembali