Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

Tips cara supaya anak cepat gemuk.  Bagaimana sih agar anak kita cepat gemuk?. Sering orangtua membicarakan masalah ini sesama temannya, ya tentang apa lagi kalau bukan ngobrol tentang buah hati mereka. Kesehatan merupakan pembicaraan yang mungkin tidak ada habisnya. Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya dalam keadaan sehat.

Loading...

Masalah gizi yang dialami seorang anak tidak hanya pada kelebihan berat badan atau obesitas saja. Namun ada juga anak mengalami berat badan yang kurang atau kurus. Bagaimana cara menggemukkan badan anak yang kurus?. Anak yang mengalami masalah gizi dapat dilihat dari badan yang kurus dan memiliki berat badan di bawah normal. Untuk mengetahui hal tersebut, dapat dilakukan dengan cara mengukur indeks masa tubuh (IMT)  yaitu membandingkan tinggi badan dengan berat badan.

Sebelum membahas cara menggemukkan badan pada anak. Perlu Anda mengetahui bahwa tidak semua anak tercukupi gizinya, ada beberapa permasalahan yang menjadi penyebab tubuh anak kekurangan asupan gizi dan nutrisi sehingga berat badan anak menjadi terganggu. Pada masa tumbuh kembang anak harus benar benar diperhatikan dan dijaga kebutuhan gizinya, supaya bisa terpenuhi sehingga tubuh anak tidak menjadi kurus.

Dalam hal ini, perlu adanya penanganan khusus dan tepat pada usia dini untuk menjaga berat badan si anak. Pola makan yang sehat dan asupan nutrisi serta gizi yang cukup sangat membantu pertumbuhan dan perkembangannya. Peran orang tua sangat diperlukan untuk peduli jumlah gizi yang dibutuhkan buah hati, agar masalah berat badan tertanggulangi. Namun, sayangnya tidak semua orang tua mengetahui hal ini, atau bahkan kurang serius menangani dengan asupan gizi dan nutrisi pada anaknya, sehingga saat tubuh anak kurus, barulah orangtua menyadarinya.

Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk
Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

Nah, waras sehat dalam kesempatan ini akan berbagi tips cara cepat menggemukkan anak. Untuk menggemukkan tubuh anak, ada beberapa hal  yang harus Anda perhatikan. Tidak hanya soal asupan gizi dan nutrisi atau pun jenis makanan yang harus dimakan oleh si anak. Untuk lebih jelasnya, simak lengkapnya di bawah ini.

Loading...

Ada hal yang perlu mendapat perhatian pada tips cara supaya anak cepat gemuk, yaitu:

1. Cacingan

Periksa, apakah anak Anda mengalami cacingan atau tidak. Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan, yaitu dengan memeriksanya apakah anak Anda mengalami cacingan. Nah, jika Anak Anda mengalami cacingan, cara apa pun yang akan Anda lakukan untuk menambah berat badan anak akan sia-sia hasilnya. Sebab, semua cacing yang ada di dalam perut akan menyerap asupan nutrisi dan gizi yang anak makan. Untuk itu sebaiknya obati dulu masalah cacingannya.

2. Berikan Anak Asupan Gizi Seimbang

Setelah cacingan teratasi, maka langkah selanjutnya dengan memberi asupan gizi seimbang pada anak Anda. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan makanan yang sehari-hari ia konsumsi. Dalam hal ini peran orangtua untuk aktif memberikan asupan makanan yang berkualitas. Jika berat badan anak tidak mengalami peningkatan beratnya, berarti selama ini tidak memenuhi kebutuhan si anak.

3. Mengatur Jadwal Makan Anak

Waktu untuk makan merupakan hal yang harus Anda perhatikan untuk menambah berat badan anak. Keadaan perut kosong pada anak selama 3 sampai 4 jam, hal tersebut akan  menyebabkan anak makan lebih banyak sekitar 6 sampai 7 kali dalam sehari.

4. Memberi Nutrisi Protein Albumin

Selain kebutuhan akan nutrisi, seorang anak agar bisa tumbuh sehat dan kuat, salah satunya adalah memberikan protein Albumin.  Protein ini adalah nutrisi yang penting yang dibutuhkan setiap sel dalam pertumbuhannya atau pengobatan anak. Perlu Anda ketahui, bahwa ukuran albumin yang benar, yaitu antara 3,5 sampai 4,5/ dl. Kadar protein albumin yang kurang dari 2,2 gram/dl, menandakan adanya permasalan dalam kesehatan tubuhnya.

Banyak ibu yang mengaitkan permasalahan lambatnya pertumbuhan anaknya disebabkan oleh cacingan. Padahal penyebab lainnya adalah kekurangan albumin. Kekurangan albumin menjadikan nutrisi dalam darah tidak dapat disalurkan dengan baik ke sel-sel tubuh yang membutuhkan.

Kekurangan nutrisi juga akan berdampak pada penurunan sistem kekebalan tubuh anak, sehingga anak mudah sakit. Sementara anak yang mempunyai penyakit tertentu, seperti tuberkulosis, akan jauh lebih lama untuk sembuh.

Baca juga: Manfaat Tidur Siang Bagi Anak Untuk Tumbuh Kembangnya

Sebenarnya, Pada tubuh memiliki kandungan albumin yang bisa digunakan jika asupan albumin tidak mencukupi. Cadangan albumin ini berada di dalam otot. Namun, ketika albumin terus menerus diambil, anak akan mengalami gangguan pertumbuhan. Anak akan mengalami kurus dan tubuhnya tidak sehat.

Biasakan anak untuk makan ikan gabus. Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar. Ikan ini dapat tumbuh hingga panjang 1 m, memiliki kepala yang besar seperti kepala ular. Ikan gabus merupakan predator yang dapat kita temui di sungai yang memiliki aliran tenang seperti rawa.

Ikan gabus memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari ikan lele dan telur, ayam dan daging sapi. Nilai cerna ikan gabus juga sangat baik yang mencapai 90 persen. Daging ikan gabus lebih mudah untuk dicerna, sehingga baik dikonsumsi oleh anak-anak atau pun orang-orang yang baru sembuh dari sakit.

Kelebihan ikan gabus yang lain adalah kaya kandungan albumin. Peran utama albumin bagi tubuh sangatlah penting, yang bisa membentuk jaringan sel baru. Tanpa albumin, sel-sel dalam tubuh akan sulit untuk peremajaan sel atau regenerasi sel, sehingga sel mudah mati dan tidak berkembang.

5 Tips Cara Supaya Anak Cepat Gemuk

1. Mengkonsumsi Lemak Sehat

Tambahkan pada pola makan anak dengan lemak sehat. Hal tersebut akan membantu untuk menaikkan kalori yang sangat diperlukan dalam menambah berat badan anak. Gantilah konsumsi lemak pada mentega dan margarin dengan lemak yang lebih sehat, seperti lemak yang terdapat pada kacang-kacangan, alpukat, dan minyak goreng zaitun, safflower dan canola.

2. Buat Rencana Pola Makan Anak

Libatkan Anak Anda untuk membuat perencanaan pola makan. Hal ini diperlukan agar membuat suasana lebih menyenangkan dan juga berguna untuk mengenalkan makanan sehat pada anak. Ada keuntungan yang diperoleh ketika mengajarkan anak dalam mempersiapkan makanan, hal tersebut akan menambah gairah anak ketika makan dan membuat suasana menjadi lebih santai. Anak akan makan dalam jumlah yang sedikit manakala anak merasa terburu-buru. Beberapa jenis makanan yang mengandung kalori tinggi untuk menggemukkan badan anak, yaitu telur, susu, keju, yogurth, sup kacang, macaroni, pasta, sereal, selai kacang dan kentang.

3. Berikan Anak Shake, Jus Buah dan Smoothies

Salah satu minuman yang mengandung kalori yang bisa membantu menggemukan badan kurus anak yaitu shake dan smoothies. Selain itu, minuman tersebut kaya kandungan gizinya. Tambahkan makanan pada minuman ini dengan mencampurkan buah, seperti blueberry, stroberi, pisang atau lainnya. Bisa juga dengan menambahkan yogurth. Tambahan buah ini akan membuat anak lebih menikmatinya.

Anda juga bisa menambahkan sayuran dalam smoothies dan bisa juga mencampurkan madu untuk pemanis alaminya. Supaya anak tidak melewatkan waktu makannya, berikanlah minuman tersebut dua jam sebelum makan.

4. Hindari Makanan Cepat Saji Untuk Anak

Makanan cepat saji mengandung antara lain gula, garam serta lemak jenuh yang tinggi. Jika Anda menginginkan anak menjadi gemuk, biasakanlah Anak Anda untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan hindari junk food karena memiliki kandungan rendah kalori. Jadi, meskipun berat badan anak bertambah namun tubuhnya akan kurang sehat dan cenderung memiliki risiko obesitas.

Ada tiga jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, yaitu lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan lemak jenuh. Sedangkan pada makanan junk food hanya memiliki kandungan lemak jenuh saja.

5. Suplemen Penambah Nafsu Makan Anak

Suplemen untuk meningkatkan nafsu makan pada anak, biasanya mengandung beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, vitamin B komplek dan beberapa nutrisi aktif lainnya. Biasanya suplemen penambah nafsu makan dijual di apotik dalam bentuk sirup dengan rasa buah yang enak.

Seringkali orangtua sangat senang memiliki anak dengan tubuh gemuk karena lucu. Namun, gemuk tidak selalu sehat. Yang paling utama adalah berat badan anak ideal. Saat ingin menggemukkan anak yang kurus orangtua juga harus menjaga agar berat badan si anak supaya tidak berlebihan.

Demikianlah pembahasan tentang tips cara supaya anak cepat gemuk. Semoga informasi ini berguna bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak Balita

Loading...

Leave a Comment