Tips Agar Tulang Tidak Keropos Tetap Kuat Padat dan Berfungsi Baik

Tips agar tulang tidak keropos tetap kuat padat dan berfungsi baik. Mengalami tulang keropos atau osteoporosis merupakan hal yang umum dialami orang yang sudah lanjut usia. Namun akan menjadi masalah yang serius jika dialami oleh orang yang masih muda. Gangguan tulang keropos ini bisa dialami siapa saja karena penyebabnya adalah hilangnya kepadatan tulang. Dengan kepadatannya yang kurang maka akan rentan rapuh dan keropos. Oleh karena itu maka penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan tulang agar tetap kuat dan padat. Ada beberapa cara untuk merawat kesehatan tulang agar kuat dan berfungsi dengan baik seperti mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk tulang.

Loading...

Selain itu, ada tips agar tulang tidak keropos lainnya seperti pola hidup sehat dengan berolahraga dan menghindari minum minuman beralkohol. Nah, untuk lebih jelasnya tentang cara merawat tulang agar tetap kuat dan padat serta berfungsi dengan baik maka pada pertemuan kali ini akan dibagikan beberapa tips agar tulang tidak keropos dan kuat yang bisa Anda coba.

Cara dan Tips Agar Tulang Tidak Keropos (Padat) dan Berfungsi dengan Baik

Tentu semua orang menginginkan memiliki tulang tubuh yang kuat meskipun sudah usia lanjut. Akan menjadi masalah yang serius jika usia yang masih muda namun tulang mengalami rapuh dan tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya, tulang mudah retak dan bahkan mudah patah. Untuk menghindari semua itu maka perlu untuk Anda ketahui cara perawatan yang benar. Berikut ini beberapa tips agar tulang tidak keropos, kuat dan padat, yaitu:

1. Minum Susu

Tips agar tulang tidak keropos dan tetap sehat yang pertama yaitu membiasakan minum susu secara teratur setiap hari. Susu merupakan jenis minuman yang bagus untuk kesehatan tulang. Diantara manfaat susu ini mampu mencegah penipisan dan penurunan kepadatan tulang yang bisa menjadikan gejala osteoporosis. Dengan membiasakan minum susu maka tulang akan tetap kuat meskipun usia sudah tua. Selain susu, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan dari olahan susu seperti yoghurt, keju dan lainnya. Susu dan makanan hasil olahan dari susu tersebut memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang akan meningkatkan kepadatan tulang sehingga menjadi kuat.

Loading...

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Secara Alami Agar Tetap Sehat dan Kuat

2. Sayuran Hijau.

Jika tadi dari jenis minuman yang baik untuk tulang maka tips agar tulang tidak keropos selanjutnya yaitu dengan makan sayuran hijau. Termasuk sayuran hijau yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah tulang keropos antara lain kankung, bayam, brokoli dan lainnya. Mengkonsumsi sayuran maka akan mendapatkan asupan kalsium yang cukup dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Jenis makanan yang bagus untuk tulang kuat lainnya yaitu terdapat pada jenis ikan laut yang memiliki kandungan omega 3 dan kalsium tinggi seperti ikan salmon dengan tulang dan sarden.  Selain sayuran hijau dan ikan, kacang almond juga termasuk makanan yang baik untuk tulang.

3. Makanan Berprotein

Tidak hanya makanan yang mengandung kalsium saja yang sebaiknya Anda konsumsi agar tulang menjadi kuat. Jenis makanan yang banyak memiliki kandungan protein juga wajib Anda konsumsi. Termasuk tips agar tulang tidak keropos yaitu menjadikan makanan yang berprotein tinggi sebagai menu makanan yang dikonsumsi secara teratur. Ada pun makanan yang banyak mengandung protein untuk tulang antara lain: Ikan, daging unggas, kacang, kacangan, telur dan juga susu.

4. Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Seperti yang diketahui bahwa nutrisi yang sangat membantu memperkuat tulang adalah vitamin D. Maka, termasuk tips agar tulang tidak keropos dan menjadi kuat yaitu dengan mencukupkan kebutuhan tubuh akan vitamin D. Vitamin D bisa didapat dengan mengkonsumsi jenis makanan dan minuman dan beberapa jenis makanan ini memiliki kandungan vitamin D tinggi yaitu hati, kuning telur dan ikan laut. Anda juga bisa dengan mudah mendapatkan vitamin D hanya dengan berjemur sinar matahari pagi yang dilakukan jam pagi.

Baca juga: 10 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Kegunaannya (Fungsinya)

5. Mencukupkan Nutrisi Tulang

Disamping kalsium, vitamin D, tips agar tulang tidak keropos yang terbukti ampuh yaitu dengan memberi nutrisi untuk tulang. Nutrisi tulang yang baik yaitu seperti vitamin A, vitamin C, magnesium, tembaga, seng, zat besi dan flouride. Anda cukup mengkonsumsi makanan seperti gandum, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan maka akan membantu memenuhi kebutuha nutrisi untuk tulang agar tambah kuat dan menjaga fungsi tulang tetap baik.

6. Olahraga

Olahraga merupakan aktivitas gerak yang menyehatkan badan namun juga mampu memperkuat tulang. Namun tidak semua jenis olahraga mampu memperkuat dan mencegah osteoporosis. Adapun jenis olahraga yang dianjurkan untuk tips agar tulang tidak keropos antara lain jogging, latihan beban, dan sering berjalan. Dengan melakukan olahraga tersebut maka akan mampu dicegah pengeroposan tulang di usia muda. Tidak hanya untuk usia muda saja, jogging yang dilakukan usia tua akan menjaga agar tulang tetap kuat dan sehat.

Itulah tadi beberapa tips agar tulang tidak keropos tetap kuat, sehat dan berfungsi dengan baik. Silahkan Anda menerapkannya dalam keseharian Anda. Salam sehat!!

Baca juga: 8 Penyebab Osteoporosis pada Pria dan Wanita Serta Pencegahannya

Loading...

Leave a Comment