Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Efek Samping Memakannya

Manfaat tomat untuk kesehatan dan efek samping memakannya. Tomat adalah jenis buah atau sayuran mempunyai warnanya yang cerah dan menarik. Selain warnanya, Tomat memiliki antioksidan yang tinggi seperti vitamin C dan A dan likopen dan masih banyak lagi lainnya. Dengan kandungan gizi dan nutrisinya menjadikan buah tomat bermanfaat untuk kesehatan seperti bisa mencegah kanker, meningkatkan stamina, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan masih banyak lagi lainnya.

Loading...

Manfaat tomat untuk kesehatan sangat banyak. Tomat terkenal kegunaannya dalam urusan kecantikan kulit. Kandungan likopen yang dimiliki tomat bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mengatasi permasalahan kulit seperti menyembuhkan jerawat, komedo, mengencangkan kulit wajah dan lain sebagainya. Nah, untuk lebih lengkapnya tentang manfaat tomat untuk kesehatan maka simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

manfaat tomat untuk kesehatan

Ada banyak manfaat luar biasa tomat untuk tubuh. Selain yang disebutkan diatas tadi, masih banyak kegunaan-kegunaan lain yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsinya. Tomat tidak hanya untuk menjaga kesehatan saja, bahkan dengan kandungan yang dimilikinya mampu menjadi obat alami macam-macam penyakit. Berikut ini adalah manfaat tomat untuk kesehatan yang penting untuk Anda ketahui, yaitu:

1. Mencegah Penyakit Kanker

Loading...

Manfaat tomat untuk kesehatan yang luar biasa yaitu mampu mencegah penyakit kanker. Seperti yang diketahui bahwa tomat memiliki kandungan antioksidan super tinggi. Dengan antioksidannya tersebut tomat berguna efektif mencegah penyakit kanker prostat dan kanker usus. Jika Anda ingin terhindar dari dua jenis kanker tersebut maka rutinkan makan buah tomat.

Baca juga: 7 Cara Membuat Masker Tomat Untuk Wajah dan Manfaatnya

2. Menambah stamina Pria

Mengkonsumsi tomat secara teratur dapat membantu meningkatkan kekuatan pria. Manfaat tomat untuk pria ini ternyata bisa menambah stamina dan meningkatkan kesuburan. Hal ini yang membuat buah tomat begitu dikenal dengan sebutan apel cinta. Dengan biasa memakan atau mengkonsumsi tomat bisa menjadi cara mencegah dan mengatasi impotensi.

3. Mencegah Penggumpalan Darah

Manfaat tomat untuk kesehatan bisa dilihat dari warna. Warna kuning yang menyelubungi bijinya dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Selain itu, belakangan ini diketahui bahwa likopen juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel  dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pangkreas.

Kandungan likopen juga bisa didapat pada buah anggur, semangka dan pepaya. namun kandungan likopen terbanyak jumlahnya terdapat pada tomat. Berbeda dengan sayuran lain yang lebih bermanfaat jika dimakan mentah-mentah, ternyata buah ini lebih berkhasiat jika melalui proses dimasak dulu.

4. Mengobati Kanker

Tomat obat berbagai penyakit khususnya untuk penyakit kanker. Studi yang dimuat di Journal of The National Cancer Institute menguatkan bahwa Manfaat mengkonsumsi tomat dalam jumlah yang cukup dapat menurunkan resiko kanker. Meski tidak semua jenis kanker. Dari 72 penelitian yang dilakukan, 57 menyatakan ada keterkaitan buah ini dengan penurunan resiko kanker. Manfaat tomat untuk kesehatan tidak terpengaruh oleh pemasakan dan pengolahan dengan cara apapun. Hanya saja buah tomat yang dicampur dengan lemak dan gula, tidak baik untuk kesehatan,  Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Ada beberapa hasil penelitian yang mengungkap fakta tentang manfaat tomat untuk kesehatan dan efek samping, antara lain, adalah:

  • Rasa asam berasal dari kandugan asam malik dan asam sitrat.
  • Jus tomat berkhasiat tonik bagi penderita yang sedang sakit maupun pada masa penyembuhan.
  • Pengobatan tradisional cina membuktikan, bahwa buah tomat obat berbagai penyakit, salah satunya sebagai pereda demam dan penawar racun.
  • Tomat olahan seperti, direbus, saus, dan pasta, membuat lycopene lebih mudah diserap oleh tubuh yang berkhasiat mencegah kanker prostat dan penyakit jantung.
  • Waspada efek samping mengkonsumsi tomat, meski pun tomat obat berbagai penyakit. Namun berdampak negatif jika dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan buah tomat bisa menyebabkan alergi saluran cerna.

Demikianlah pembahasan manfaat tomat untuk kesehatan dan efek sampingnya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi Anda semua dan salam sehat!!

Baca juga: 3 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tomat dalam Sekejap

Loading...

Leave a Comment