Waspadai Bahaya Stres Berlebihan Bagi Kesehatan dan Mendatangkan Penyakit

Bahaya stres berlebihan bagi kesehatan dan mendatangkan penyakit pada pria dan wanita. stres Stres merupakan  kondisi dimana seseorang mengalami tekanan pikiran yang sangat (berlebihan). Tekanan pikiran ini bisa dialami oleh siapa saja dan penyebabnya pun sangat beragam. Dari mulai banyak pikiran pekerjaan, tekanan batin masalah keharmonisan rumah tangga dan lain sebagainya. Selain menimbulkan tekanan pikiran, batin dan perasaan yang tidak menyenangkan ternyata stres membawa pengaruh buruk pada kesehatan, salah satunya yang sering terjadi yaitu menyebabkan sakit kepala berkepanjangan.

Loading...

Bahaya stres tidak hanya menyebabkan sakit kepala berkepanjangan saja, namun stres yang berlebihan bisa mendatangkan penyakit. Jenis penyakit yang disebabkan oleh sering mengalami stres yaitu penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Stres ini seperti pintu yang berarti membuka diri pada berbagai penyakit yang datang. Oleh karena itu perlu upaya untuk mengatasi stres dengan segera. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja bahaya stres bagi kesehatan, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Dampak Bahaya Stres Berlebihan Bagi Kesehatan

bahaya stres

Keadaan tekanan pikiran dan batin ditambah keadaan pikiran yang kacau akan mempengaruhi kesehatan seperti mudah terkena penyakit. Tak tanggung-tanggung penyakit akibat stres berlebihan ini bisa jadi penyebab kanker. Dan berikut ini adalah bahaya stres berlebihan, antara lain:

1. Menimbulkan Tumor atau Kanker

Loading...

Para ilmuwan menemukan fakta bahwa bahaya stres, emosional, tekanan pikiran dan batin atau pikiran kacau sehari-hari dapat menjadi penyebab pertumbuhan sel tumor/kanker. Dalam penelitian menemukan apa pun bentuk trauma, baik emosi atau stres, tekanan batin dapat memicu terjadinya mutasi kanker yang mematikan. Seorang ahli genetika Profesor Tian Xu di Yale University mengatakan bahwa banyak macam kondisi yang bisa menjadi penyebab timbulnya tekanan pikiran. Menurutnya menguranginya atau menghindari  stres merupakan hal yang baik.

Baca juga: 11 Cara Menghilangkan Stres dan Beban Pikiran Secara Alami dan Mudah

2. Gangguan Asam Lambung

Bahaya stres yang berlebihan dan sering bisa menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Sehingga jika Anda seorang yang sering mengalami maag atau ada luka pada lambung maka asam lambung akan menyebabkan lebih parah lagi. Penyakit Maag sering dianggap sebagai penyakit yang biasa-biasa saja karena mudah sembuh dan sering diabaikan. Padahal jika kondisi maag yang disertai tekanan pikiran atau stres maka akan bertambah parah dan bisa menyebabkan nyeri hebat dan muntah-muntah. Bahkan risiko terberat adalah terjadinya kebocoran lambung dan pendarahan.

Baca juga: Dampak Buruk Stres Pada Ibu Hamil Dan Pengaruhnya Pada Janin

bahaya stres berlebihan

3. Penyakit  Kolesterol

Dari berbagai penelitian ditemukan bahwa bahaya stres berlebihan dan sering akan memicu tubuh memproduksi hormon adrenalin dan kortisol. Hormon tersebut bisa memperbanyak produksi kolesterol dalam tubuh. Akibatnya jumlah kolesterol menjadi banyak dan kemudian bisa menyumbat pembuluh darah arteri, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan serangan jantung dan stroke.

Demikianlah informasi tentang bahaya stres bagi kesehatan yaitu mendatangkan penyakit yang berbahaya. Semoga informasi tadi bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan salam sehat!!

Baca juga: Cara Mengatasi Stres Saat Hamil Saat Hamil Muda Dan Tua

Loading...

Leave a Comment