6 Tips Agar Cepat Melahirkan dengan Normal Sebelum HPL

Tips agar cepat melahirkan dengan normal sebelum HPL. Banyak ibu hamil yang mengalami rasa khawatir dengan waktu persalinan yang tidak tepat, seperti mundur dari perkiraan hari penentuan lahir (HPL). Saat kehamilan menginjak usia kandungan 37,minggu 38 minggu , dan 39 minggu perasaan was-was mulai muncul, bagaimana nantinya bisa melahirkan dengan cepat dan normal sebelum HPL. Bahkan sering terjadi wanita mengalami stres saat dokter memperkirakan tanggal lahir bayi, dan tanda kelahiran tak kunjung dialaminya.

Loading...

Tips agar cepat melahirkan bisa Anda lakukan. Namun yang pertama yang harus dilakukan adalah bersikap tenang, dan tetap percaya bayi akan lahir cepat, normal. Dengan rasa tenang tersebut akan membawa pengaruh yang baik pada kejiwaan ibu hamil dan kesehatan janin dalam kandungan. Ada beberapa tips agar cepat melahirkan yang bisa merangsang persalinan agar cepat datang.

Tips Agar Cepat Melahirkan dengan Normal

tips agar cepat melahirkan

Ada beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan untuk cepat melahirkan, Diantaranya dengan melakukan jalan santai secara teratur. Selain itu bisa dengan melakukan senam dan pijatan lembut. Untuk lebih jelasnya, Berikut ini beberapa tips agar cepat melahirkan, yaitu:

1. Berjalan Kaki

Loading...

Cara yang pertama yaitu dengan merutinkan berjalan kaki dengan santai. Lakukan secara teratur ketika waktu menjelang persalinan. Ketika berjalan kaki lakukanlah dengan cara yang benar dengan posisi tubuh tegak dan tidak terlalu condong ke belakang. Jalan kaki merupakan cara mudah dan murah yang termasuk tips agar cepat melahirkan secara alami dan umum dilakukan. Lakukan jalan kaki setiap pagi di sekitar rumah atau lingkungan sekitar.

Baca juga: Tugas Suami Saat Istri Hamil Dan Melahirkan

2. Stimulasi Puting

Tips agar cepat melahirkan selanjutnya yaitu dengan melakukan stimulasi pada puting payudara. Menstimulasi puting bermanfaat untuk merangsang rahim agar berkontraksi. Lakukan stimulasi ini sendiri dan lakukan jangan berlebihan, jika berlebihan bisa mengakibatkan maka akan terjadi kontraksi yang kuat dan berkepanjangan yang akan mengganggu aliran darah pada  janin dalam kandungan.

3. Senam Hamil

Sangat dianjurkan untuk ibu hamil untuk mengikuti senam hamil. Manfaat senam untuk ibu hamil ini bisa membantu penurunan posisi bayi ke bagian bawah menuju jalur lahir. Selain itu senam hamil berguna untuk melemaskan daerah jalur lahir bayi, membantu kontraksi agar lebih mudah saat persalinan. Senam merupakan tips agar cepat melahirkan yang ampuh dan sangat dianjurkan.

4. Pijat Refleksi

Selain senam, tips agar cepat melahirkan yaitu melakukan pijat refleksi. Pijat refleksi dilakukan oleh ahlinya yang diawasi oleh dokter Anda. Manfaat pijat refleksi untuk ibu hamil diantaranya merangsang janin secara alami untuk lahir dan mendukung persalinan secara normal.

5. Birthing Ball

Tips agar cepat melahirkan selanjutnya adalah dengan melakukan tehnik birthing ball. Tehnik ini terbukti efektif dalam membantu Anda mempercepat persalinan. Anda bisa melakukan birthing ball sendiri di rumah, yaitu dengan duduk di atas bola yang lentur dan lembut kemudian menggerak-gerakkan tubuh Anda. Manfaat birthing ball pada ibu hamil adalah membantu menurunkan dan mendorong bayi beralih posisi terbaiknya untuk persalinan.

6. Berhubungan

Tips agar cepat melahirkan yang ampuh selanjutnya adalah dengan melakukan hubungan dengan pasangan Anda. Cairan air mani pria bermanfaat untuk membantu leher rahim menjadi lunak dan siap untuk segera membuka. Sebab, pada cairan tersebut mengandung prostaglandins yang secara medis diakui bisa merangsang kontraksi dan membuat lembut atau lunak leher rahim sehingga memudahkan melahirkan.

Demikianlah pembahasan tentang tips agar cepat melahirkan. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk pembaca semua, khususnya bagi ibu hamil yang sedang menunggu persalinannya. Selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Gerakan Senam Ibu Hamil Untuk Mempermudah Proses Persalinan

Loading...

Leave a Comment