Tips Hijab: Cara Menjaga Rambut Tidak Rontok saat Berhijab

Hijab dalam bahasa arab artinya penghalang, sedangkan kalau diistilahkan adalah suatu pakaian yang berguna untuk menutupi aurat wanita sesuai dengan ajaran agama Islam.

Loading...

Di Indonesia, makna jilbab digunakan secara luas sebagai busana kerudung yang menutupi sebagaian kepala perempuan (rambut dan leher). Menurut Muhammad Nashiruddin Al Albany, tips hijab yang benar hendaklah menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak, jilbab bukan merupakan perhiasan, tidak tipis, bahan tidak tembus pandang, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh.

Namun, tak sedkit wanita mengeluh mengenai masalah kesehatan rambut yang terjadi karena rambut selalu tertutup, sehingga menimbulkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Nah, pada kesempatan ini, waras sehat akan bagikan tips hijab cara menjaga rambut tidak rontok dan tetap sehat.

Tips Hijab Cara Menjaga Rambut Tidak Rontok dan Tetap Sehat

Ada beberapa cara untuk mendapatkan rambut sehat selama berhijab, Bagi hijaber menjaga kesehatan rambut adalah penting dan perlu diperhatikan jika tidak ingin mengalami ketombe, rambut patah-patah bahkan terjadi kerontokan rambut.

tips hijab

Loading...

Inilah Tips hijab  agar terhindar dari masalah-masalah kesehatan rambut seperti diatas, adalah:

1. Konsumsi makanan sehat dan banyak minum air putih

bagi hijaber sangat baik makan makanan yang rendah kandungan lemak dan kaya protein, vitamin C, b12, b6. Selain itu penting juga konsumsi makanan yang mengandung zat besi yang bermanfaat menutrisi rambut.

Sayuran dan buah yang dianjurkan seperti, kacang-kacangan, bayam, pisang yang berkhasiat untuk menjaga kesehatan pada akar rambut sehingga akan mencegah kerontokan. Anda bisa dengan membuat jus pisang sebagai minuman harian untuk kesehatan rambut Anda.

2. Rutin menyisir rambut

Berhijab kadang membuat kita malas untuk menyisir rambut dan lebih sering mengucirnya. Menyisir ini sangat penting karena dengan menyisir rambut, sama halnya dengan memijat kulit kepala dan membantu melancarkan peredaran darah.

Baca juga: Tips Cara Merawat Rambut Secara Alami Dan Mudah Agar Tetap Indah

Sebaiknya lakukan rutin menyisir rambut, minimal empat kali sehari dan gunakanlah sisir rambut yang berbahan plastik bergigi jarang. Hal ini untuk mencegah kerontokan pada rambut.

3. Istirahatkan rambut

Mengistirahatkan rambut yaitu dengan membuka hijab. Saat Anda di rumah, lepaskan jilbab dan lepaskan kuciran rambut. Beri waktu untuk istirahat dan bernafas, selain lebih segar, dengan mengistirahatkan rambut dapat mengurangi kelembaban kulit kepala yang menjadi penyebab ketombe dan kerontokan rambut.

4. Model rambut yang simpel

Model rambut yang panjang untuk hijaber akan menjadikan kepala terasa panas karena kurangnya sirkulasi udara. Sebaiknya model rambut pendek atau yang tidak terlalu panjang perlu diperhatikan. Sehingga akan menjadikan lebih nyaman.

5. Keramas teratur

Untuk menjaga agar rambut tetap sehat, sebaiknya Anda keramas secara teratur minimal 2 hari sekali. Pilihlah sampo yang mengandung bahan alami. Agar terlihat manfaat hasilnya, sebaiknya menggunakan kondisioner sehabis keramas.

6. Hindari warna hijab yang gelap

Warna gelap seperti hitam akan mudah menyerap panas. Ini akan menyebabkan rambut menjadi lebih panas dan lebih berkeringat. Untuk itu pilihlah kerudung dengan warna yang terang. Begitu juga warna untuk daleman kerudungnya.

7. Memilih Bahan Hijab 

Pilihlah bahan kerudung yang nyaman. Rambut yang tertutup menyebabkan kulit kepala berkeringat. Untuk menghindarinya, pilihlah hijab dan dalemannya dengan bahan yang nyaman dan mudah menyerap keringat.

Bahan yang bagus untuk hal ini adalah bahan katun bisa menjadi pilihan Anda. Sehingga kulit kepala akan tetap kering dan tetap sejuk dan jangan lupa mengganti kerudung setiap hari untuk menjaga kebersihan rambut.

Model berhijab juga perlu diperhatikan. Jika Anda termasuk orang yang sibuk atau kegiatannya cukup padat, sebaiknya Anda hindari berhijab dengan model berlapis-lapis. Penggunaan dengan lebih dari empat lapis akan membuat gerah rambut dan kulit kepala.

Keringat akan lebih banyak keluar. Jika dibiarkan, rambut akan menjadi lepek, bau dan berketombe. Pada siang hari cukup kenakan dengan dua lapis, yakni lapis daleman yang tipis, baru lapisi lagi dengan kerudung luar.

Bagi perempuan yang bekerja, gunakan hijab  yang berbahan tebal untuk melindungi kulit kepala dari hembusan angin AC yang akan menyebabkan rambut kering.

Demikianlah tips sehat berhijab untuk menjaga kesehatan rambut Anda, semoga bermanfaat dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Menghilangkan Ketombe Pada Rambut Dengan Cara Alami

 

Loading...

Leave a comment