4 Tumbuhan Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita dan Pria yang Ampuh

Tumbuhan obat infeksi saluran kencing pada wanita dan pria yang ampuh. Penyakit infeksi saluran kencing atau ISK adalah jenis penyakit infeksi yang menyerang pada sistem kemih seperti ginjal, kandung kemih, saluran kencing bagian luar (uretra), dan saluran ginjal (ureter). Infeksi saluran kencing atau biasa disebut juga infeksi saluran kemih tersebut bisa menyerang siapa saja dari mulai anak-anak dan dewasa, baik pria maupun wanita. Untuk mengobati infeksi saluran kencing bisa menggunakan obat tradisional yang terbuat dari tumbuhan atau tanaman herbal.

Loading...

Tumbuhan obat infeksi saluran kencing sangat banyak dan bisa Anda temukan di sekitar kita. Atau bisa membelinya di toko tanaman obat terdekat. Mengobati infeksi saluran kencing sebaiknya diatasi dengan segera, jika dibiarkan maka akan menyebar ke bagian ginjal dan akan memicu terjadinya penyakit lain pada ginjal Anda. Nah, untuk mengobati infeksi saluran kencing bisa dilakukan dengan memanfaatkan tumbuhan herbal yang nantinya dibuat menjadi obat tradisional infeksi saluran kencing pada wanita dan pria. Untuk lebih jelasnya tentang jenis tumbuhan obat infeksi saluran kencing, simak di bawah ini.

Jenis Tumbuhan Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Pria dan Wanita

tumbuhan obat infeksi saluran kencing

Banyak cara untuk mengobati infeksi saluran kencing pada wanita atau pria. Salah satunya dengan mengkonsumsi obat-obatan modern atau berbahan kimia yang banyak dijual di apotek seperti obat infeksi saluran kencing kimia farma dan lainnya. Bagi yang tidak suka dengan penggunaan obat kimia, ada obat tradisional infeksi saluran kencing pada wanita dan pria yang bisa Anda buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami tanaman atau tumbuhan herbal. Berikut ini adalah macam-macam tumbuhan obat infeksi saluran kemih, yaitu:

1. Kumis Kucing

Loading...

Kumis kucing merupakan tumbuhan obat infeksi saluran kencing yang mujarab. Dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional akan membantu proses pengobatan ISK. Untuk membuat resep infeksi saluran kencing ini bisa dengan mudah Anda buat sendiri. Berikut ini Cara mengobati infeksi saluran kencing dengan tumis kucing, yaitu:

  • Siapkan bahan-bahan dari tumbuhan herbal ini, 1 genggam daun kumis kucing, 1 tanaman meniran beserta akarnya, segenggam akar alang-alang dan 2 ruas kunyit
  • Cuci semua bahan hingga bersih dengan air mengalir
  • Tumbuk semua bahan tersebut hingga lembut
  • Rebus dengan menggunakan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa 2 gelas
  • Diamkan hingga hangat, kemudian saring
  • Minum ramuan obat ini 3 kali sehari setelah makan.

Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Secara Tradisional Dan Alami

2. Daun Kemuning

Selain kumis kucing, Daun kemuning adalah tumbuhan obat infeksi saluran kencing yang ampuh. Menggunakan rebusan air daun kemuning dipercaya mampu mengobati infeksi saluran kemih dengan cepat. Tentu agar mujarab Anda harus meminumnya rutin setiap hari. Tumbuhan kemuning atau daun kemuning adalah tanaman obat untuk ISK yang bisa dibuat obat alami dengan mudah dengan menambahkan tanaman herbal lainnya, berikut cara membuatnya dan cara mengobati infeksi saluran kencing dengan daun kemuning, yaitu:

  • Siapkan 1 genggam daun kemuning yang segar dan cuci hingga bersih menggunakan air mengalir
  • Rebus dengan tambahan 1 ruas kunyit yang telah ditumbuk sebelumnya dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa 2 gelas
  • Diamkan hingga hangat atau dingin dan saring untuk mengambil air rebusannya
  • Minum ramuan tradisional daun kemuning tersebut 3 kali sehari setelah makan dengan takaran setengah gelas untuk sekali minum
  • Lakukan dengan teratur dan rutin sampai infeksi saluran kencingnya sembuh.

3. Daun Pegagan

Daun pegagan atau biasa disebut juga dengan tumbuhan tapal kuda merupakan salah satu jenis tumbuhan obat infeksi saluran kencing yang manjur. Manfaat daun pegagan untuk ISK karena tingginya kandungan antibakteri  yang akan membantu mengobati infeksi yang terjadi pada kemih. Cara mengobati infeksi saluran kencing dengan daun pegagan yaitu:

  • Siapkan 1 kg daun pegagan atau tapal kuda tumbuk dengan halus
  • Rebus dengan menggunakan setengah liter air hingga matang
  • Diamkan agar dingin dan saring serta peras
  • Minum rebusan obat alami ini 3 kali sehari setelah makan
  • Minum secara rutin dan teratur hingga masalah infeksi kemihnya sembuh.

4. Mentimun

Mentimun merupakan jenis buah atau tumbuhan herbal yang bisa digunakan sebagai obat tradisional ISK. tumbuhan obat infeksi saluran kencing ini bisa mengobati infeksi yang terjadi atau peradangannya. Caranya cukup mudah yaitu dengan sering memakannya langsung atau membuatnya menjadi jus. Dan berikut ini cara mengobati infeksi saluran kencing dengan jus mentimun, yaitu:

  • Siapkan 2 buah mentimun dan cuci bersih
  • Potong kecil-kecil dengan kulitnya kemudian blender hingga lembut
  • Minum secara teratur jus mentimun ini 2 kali sehari hingga sembuh infeksi saluran kencingnya.

Tips Obat Tradisional Infeksi Saluran Kencing

Selain mentimun ada tumbuhan obat infeksi saluran kencing lainnya yang bisa dibuat menjadi jus obat tradisional, seperti lidah buaya, buah jeruk, cuka apel dan madu, dan bawang putih. Untuk bawang putih bisa dikonsumsi mentah sebagai obat tradisional infeksi saluran kencing pada wanita dan pria tersebut.

Demikianlah pembahasan tentang jenis tumbuhan atau tumbuhan obat infeksi saluran kencing. Semoga informasi ini bisa berguna untuk pembaca semua, selamat mencoba dan salam sehat!!

Baca juga: Ramuan Tradisional Infeksi Saluran Kencing

Loading...

Leave a Comment