Tipes Pada Anak Gejala Penyebab dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Tipes pada anak gejala penyebab dan cara mengobatinya secara alami. Tifus atau tipes pada anak adalah penyakit yang menyebabkan anak mengalami panas, demam, susah makan dan jadi sering rewel. Anda perlu mewaspadainya, jangan sampai berdampak berbahaya pada buah hati Anda. Pada kesempatan ini waras sehat akan membahas tentang penyakit tipes pada anak. Dengan Anda mengetahui gejala, penyebab dan cara mengatasinya, akan sangat membantu proses penyembuhan si buah hati.

Loading...

Penyebab dan Gejala Tipes Pada Anak

Pada umumnya penyebab tipes ini adalah bakteri pada usus halus. Bakteri penyebab tipes pada anak-anak bernama Salmonella Typhi atau Salmonella Paeartyphi. Bakteri ini masuk ke usus halus melalui makanan yang dikonsumsi oleh anak, maka tak mengherankan jika anak-anak akan sangat berpeluang dan berisiko terkena tipes.

Anak-anak terbiasa dan suka dengan makanan atau jajanan, kadang pada makanan atau jajanan yang mereka konsumsi telah terkontaminasi bakteri tipus. Kemudian bakteri masuk ke dalam usus dan berkembang biak yang akhirnya merusak dinding usus. Bahkan pada saat  bakteri tipus akan berkembang biak dan bisa masuk ke saluran limfa, kemudian masuk ke pembuluh darah. Proses ini membutuhkan waktu antara 24 sampai 27 jam.

Setelah melebihi waktu tersebut bakteri tipes yang berkembang, kemudian menyebar pada pembuluh darah anak dan akhirnya menimbulkan gejala-gejala penyakit tipes. Gejala umum tipes yang dialami oleh anak-anak, yaitu demam. Panas yang tinggi dari hari ke hari dan bertambah parah pada malam hari. Hal ini dikarenakan bakteri tipes aktif pada malam hari.

tipes pada anak
Tipes Pada Anak Gejala Penyebab dan Cara Mengobatinya Secara Alami | Sumber Gambar: Alodokter

Anda perlu waspadai jika gejala tipes ini berlangsung selama 6 sampai 10 hari. Pada masa tersebut gejala tipes bisa menjadi penyakit tipes yang berbahaya. Waktu yang lama menderita gejala tipes, anak akan susah makan dan minum. Jika sudah sampai keadaan seperti itu dan tidak ditangani secara cepat dan benar, anak akan mengalami dehidrasi parah yang bisa membahayakan.

Loading...

Penyakit tipes merupakan penyakit yang berbahaya jika tidak ditangani secara cepat. pada keadaan lebih parahnya lagi tipes menyebabkan sakit perut, diare bahkan susah buang air besar (BAB). dan selanjutnya anak akan sering mengalami pingsan. Oleh karena itu perlu adanya pengobatan dan cara mengatasi atau menyembuhkan tipes pada anak bisa Anda lakukan dengan cara alami. Mungkin cara mengobati tipes secara alami hanya bisa dilakukan jika gejala tipes belum parah. Namun jika sudah sampai diare, muntah bahkan pingsan maka solusinya hubungi dokter untuk memeriksanya.

Cara Mengatasi Tipes Pada Anak Secara Alami

Penyakit tipes tak memandang usia, bayi, anak kecil, dewasa bahkan tua bisa terserang tipes. Bagi anak atau orang dewasa tipes harus segera mendapat penanganannya. Dengan segera mengatasi penyakit tipes ini, maka akan terhindar dari kebocoran pada usus yang bisa menyebabkan kematian. Memang gejala tipes pada anak atau bayi sangat sulit terdeteksi, karena biasanya bayi atau anak-anak akan menjadi rewel yang disebabkan rasa yang kurang nyaman pada tubuhnya.

Namun, ada tanda yang bisa Anda dapat melihat atau mendeteksinya, yaitu mengalami demam mulai naik pada sore dan malam hari dan akan mulai mereda pada pagi hari. Lidah terlihat putih pucat namun terlihat merah pada tepi dan ujungnya. Keadaan yang perlu diwaspadai jika sudah sampai anak mengalami mual dan muntah, karena hal ini menandakan bakteri tipus sudah menyebar pada organ hati dan limfa. Kemudian menjadikan bengkak pada organ tersebut yang menjadikan anak menjadi mulas dan muntah.

Setelah Anda mengetahui penyebab dan gejala-gejala di atas, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana mengobati tipes anak. Untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa tips cara alami menyembuhkan tipes anak.

Baca juga: Manfaat Bawang Merah Untuk Batuk Pilek Pada Anak Dan Bayi

Pada dasarnya pengobatan tipes secara alami membutuhkan waktu yang relatif lama dibandingkan dengan pengobatan yang dilakukan dokter. Selain itu, anak juga memerlukan istirahat yang cukup untuk sembuh.

Memperhatikan Makanan Dan Minuman

Untuk tahap awal, Anda harus memperhatikan konsumsi anak baik makanan atau minumannya. Pastikan asupan gizinya tercukupi setiap hari . Hindari makanan mie instan, pedas atau gorengan dan juga junk food. Jangan lupa juga asupan air minumnya, perbanyak minum air putih, atau teh hangat tanpa gula untuk menghindari dehidrasi pada anak.

Ekstrak Cacing

Anda tidak perlu membuatnya sendiri, sekarang banyak yang menjualnya. Anda hanya membeli dan memberikannya untuk diminum ke anak. Biasanya ekstrak cacing ini sudah berbentuk kapsul dan juga dalam bentuk yang lain.

Seumpama Anda tidak mendapatkan yang menjual ekstrak cacing, Anda bisa membuatnya sendiri, dengan cara yang mudah yaitu, siapkan 10 sampai 12 ekor cacing kemudian Anda buang isi perutnya. Cuci sampai bersih kemudian rebus, biarkan sampai mendidih dan Minumkan rebusan tersebut pada anak 3 kali sehari. Memang rasanya tidak enak, namun rebusan ini termasuk obat tipes yang ampuh tidak hanya untuk anak tapi pada orang dewasa juga.

Kunyit

Kunyit yang biasa digunakan sebagai bumbu masak, manfaat kunyit ternyata bisa untuk mengobati tipes anak yang cukup manjur. Cara membuat ramuan kunyit sebagai obat tradisional tipes pada anak sangatlah mudah, yaitu Siapkan 2 ruas kunyit, 2o lembar daun pegagan dan 10 daun sambiloto. Cuci bersih semua bahan, lalu iris kecil kecil semuanya. Rebus semua bahan menggunakan empat gelas hingga menjadi dua gelas dan minum ramuan ini tiga kali sehari sampai sembuh.

Cara Alami Mengobati tipes Pada Anak Dengan Buah-Buahan

Selain menggunakan ekstrak cacing dan obat ramuan kunyit, tipes anak juga bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi buah-buahan. Namun tidak semua buah, berikut adalah jenis buat yang bisa Anda jadikan Obat alami tipes pada anak, yaitu:

Buah Sawo Muda

Obat sakit tipes anak dengan buah yang pertama yaitu buah sawo muda. Jika orang suka mengkonsumsi sawo yang matang, namun untuk mengobati tipes anak menggunakan sawo muda. Sawo muda ini dibuat ramuan, dan berikut cara membuatnya, siapkan 5 buah sawo muda, cuci sampai bersih. Kemudian parut hingga lembut lalu peras dengan mencampur air matang.

Dosis meminumnya pada anak minum sekali sehari selama dua hari, dan pada orang dewasa dengan minum sekali sehari selama 4 hari. ukuran untuk anak setengahnya dari pemakaian orang dewasa. Untuk anak-anak cukup separo atau seperempat gelas saja.

Buah Mentimun

Mungkin selama ini yang banyak diketahui oleh masyarakat, bahwa manfaat buah timun banyak digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ternyata buah mentimun bisa juga dijadikan untuk obat tipes anak atau dewasa. Seperti pada sawo muda, timun dibuat ramuan. Berikut cara membuat ramuan mentimun untuk mengobati tipes pada anak. Caranya cukup mudah dan bisa Anda buat di rumah, yaitu siapkan lima buah timun, kemudian cuci bersih. Parut hingga halus kemudian peras. saring lalu ambil airnya, minum ramuan ini 3 kali sehari pada anak-anak maupun orang dewasa. Dosis untuk anak setengah dari dosis orang dewasa. Minum hingga tipes sembuh.

Buah Pepaya

Manfaat buah pepaya memang sangat banyak, selain untuk mengatasi masalah sembelit, pepaya juga sebagai obat tipes anak. Buah pepaya yang digunakan adalah pepaya yang masih muda atau setengah matang. Cara membuat obat tradisional tipes dengan pepaya, yaitu bersihkan pepaya setengah matang, kemudian parut dan tambahkan sedikit air matang kemudian peras. Ambil airnya untuk diminumkan pada anak. Minum 1 kali sehari hingga tipes pada anak Anda sembuh.

Demikianlah penyebab, gejala dan cara mengobati tipes pada anak. Jika setelah mencoba cara-cara di atas belum ada tanda membaik disarankan untuk berobat ke dokter. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Demam Pada Anak Secara Alami dan Cepat

Loading...

Leave a Comment